Membuat Laporan dengan Mudah Menggunakan iReport

Membuat Laporan dengan Mudah Menggunakan iReport

Tutorial Information

ProgramiReport
Version5.1.0
DifficultyStandar
Estimated Time45 Menit
DownloadClick this link

iReport adalah tools yang memudahkan Anda membuat laporan. Biasanya iReport di gunakan dalam bahasa pemrograman Java. iReport bersifat open source jadi Anda bebas menggunakan…

iReport adalah tools yang memudahkan Anda membuat laporan. Biasanya iReport di gunakan dalam bahasa pemrograman Java. iReport bersifat open source jadi Anda bebas menggunakan dan tidak perlu membeli lisensi untuk mengembangkannya. Anda dapat mengunduhnya di http://community.jaspersoft.com/project/ireport-designer/releases dan untuk sample database yang Penulis pergunakan dapat di unduh disini.

Pengaturan Koneksi Database

Sebelum mendesain template laporan, Anda harus membuat membuat Koneksi antara iReport dengan database. Karena data laporan yang di tampilkan akan diambil dari database yang Anda gunakan. Untuk membuat koneksi dapat dilakukan dengan klik wizard 2 Pilih Database JDBC Connection, sehingga akan muncul window tempat Anda mengatur koneksi dari database ke iReport. 3 Penjelasan :

  • Name adalah nama koneksi tidak harus sama dengan nama database.
  • JDBC Driver adalah driver yang di gunakan untuk menghubungkan iReport dengan database.
  • JDBC URL adalah lokasi database yang Penulis gunakan.
  • Username dan Password menyesuaikan dengan Username dan Password Anda

Setelah melakukan pengaturan, Anda dapat melakukan Test untuk mengetahui apakah telah berhasil terkoneksi. 4 Jika terjadi error biasanya karena Anda belum mengganti pilihan koneksi JDBC Driver, atau mungkin service pada Mysql belum aktif.

Pembuatan Template Laporan

Sampai tahap ini, Anda sudah berhasil untuk membuat koneksi antara iReport dengan database. Langkah selanjutnya adalah pembuatan format atau template laporan. Klik Wizard, dan pilih Create a new report. 5 Anda dapat memilih template yang sudah disediakan iReport, tetapi pada contoh ini Penulis tidak menggunakan template yang telah disediakan. Tapi, Penulis memilih menggunakan Launch Report Wizard. 6 Name and Location menyesuaikan nama dan lokasi dimana Anda akan menyimpan report yang di buat. Misalnya saja pada tutorial ini penulis menyimpannya di dalam folder laporan yang berada pada direktori projek Tugas PBOL Skripsi. 7 Pada bagian ini Anda bisa mulai mendeklarasikan data apa yang akan digunakan untuk laporan dalam bentuk query. Menuliskan query secara langsung, bisa saja anda lakukan pada tahap ini. Tetapi untuk lebih memudahkan, Penulis memilih menggunakan fitur Design Query. 8 Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat memilih table dan field yang akan di tampilkan pada laporan. Misalnya Penulis akan membuat laporan Data Barang menggunakan database yang sudah ada sebelumnya. ireport-9 Ketika proses pengaturan database telah selesai, maka Anda akan kembali pada tampilan window query sebelumnya. tentunya dengan query yang sudah otomatis terbentuk dari field dan table yang sudah Anda pilih.

ireport - 10

Bisa saja anda tidak menggunakan fitur Design query, tapi langsung menuliskan querynya.

ireport-11

Langkah yang harus Anda lakukan berikutnya adalah memilih field mana yang akan Anda masukan ke dalam laporan. Anda bisa langsung memasukan seluruh data dari database tanpa melakukan seleksi dengn menggunakan tombol “>>”. Atau dengan tombol ‘>’, tapi anda harus melakukan seleksi terlebih dahulu.

 

ireport-12Anda bisa menemukan menu yang disebut dengan Palette di bagian kanan atas. Pada bagian ini Anda dapat menggunakan beberapa fitur yang telah disediakan diantaranya Adalah Static Text, untuk membuat judul laporan. Dan Properties, untuk mengatur objek yang Pembaca gunakan.

ireport-14

Data yang sebelumnya Anda atur, bisa dilihat pada Fields yang berada pada Report Inspector (sisi Sebelah kiri)

15

Setelah Anda memilih Field-nya, lakukan drag and drop ke bagian Detail.

ireport-16

Anda dapat melakukan hal yang sama pada semua field, sesuaikan tampilannya seperti ini.

