Membuat Form Sederhana di Blog WordPress dengan Contact Form 7

Membuat Form Sederhana di Blog WordPress dengan Contact Form 7

Tutorial Information

ProgramWordPress
Version3.8.1
DifficultyStandar
Estimated Time15 - 20 Menit

Keberadaan form di sebuah blog bukan merupakan keharusan, melainkan kebutuhan. Pemilik blog biasanya membutuhkan form untuk berbagai tujuan, salah satunya adalah menyediakan portal komunikasi…

Keberadaan form di sebuah blog bukan merupakan keharusan, melainkan kebutuhan. Pemilik blog biasanya membutuhkan form untuk berbagai tujuan, salah satunya adalah menyediakan portal komunikasi bagi pengunjung yang berkepentingan baik bersifat pribadi maupun bisnis. Untungnya blog yang terinstall WordPress terbantu dengan adanya plugin yang menawarkan fitur pembuatan form, salah satunya adalah Contact Form 7.

Plugin Contact Form 7 termasuk salah satu plugin populer di direktori plugin WordPress, selama beberapa bulan plugin ini menempati posisi sebagai plugin terpopuler. Penulis akan berikan panduan bagaimana membuat form sederhana menggunakan plugin Contact Form 7.

Untuk memulai proses pembuatan form, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah masuk ke dashboard blog WordPress Anda. Harap diingat bahwa, tutorial ini hanya dapat dilakukan di blog hosted, bukan blog WordPress gratisan.
Setelah masuk ke dalam dashboard Anda, Arahkan kursor mouse ke menu Plugin lalu klik Add New.BisaKomputer-Contact Form

Selanjutnya ketikkan kata kunci “contact form 7” di kotak pencarian lalu tekan Enter.

BisaKomputer - Contact Form

Setelah muncul hasil pencarian klik install dan aktifkan plugin. Begitu plugin berhasil diaktifkan, sekarang temukan menu baru berlabel Contact dan klik Add New.

BisaKomputer - ContactForm

Di halaman ini silahkan pilih bahasa yang Anda inginkan, misalnya bahasa Indonesia lalu klik tombol Add New tepat di sebelah pilihan bahasa, bukan tombol yang di atas.

BisaKomputer - Contact Form - 4

Anda kemudian akan dihantarkan di sebuah halaman baru di mana terdapat beberapa kotak berisikan kode dan teks. Kotak teratas merupakan kotak yang mewakili tampilan depan form, sedangkan kotak di bagian bawah kanan merupakan kode yang akan tampil di dalam pesan yang nantinya dikirim ke Anda sebagai pemilik blog.

Secara default Anda sudah memiliki beberapa form yang disiapkan oleh pengembang plugin, tetapi Anda boleh menambahkan form baru, caranya klik Generate Tag lalu pilih salah satu perintah yang Anda inginkan. Misalnya membuat kotak teks, pilih Text field.

BisaKomputer - ContactForm

Selanjutnya isi kotak name dengan label yang Anda inginkan, misalnya alamat rumah.

BisaKomputer - ContactForm - 6

Perhatikan sederet kode tag , salin kode tersebut lalu sisipkan di kotak Form. Tag ini akan memunculkan form di halaman blog.

BisaKomputer - ContactForm - 7

Lalu salin kode tag [alamatrumah] dan salin ke kotak “Message Body”, kode tag ini akan mewakili isi dari data yang diinputkan oleh pengguna di kotak alamat rumah, untuk lalu dikirimkan ke pemilik blog.

BisaKomputer - ContactForm - 8

Scroll ke atas dan buat judul form dan klik tombol Save.

BisaKomputer - ContactForm - 9

Setelah halaman selesai loading, Anda akan menemukan sederet kode, salin kode tersebut.

BisaKomputer - ContactForm - 10

Buat sebuah halaman baru, caranya arahkan mouse ke menu Page lalu klik Add New.

BisaKomputer - ContactForm -11

Sisipkan kode form yang Anda salin sebelumnya, lalu klik Publish.

BisaKOmputer - ContactForm -12
Sekarang lihat hasil pembuatan form yang baru saja Anda kerjakan.

Penutup

Plugin Contact Form 7 tergolong mudah untuk digunakan, jika Anda merasa kesulitan itu dikarenakan belum terbiasa dengan teknik penggunaannya. Gunakan plugin ini sesering mungkin, maka Anda akan semakin mahir. Namun jika Anda mempunyai pilihan plugin yang lebih mudah, yuk berbagi dengan kita di sini.

Tag: , ,

3 Comments

Leave Comment
  1. iskael says:

    wah keren nih
    itu pesannya ke kirim lewat email atau muncul di dasbor yah?
    pengen nyobain juga

  2. agus says:

    Mas..mohon bantuanya, saya mau membuat Auto Responder di Contact Form 7, saya sudah centang di e-mail 2, untuk kolom dibawah saya masih bingung pengisiannya mohon pencerahannya mas..sudah dicoba tapi saya tidak dapat balasannya masuk ke e-mail atau replaynya, makasih mas

  3. nila says:

    mas, saya sudah coba. tapi gak terkirim ke email. tapi berhasil ngirim mas.

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.