Membuat Efek Lumuran Coklat

Membuat Efek Lumuran Coklat

Tutorial berikut akan menjelaskan bagaimana membuat efek lumuran coklat dengan menggunakan CorelDraw. Efek lumuran coklat semacam ini biasanya sering kita temui di kemasan-kemasan permen…

Tutorial berikut akan menjelaskan bagaimana membuat efek lumuran coklat dengan menggunakan CorelDraw. Efek lumuran coklat semacam ini biasanya sering kita temui di kemasan-kemasan permen atau makanan coklat. Dalam tutorial ini, kita akan memadukan efek lumuran coklat dengan sebuah kue yang mempunyai lubang ditengahnya yaitu donat.

  1. Langkah awal buat bentuk donat dengan dua buah lingkaran yang berbeda ukuran.

    Pembuatan lingkaran

  2. Seleksi keduanya dan tekan E lalu C untuk menempatkan lingkaran kecil di tengah-tengah lingkaran besar.  Kemudian trimdua lingkaran tersebut dan hapus lingkaran kecil.

    Pemanfaatan Trim

  3. Setelah berlubang miringkan seperti posisi dibawah ini agar tidak terlalu datar.

    Miringkan lingkaran

  4. Buat dua buah objek baru persegi panjang  (gunakan Rectangle tool) dan lingkaran (gunakan Ellipse tool) . Susun seperti di gambar kemudian tekan ikon Weld pada property bar.

    Pembuatan dua objek

  5. Dari objek itu kita akan membentuk cairan yang tumpah. Gunakan Shape tool > Ctrl A > klik kanan > Smooth.  Lalu seleksi dua titik yang ditandai pada gambar, geser ke atas hingga lengkungan yang terbentuk menjadi halus.

    Menggunakan smooth

     

  6. Buat beberapa copian dari objek yang telah dibuat di langkah 5. Variasikan ukuran dan bentuknya, kemudian susun dibawah objek donat seperti gambar dibawah.

    Susunan objek

  7. Kemudian tambahkan objek baru dengan menggunakan Bezier tool untuk menambahkan kesan lumer.

    Pemberian kesan lumur

  8. Seleksi semua objek dan klik ikon weld untuk menyatukan semuanya menjadi satu objek. Kemudian beri warna gradasi dengan menggunakan Interactive Fill Tool (coklat tua ke coklat muda) dan hilangkan outline pada objek.

    Pemberian warna

    Menghilangkan outline

     

  9. Setelah itu buat objek baru berbentuk gelombang menggunakan Bezier tool seperti gambar berikut.

    Penempatan garis

  10. Jika sudah terbentuk, pilih objek tersebut tahan tombol Shift lalu pilih objek donat tadi. Dan klik ikon intersect pada property bar.

    Menggunakan intersect

  11. Pilih objek hasil Intersect tersebut, kemudian beri warna gradasi seperti gambar berikut.

    Pemberian warna pada lumuran

  12. Berikutnya berikan highlight pada donat yang berlumuran coklat tersebut, dengan menggunakan Bezier tool buatlah garis lengkung warna putih pada bagian-bagian berikut.

    Pemberian efek highlight

  13. Seleksi garis-garis yang telah dibuat tekan F12, atur tab outline pen yang keluar seperti gambar di bawah ini. Khusus untuk garis yang atas ganti ukuran line menjadi 8 pt. 
  14. Terakhir tambahkan lingkaran-lingkaran kecil dan tata sedemikian rupa untuk menambah kuat kesan highlightnya.

    Variasi lingkaran kecil

    hasil akhir

Perlu diingat sebisa mungkin kreasikan dan kembangkanlah tutorial ini pada bentuk-bentuk lain. Semoga menambah ilmu grafis Anda dan bermanfaat.

Tag: , ,

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.