Membuat Foto Ala Polaroid dengan Poladroid

Membuat Foto Ala Polaroid dengan Poladroid

Ingin beli kamera Polaroid, tapi dompet pas-pasan? Ingin yang instan via Instagram, tapi tidak punya Smartphone? Tenang, kini hanya bermodalkan laptop saja, Anda sudah…

Ingin beli kamera Polaroid, tapi dompet pas-pasan? Ingin yang instan via Instagram, tapi tidak punya Smartphone? Tenang, kini hanya bermodalkan laptop saja, Anda sudah bisa  membuat foto ala Polaroid. Bagaimana caranya? Cukup unduh software lucu bernama Poladroid, dan foto ala Polaroid pun bukan lagi menjadi mimpi.

Dengan mengusung tagline The easiest and funniest Polaroid Image Maker”, software ini sukses membuat pemakainya tersenyum melihat cara kerjanya. Karena post-processing-nya layaknya menggunakan kamera Polaroid sesungguhnya, seperti apa lucunya? Yuk ikutin penjelasannya di bawah ini:

  1. Buka folder foto yang akan digunakan.
  2. Klik aplikasi Poladroid di komputer atau laptop Anda. Aplikasi akan muncul di atas folder yang sudah dibuka seperti pada gambar, silahkan dragposisinya apabila tidak sengaja muncul di atas gambar yang akan digunakan.
    Open Poladroid

    Membuka Poladroid

  3. Klik dan drag foto yang akan diubah menjadi Polaroid ke bagian aplikasi yang bertuliskan Drag & Drop Your Picture Here. Apabila bagian tersebut menunjukkan titik-titik tanda loading berarti foto sedang diproses.

    Drag & Drop Foto ke Poladroid

  4. Pada bagian ini, folder bisa di-minimize dan biarkan aplikasi berada di Desktop sampai prosesnya selesai. Ketika loading selesai dan foto selesai dicetak, aplikasi akan mengeluarkan suara layaknya kamera Polaroid sungguhan. Kertas yang memuat foto akan dikeluarkan dan muncul di layar. Kok gambarnya nggak muncul, malah berwarna coklat? Tenang, tunggu saja beberapa saat atau bisa juga klik dan goyang gambarnya (dengan men-drag ke kanan-kiri) seperti pada kertas hasil jepretan Polaroid yang asli.
    Goyang Poladroid

    Goyang Poladroid

  5. Kalau Anda tidak sabar atau merasa efek yang diberikan sudah mencukupi, Anda bisa langsung menghentikannya dengan mengklik kanan foto dan klik I want a sample now. Ketika foto sudah muncul sempurna akan ditunjukkan dengan tanda berwarna merah di ujung kertas foto (lihat gambar). Ada suaranya juga lho! ;)
    Hasil Akhir

    Hasil Akhir Foto Ala Polaroid

  6. Hasilnya bisa dilihat di folder di mana foto asli disimpan.
    Folder Tempat Penyimpanan Foto

    Temukan Foto pada Folder Asal Penyimpanan Foto

Untuk pengaturan, bisa dilakukan dengan mengklik tanda lingkaran biru yang ada di atas aplikasi (di samping tanda “X” untuk close). Klik Settings dan berbagai pengaturan pun bisa dilakukan, mulai lokasi folder yang akan digunakan untuk menyimpan hasil jepretan, pengaturan proses pencetakan, hingga efek yang ingin dimunculkan dalam foto.

Pengaturan Poladroid

Pengaturan Poladroid

File hasil jepretan Poladroid ini memiliki dimensi yang cukup besar  yaitu 1392×1692, dengan kapasitas resolusi 400 dpi, sehingga tidak perlu khawatir hasilnya akan kurang memuaskan ketika dicetak. Kehebatan lain aplikasi ini yaitu kemampuannya melakukan pencetakan pada beberapa foto sekaligus, klik dan drag beberapa foto yang ingin diubah menjadi Polaroid ke dalam aplikasi dan tinggal tunggu hasilnya. Lucu kan? :)

Title Poladroid
File Name Poladroid 0.9 6r0
File size 5.9 MB (Windows)
Requirements Windows and Mac
License freeware
Download Klik Tautan ini

 

Tag: , , , , , ,

7 Comments

Leave Comment
  1. laras says:

    pingin aplikasinya,gimana caranya ya?

  2. aku nggak ngerti penjelasan yang diatas. please tlong ksh tau nama aplikasinya apa? downloadnya gmn? mohon bantuannya yaa..

  3. tyas says:

    gak bisa di kasih kata” ya?

  4. Dian says:

    Thankyou yahhh, mau coba download dulu :))

  5. tiara says:

    gimana cara ngatur fotonya supaya bagian atasnya ga ke crop?

  6. Giovanni says:

    Hi kak! Aku mau tanya seputar penyedia jasa print polaroid, kenapa mereka bisa print foto kita tapi diatas kertas polaroid ya? Mohon info kak makasih

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.