17

Untuk melihat hasil dari Report, Anda dapat memilih Preview.

ireport-18

Saat Anda melakukan preview, iReport akan membuat file baru yang berekstensi .jasper dengan nama yang sama dengan file iReport .jrxml. Nantinya file .jasper ini yang akan dipanggil pada program Java.

ireport-19Sampai pada tulisan ini, maka semua data barang pada database akan ditampilkan seluruhnya oleh iReport.

Efisiensi iReport

Lalu bagaimana jika Anda ingin menampilkan hanya barang dengan kode barang B0001 saja? Salah satu solusinya adalah dengan memberikan parameter pada desain laporan. Untuk menambahkan parameter, Anda dapat membuka lagi file .jrxml pada iReport. Pilih report query dimana anda bisa mengedit query yang akan digunakan.

ireport-23

Untuk membuat parameter, pilih New Parameter.

ireport-24

Misalnya Penulis membuat parameter dengan nama kodeBarang. dengan tujuan data yang ditampilkan berdasarkan field kd_brg pada database. Untuk Value menyesuaikan dengan kebutuhan anda, misalkan dalam tutorial ini Penulis memilih menggunakan Text.

ireport-25

Setelah Anda berhasil membuat parameter, tambahkan query pada report query seperti berikut.

ireport-27

Saat kita coba preview, maka iReport akan menampilkan popup untuk memasukan parameter kodeBarang yang tadi Anda buat.

ireport-28

Seperti contoh, saat Penulis memasukan nilai B0001 pada popup tersebut, maka iReport hanya akan menampilkan data barang B0001 saja.

ireport -29

Penutup

Sampai di sini Anda sudah dapat membuat laporan dengan iReport menggunakan parameter, pada tutorial selanjutnya Penulis akan mencoba untuk memberikan contoh untuk memanggil file laporan tersebut dari program Java.

Tag: , , ,

42 Comments

Leave Comment
  1. mas bro kalo mau manggil ireport di program tp berdasarkan tanggal periode itu gimana ya ??

    saya pake JDateChosser ini codingannya, kalo .getDate dia malah eror gimana ya??

    if (ae.getSource()==btnPrint){
    new FungsiCetakLaporanPeminjaman(“./Laporan/CetakLaporanPeminjaman.jasper”,TglPeminjaman1.getDate());
    }

  2. Pastikan query dan parameter untuk menampilkan laporan tsb sudah benar, di jalankan dulu dari iReportnya.. Jika tidak ada masalah dan berhasil tampil baru di coba dipanggil dari programnya..
    menurut saya itu terjadi erorr karena format tanggal yang dikirim dari parameter dan format tanggal yang diterima oleh iReport tidak sesuai.. Coba ubah format tanggal yang di dapat dari JdateChooser dengan SimpleDateFormat pada java, sesuaikan dengan format yang di terima oleh parameter iReport..
    terima kasih.. :-)

    • iya nih mas yg di ireport mah udah bisa tampil formatnya date. nah saya bingung nih gimana caranya buat manggil tuh laporan dari java saya pake nya jdatechosser.. bisa kasih tutornya ga mas sedikit aja buat nampilin tuh laporan pake jdatechosser itu??

      • ehh ga usah deh mas. udah ketemu nih caranya.. yg di ireport saya ganti string biar manggil di java nya gampang..

        • Agung Sulistyanto Agung Sulistyanto says:

          owh iya mas.. sip sipp.. iya bisa juga pakai String.. tapi kalo mau coba yang parameter Date..
          coba tambahkan codingnya seperti ini :

          SimpleDateFormat sdf = new SimpleDateFormat(“mm/DD/yyyy”);
          // “mm/DD/yyyy” disesuaikan dengan format yang diterima iReport

          if (ae.getSource()==btnPrint){
          new FungsiCetakLaporanPeminjaman(“./Laporan/CetakLaporanPeminjaman.jasper”,sdf.format(TglPeminjaman1.getDate()));
          }

  3. rudi says:

    mas cara buat tombol cetaknya gmna ya??

    • Agung Sulistyanto Agung Sulistyanto says:

      tergantung mas pake IDE apa, kalo netbeans tinggal di drag n drop saja objeknya.. kalo pake jcreator atau notepad mas perlu deklarasi dan inisialisasi objek buttonnya turunan dari class javax.swing

  4. mas saya mau nyoba pake parameter date tp pas di exceute.. laporannya ga tampil, di layar hitam jcreator keluar “java.lang.String cannot be cast to java.util.date” gimana solusinya?

