Membuat Sentuhan Efek Fish Eyes pada Foto Lewat Photoshop

Membuat Sentuhan Efek Fish Eyes pada Foto Lewat Photoshop

Dalam ilmu fotografi terdapat beberapa cara dalam pengambilan foto, antara lain Bird Eyes, Frog Eyes, Normal Eyes dan lain sebagainya. Beberapa cara tersebut dimaksudkan…

Dalam ilmu fotografi terdapat beberapa cara dalam pengambilan foto, antara lain Bird Eyes, Frog Eyes, Normal Eyes dan lain sebagainya. Beberapa cara tersebut dimaksudkan untuk mendapatkan kualitas dan gambar yang maksimal disetiap moment yang tercipta dari keadaan tertentu. Sesuai dengan namanya Bird Eyes, merupakan foto yang diambil dalam posisi ketinggian. Sebaliknya Frog Eyes, diambil dalam keadaan posisi terendah. Selain itu kita juga bisa membuat efek tersendiri yaitu Fish eyes. Efek melingkar yang unik ini dapat kita buat dengan bantuan software Adobe Photoshop. Berikut langkah – langkahnya dibawah ini.

Bukalah aplikasi Adobe Photoshop yang ada di Komputer Anda dan pilih foto yang hendak akan berikan efek Fish Eyes. Kemudian gunakan Elliptical Marquee Tool dan seleksi bagian foto yang hendak berikan sentuhan Fish Eyes. Usahakan seleksi bagian foto terbaik dalam foto tersebut.

BisaKomputer---Open-Document---1

Lalu pilih Select > Inverse atau menekan Ctrl + Shift + i  secara bersamaan. Penggunaan Inverse ditujukan untuk melakukan seleksi gambar yang ada dalam lingkaran yang sebelumnya dibuat oleh Elliptical Marquee Tool, Anda bisa saja untuk menghapus layer yang tak terseleksi dengan menekan tombol Delete di keyboard.

BisaKomputer---inverse---2

Jika masih Ada bagian putih di foto tersebut kita bisa memilih Eraser tool yang ada di toolbox disebelah kiri dan pilih Magic Eraser tool, untuk menghapus bagian tersbut dengan cara klik di bagian putih yang ada di foto tersebut. Setelah itu hilangkan seleksi pada foto dengan menekan Ctrl + D secara bersamaan.

BisaKomputer---delete---3

Kemudian pilih Filter > Distort > Spherize akan muncul dialog box, ubah amount-nya menjadi 100%, langkah inilah yang memberikan sentuhan Fish Eyes pada foto Anda.

BisaKomputer---spherize---4

Untuk sentuhan akhir, Simpan foto Anda dalam format .PNG, bila disimpan dalam format .JPG ataupun .JPEG akan nampak bagian putih di sekeliling foto Anda

BisaKomputer---HasilAkhir---6

Penutup

Selain dalam bentuk lingkaran Anda juga bisa membuat efek fish eyes dalam bentuk persegi atau persegi panjang. Namun Anda juga harus menyesuaikan seberapa tingkat kelengkungan di foto tersebut dengan mengatur amount-nya. Selamat Berkreasi !

Tag: , , , ,

8 Comments

Leave Comment
  1. Fai Ahmad says:

    josss tutorialnya, trims kaka’

  2. weldi says:

    Saya udh coba. Sdh slesai smua. Tetapi pas di klik fotonya yg sdh dismpan kok balik ke PS lagi ya.

    • wasisto says:

      mungkin yang disimpen tadi ketumpuk lagi gan, formatnya apa? klo masih psd balik lagi ke PS jadi simpen ke format JPG. Setelah itu buka klik kanan dan bukak dengan image viewer asli windows

  3. Mun takoh says:

    makasih gan tutorial photoshopnya…
    salam kenal

  4. oetiss says:

    Hmm.. ko jadi bentuknya kayak telur yah? hahah.. ada yang salah ga sih? mohon pencerahannya

  5. Loop Photo says:

    Wah ane baru tau kalau ternyata bisa menggunakan efek fish eye di photoshop, ane sih biasanya make photoshop cmn buat edit-edit foto hasil jasa photobooth ane ya paling benerin beberapa hal doang difotonya gak sampe ke efek-efek yang lain kayak efek fish eye ini

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.