Membuat Maskot Burung Hantu Dengan Inkscape

Membuat Maskot Burung Hantu Dengan Inkscape

Tutorial Information

ProgramInkscape
Version0.48
DifficultyPemula
Estimated Time15 Menit
DownloadClick this link

Membuat sebuah ilustrasi untuk maskot berbasis vektor tentu dalam benak anda adalah dengan menggunakan aplikasi Corel Draw atau Adobe Illustrator. Ya benar, kedua aplikasi…

Membuat sebuah ilustrasi untuk maskot berbasis vektor tentu dalam benak anda adalah dengan menggunakan aplikasi Corel Draw atau Adobe Illustrator. Ya benar, kedua aplikasi itu adalah yang terbaik untuk vektor dalam dunia grafis. Tetapi ada aplikasi yang gratis dan sederhana namun cukup keren digunakan untuk pembuatan ilustrasi berbasis vektor yaitu Inkscape. Inkscape adalah aplikasi open source multi platform yang mendukung pada sistem  operasi Mac OS X, Linux dan Windows. Inkscape mulai dikembangkan pada tahun 1999 dan menggunakan format file berekstensi SVG. Berikut adalah tutorial sederhana dalam membuat maskot burung hantu dengan menggunakan aplikasi Inkscape.

 Step 1

Membuat Dokumen

Membuat Dokumen

Langkah pertama, buka aplikasi Inkscape yang sudah terpasang pada komputer anda dan anda akan melihat sebuah dokumen kosong pada lembar kerja.

Step 2

Membuat Kotak

Membuat Kotak

Buat bentuk kotak (F4) dengan ukuran lebar 345.057 dan tinggi 350.665 serta atur vertical round menjadi 145.964 dan horizontal round menjadi  108.038 sehingga tampak seperti gambar, kotak ini akan menjadi badan untuk maskot burung hantu.

 Step 3

Mengatur Fill

Mengatur Fill

Saya sarankan untuk mengkosongkan warna dalam dengan menekan Shift+Ctrl+f  kemudian akan muncul dialog box pilih pada tab fill dan klik no fill. Setelah langkah tersebut dilakukan setiap kita akan membuat objek maka objek tersebut tidak akan berwarna (transparent) sehingga akan memudahkan anda untuk tahap selanjutnya.

Step 4

Membuat Lingkaran

Membuat Lingkaran

Langkah selanjutnya adalah membuat mata dengan menekan tombol F5 kemudian buat lingkaran dan letakkan di dalam kotak yang telah di buat sebelumnya kemudian duplikasi (Ctrl+D) sebanyak empat kali.

Step 5

Membuat Mata

Membuat Mata

Mewarnai Mata

Mewarnai Mata

Duplikat Mata

Duplikat Mata

Kecilkan lingkaran yang sudah di duplikasi  kemudian perkecil ukuran dan atur posisi seperti gambar. Untuk lingkaran yang paling besar, berikan warna putih (RGBA: ffffffff) kemudian lingkaran berikutnya dengan warna kuning (RGBA : ddff55ff), hitam (RGBA :000000ff) dan yang terakhir dengan warna putih (RGBA: ffffffff), hilangkan stroke lingkaran kecuali yang paling luar. Seleksi semua bagian mata dan duplikasi (ctrl +D) kemudian geser ke kanan, kini kita sudah mempunyai 2 buah pasang mata si burung.

 Step 6

Membuat Perut Bagian 1

Membuat Perut Bagian 1

Langkah selanjutnya adalah membuat perut si burung, buat sebuah lingkaran F5 kemudian letakkan setengahnya ke dalam kotak/badan burung hantu, atur posisinya secara presisi dan terlihat mirip bentuk perut.

 Step 7

Membuat Perut Bagian 2

Membuat Perut Bagian 2

Hasil Jadi Perut

Hasil Jadi Perut

Berikutnya, klik pada bagian badan kemudian duplikasi objek (ctr+D). setelah objek berhasil di duplikasi tahan tombol shift dan klik pada lingkaran yang akan kita jadikan perut, setelah itu klik path > intersection, maka perut si burung kini sudah jadi.