    • Agung Sulistyanto Agung Sulistyanto says:

      itu dari errornya sudah jelas mas string tidak bisa dilemparkan untuk parameter date.. jadi kalo mas di ireport parameternya date, parameter yang dilempar dari programnya juga harus bertipe date..

  5. frederick edwin says:

    Blog yang bagus,namun saya bertanya,kenapa pada ireport data yang ditampilkan hanya satu,data yang paling atas,bagaimana untuk menampilkan seluruh data?

    • Agung Sulistyanto Agung Sulistyanto says:

      terima kasih mas frederick pertanyaannya..
      sebetulnya data yang ditampilkan pada iReport bisa saja banyak, tergantung dari query dan data yang tersedia pada database.. pada contoh hanya tampil sedikit karena memang datanya yang sedikit..
      terima kasih..

  6. Rahmat Illahi says:

    mas bisa minta contoh programnya gak?

  7. Gan tau kagak cara menghubungkannya dengan form

  8. Terimakasih Atas infonya, tapi Cara Menghubungkangnya dengan program java gimana gan soalnya ireportnya pakai parameter mohon bantuannya

    • Agung Sulistyanto Agung Sulistyanto says:

      Terima kasih untuk pertanyaanya.. Untuk menghubungkannya dengan form saya tulis pada Tutorial saya yang berjudul “Cara Mudah Membuat Dokumentasi Laporan dengan iReport Pada Pemrogaman Java”

  9. Hardi says:

    Kak donlod ireport nya kok susah sih? Harus punya akun dulu buat donlod?

  10. Ryan Yudhistira says:

    Permisi mas, nupang tanya newbie..
    Tau solusi “The document has no pages”

    Saat saya mencoba untuk tampil “seluruh data” berhasil ditampilkan saat saya “run” program, tapi pada saat saya menggunakan parameter kenapa mucul message tersebut, padahal saat saya mencoba “preview” berhasil..
    Mohon bantuannya, terimakasih..

  11. ayu says:

    mas mau nanya kalo cara memanggil isi dari combobox yang ada pada form di netbeans trus dipanggil ke ireport menggunakan parameter lebih dari 1 gimana ya mas kira2 contohnya?

  12. hamdi says:

    mas klu mau nambilkan subtotal per halaman gimana ya?….thks

  13. wanda rizha says:

    Mas, permasalahan yang saya temukan waktu membuat Ireport ini yaitu, ketika mengkoneksikannya dengan database dengan membuat tombol cetak, ketika ditekan yang tercetak hanya itu” aja,..

  14. mirwan says:

    mas kenapa sih gua sudah coba banyak pakai ireport tapi setiap mau menampilkan error semua padahal pluginnya smua sudah saya install dan juga libarynya smua berdasarkan versinya tpi tetap gk bisa, tapi ketika pakai versi plugin nb-3.5.2 bisa tampil.
    nb: versi nb-3.5.2 jadul banget templenya classic susah makainya gk bisa di desaign.. tolong bantu ilmunya masss

  15. Gamal DM says:

    Mas, contoh coding buat tombol cetak/printnya gimana ? Terimakasih sebelumnya

  16. Abduh says:

    mas, ada gak contoh program untuk algoritma fisher yates dengan java netbeans?? Langka banget soalnya. Misalkan contoh soal pengacakan gitu?

  17. akbar says:

    ngtasin ininya gmana gan
    SQL problems: Access denied for user ‘root’@’localhost’ (using password: YES)

  18. dea says:

    mas, saya kan uda buat report wizardnya uda sampe tahap tampilan, tp kenapa waktu saya tarik item fieldnya ke desain, gamau keluar ya mas?, mksh

  19. alfaroq says:

    kalau gak mau di preview gemana mas..
    mohon bantuannya terimakasih…

  20. nofriadi says:

    mas, saya ada baut program sederhana tentang pembayaran uang kuliah, tapi saya mengalami kendala, dengan pencetakan kwitansinya
    ireportnya sudah saya desain juka di peiview hasilnya sesuai dengan parameter yang di inputkan (parameter yang saya gunakan adalah nim), akan tetapi sewaktu saya mau cetak dari form tidak bisa, adapun pesannya adalah bahwa file tidak di temukan,
    adapun coding saya adalah sebagai berikut try {

    HashMap parameter=new HashMap();