Step 8

Membuat Kaki

Membuat Kaki

Badan, mata, dan perut sudah kita buat, kini saatnya membuat kaki. Dengan membuat objek eclipse F5 buatlah bentuk eclipse dengan ukuran kecil, kemudian duplikasi ctrl+D . setelah itu buat bentuk kuku dengan menggunakan beizer Shift+ F6 . klik kedua objek dan klik path > intersection.

Step 9

Hasil Jadi Kaki

Hasil Jadi Kaki

Duplikasi kaki pertama yang kita buat tadi dengan menekan ctrl + D.

Step 10

Membuat Ekor

Membuat Ekor

Buat ekor dengan menggunakan beizer  Shift + F6 kemudian letakkan objek ke lapisan paling bawah dengan menekan tombol page down pada keyboard hingga objek berada pada posisi paling bawah.

Step 11

Membuat Aksesoris Bagian 1

Membuat Aksesoris Bagian 1

Membuat Aksesoris Bagian 2

Membuat Aksesoris Bagian 2

Tambahkan aksesoris lain seperti efek bulu dan telinga menggunakan beizer Shift+F6, seleksi objek bulu dan badan burung kemudian klik path> union ulangi langkah tersebut untuk membuat telinga dan beberapa bulu yang lainnya.

Step 12

Membuat Aksesoris Bagian 3

Membuat Aksesoris Bagian 3

Membuat Aksesoris Bagian 4

Membuat Aksesoris Bagian 4

Untuk bulu pada perut langkahnya sama seperti langkah sebelumnya. Namun kali ini seleksi objek bulu dan perut kemudian klik path > difference.

Step 13

Membuat Paruh

Membuat Paruh

Buat paruh menggunakan beizer Shift + F6 kemudian letakkan di antara kedua mata.

Step 14

Mewarnai Objek

Mewarnai Objek

Kini saatnya mewarnai objek dengan cara klik bagian objek yang ingin di warnai kemudian klik pada template warna di bagian bawah sesuai keinginan, pada tutorial yang saya buat ini saya menggunakan warna sesuai pada gambar.

Step 15

Detail Warna Objek

Detail Warna Objek

Untuk mempercantik ilustrasi maskot, tambahkan detil warna dengan membuat objek baru menggunakan beizer  Shift + F6 kemudian beri warna yang lebih gelap.

Step 16

Stroke Option

Stroke Option

Langkah berikutnya adalah atur ketebalan serta warna  stroke (garis tepi pada objek) menjadi seperti yang terlihat pada gambar di atas.

Step 17

Finishing

Finishing

Sebagai finishing akhir tambahkan objek kayu dengan menggunakan beizer Shift+F6. Letakkan pada belakang kaki dengan menekan tombol page down pada keyboard hingga kayu berada pada posisi yang kita inginkan. Kemudian tambahkan latar belakang sesuai selera anda.

Hasil Akhir

Hasil Akhir

Penutup

Penggunakan bentuk objek sederhana seperti eclipse, lingkaran kotak dan lain sebagainya dengan aplikasi Inkscape jika di kombinasikan dengan tepat akan menjadi sebuah ilustrasi gambar yang menarik. Kita dapat mengolah objek-objek tersebut dengan mudah agar bisa menjadi sebuah ilustrasi yang keren seperti maskot yang sudah kita buat.

Aplikasi Inkscape

Title Inkscape 0.48
File Name Inkscape-0.48.2-1-win32
File size 34MB
Requirements Windows XP/Windows 7
License GNU
Date Added 29 Agustus 2012
Download www.inkscape.org
Tag: , , , , ,

12 Comments

Leave Comment
  1. Mustofa says:

    nice tutorial mas, mudah sekali diikuti :D

  2. Saatul Ihsan Saatul Ihsan says:

    Suer, ini tutorial inkscape terkeren yang pernah saya baca.

  3. Aminda Putri Ekarani says:

    oooomm,,, despro om..

  4. waaah inkscape keren :D akhirnya menemukan teman seperjuangan *terharu*

  5. waah inkscape, keren :D . akhirnya menemukan teman seperjuangan *terharu*

  6. Retno Setya Ningsih says:

    like kak, ada maskot lain gak selain yang ini

  7. Ilham says:

    Keren. Kamu pinter banget sih mas Wafiq. Masih pelajar udah jago desain. Aku yang hampir 30 masih ngikutin tutorialnya kamu. hehehe.

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.