    File file=new File(“src/Cetak_Kwitansi.jasper”);
    String a=txt_nim1.getText();
    parameter.put(“nis”,a);
    JasperReport jp=(JasperReport)JRLoader.loadObject(file);
    JasperPrint print=JasperFillManager.fillReport(jp,parameter,new JRTableModelDataSource(mdl));
    JasperViewer.viewReport(print,false);
    JasperViewer.setDefaultLookAndFeelDecorated(true);
    } catch (SQLException | JRException e) {
    JOptionPane.showMessageDialog(rootPane,”gagal”+e.getMessage());
    }

  21. Ghozali says:

    Mas, mo tanya dong, saya buat laporan periode dengan parameter tanggal awal dan akhir, berhasil tetapi yang jadi masalah kenapa saat memasukkan memasukkan tanggal awal dan akhir saat tampil reportnya terdapat tanggal yang berada diluar tanggal awal dan akhir?

  22. gendro says:

    mas maaf mau tanya….. kalau mau minta contoh tutorial memnghitung jumlah data barang dengan ireport
    misalnya di data barang ada data buku ada 5 buku, tapi di ireport hanya tampil data buku satu saj mewakili dari 5 buku tersebut tetapi jumlahnya tetap lima,

    Barang Jumlah

    Buku 5

    begitu kira-kira, terimakasih

  23. Achmad says:

    Mas, sharenya bagus, mau tanya kalau bikin report periode tanggal sdh running tapi kalau mo cetak periode ada bulan yang beda ikut tampil juga itu kenapa ya?

    • Agung sulistyanto says:

      Terima kasih mas achmad. jika masalahnya pada data yang ditampilkan belum akurat, berarti query yang digunakan belum tepat. Mas bisa coba dulu querynya sebelum running di ireport. Semoga membantu.

  24. achmad says:

    Mas Agung, masalahnya ketika saya buat query di reportnya sudah ok, dengan query “Select * from Penjualan where tgl between P{tgl1} and $P{tgl2, dan ketika dirunning ok, yang jadi masalah ketika data tanggalnya ada yang bulan yang berbeda saat saya coba ketik periode, misalnya saya punya data tanggal 01-09-2016 s.d 12-09-2016 dan ada data 01-10-2016 s.d 05-10-2016.
    saat saya cetak periode dari 01-09-2016 s.d 30-09-2016 berhasil akan tetapi data tanggal 01-10-2016 s.d 05-10-2016, juga ikut tampil itu kenapa ya?
    kalau saya ketik cetak periode 01-09-2016 s.d 16-09-2016 maka data bulan oktober tidak ikut tercetak, apakah ada solusi?
    saya gunakan paramater dengan tgl1 dan tgl2 dengan string, karena di data yang saya buat tanggal menggunakan varchar, dan jdatechooser saya set menjadi dd-MM-yyyy, apakah ada pengaruhnya. terima kasih atas jawabannya mudah2an ilmu Mas Agung dapat bermanfaat dan berkah. aamiin

    • Saya belum betul betul paham kenapa itu terjadi, mungkin solusi dari saya coba parameter yang dikirim dari program menggunakan date saja dan ireport menerimanya dengan tipe data date sehingga tidak perlu di konversi lagi.. karena mungkin saja terjadi yang seharusnya operasi data dengan tipe date menjadi string.

  25. Yoppy says:

    Kalau sudah di build .jar kok reportnya gak bisa muncul ya? Itu kenapa ya mas
    Katanya sih waktu di build file reportnya gak ikut ke jar, tapi kalau di run lewat netbeans nya sih oke oke aja lancar seperti biasa.
    Apakah mas pernah dapat kasus seperti ini? Mohon bantuanya

    • Agung sulistyanto says:

      Ya, saat di build menjadi .jar library ireport yang dibutuhkan tidak ikut di build, hanya file .java saja. Solusi praktis yoppy bisa copy library yang dibutuhkan kedalam folder jvm pada direktori java yang terinstall, sehingga library dapat dikenali. Atau yoppy bisa belajar membuat installer untuk java project. Semoga membantu.

    • Maksud saya copy ke direktori folder JRE/lib.

  26. Indah says:

    permisi mas mau nnya , saya udah ikutin cara-cara diatas tapi ko pas klik preview , masukin parameter ny . parameter saya berdasarkan no urut. tp pas masukn no urut dy selalu tampil no urut 2. udah di ulang masukin 3 , preview tetep 2 . mohon penjelasan ny mas . trimakasih

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.