Membuat Telur Mata Sapi dengan Inkscape

Membuat Telur Mata Sapi dengan Inkscape

Pasti sudah tau inkscape bukan? Ya, Inkscape adalah program grafis berbasis vector yang di gunakan untuk platform windows, linux maupun mac os x. lalu…

Pasti sudah tau inkscape bukan? Ya, Inkscape adalah program grafis berbasis vector yang di gunakan untuk platform windows, linux maupun mac os x. lalu apa hubungannya dengan membuat telur mata sapi? Tenang dulu, kita tidak akan membuat telur mata sapi sungguhan dengan Inkscape, pada tutorial saya kali ini kita akan mencoba membuat gambar telur mata sapi yang sedang dihidangkan di atas piring. Sepintas mungkin dalam benak Anda terlihat susah, namun saya yakin setelah Anda membaca tutorial ini maka menggambar telur mata sapi di atas piring dengan inkscape akan semudah membuat telur mata sapi sungguhan.

Langkah pertama, buka program Inkscape yang sudah terpasang pada komputer Anda sehingga Anda akan melihat sebuah dokumen kosong pada lembar kerja.

membuat dokumen

Dengan menekan  F5  buatlah objek lingkaran, agar bentuk lingkaran tetap proposional tahan tombol ctrl  sambil menggeser mouse 450  ke bawah atau ke atas saat membuat lingkaran.

membuat lingkaran

Agar memudahkan Anda dalam tahap-tahap berikutnya, ubah warna objek menjadi transparent  dengan cara klik icon “no fill” pada pallete color yang terletak di bawah.

mengubah warna menjadi transparent

Duplikat objek lingkaran yang sudah kita buat tadi dengan cara klik  ctrl+D kemudian kecilkan dan letakkan persis di tengah (lihat gambar). Agar koordinat lingkaran tidak berubah saat mengecilkan lingkaran hasil duplikasi tekan dan tahan ctrl+Shift. Jika langkah Anda benar maka sekarang Anda memiliki dua objek seperti pada gambar.

duplikat lingkaran

Selanjutnya kita akan membuat  tampilan piring terlihat lebih nyata dengan cara duplikat kembali objek lingkaran yang berada di tengah sebanyak 2 kali, kemudian geser sedikit ke bawah hingga nampak seperti gambar.

membuat detil piring

Seleksi  kedua lingkaran yang berada di tengah, kemudian klik path > exclusion .

seleksi lingkaran

menerapkan exclusion

Jika objek tengah kita geser maka kita akan mendapatkan dua objek seperti gambar, objek 1 sebagai bayangan sedangkan objek 2 sebagai bagian tengah dari piring.

objek tengah piring

Warnai objek yang sudah kita potong (exclusion) dengan warna abu-abu (RGBA : 666666ff). apabila langkah dilakuakn benar maka Anda akan mendapatkan objek seperti pada gambar.

warna detil piring

Kini saatnya untuk mewarnai piring secara keseluruhan, dengan mengguanakn warna gradasi  ctrl+F1 buat gradasi melingkar (radial) dan atur warna seperti gambar. Pada intinya warna gradasi yang di gunakan dalam tahap ini adalah perpaduan warna hitam dan putih untuk menciptakan bayangan benda.

warna gradasi 1

Hilangkan garis tepi (stroke) dengan cara seleksi semua objek pada area kerja kemudian  klik  Ctrl+Shift+F  kemudian akan muncul dialog box, pada tab stroke paint pilih icon “no stroke” (lihat gambar).

menghilangkan stroke

Setelah hal tersebut dilakukan maka akan tampak seperti pada gambar.

warna gradasi2

Agar terlihat lebih realistis lagi tambahkan bayangan di belakang gambar dengan cara buat lingkaran yang lebih besar dari ukuran piring yang sudah di buat, warnai dengan warna hitam.

membuat bayangan1

Kemudian tekan tombol page down pada keyboard hingga posisi lingkaran hitam yang baru kita buat berada paling belakang.

membuat bayangan2

Pada fill and stroke box (Ctrl + Shift+F) ubah blur value menjadi 7.

membuat bayangan3

Pada bayangan bagian tengah ubah blur value juga menjadi 1.0.

bayangan tengah

Piring kita sudah jadi, sekarang waktunya untuk membuat telur mata sapi. Langkah pertama adalah membuat lingkaran F5  letakkan di atas piring, kemudan klik path> object to path . Kemudian ubah bentuk lingkaran dengan menggunakan editor path F2, atur bentuk lingkaran hingga menyerupai gambar.

membuat putih telur

Beri warna gradient seperti langkah ketika mewarnai piring yang sudah kita bahas sebelumnya.serta berikan juga bayangan di bawah putih telur, langkahnya sama dengan memberi  bayangan pada piring, hanya saja atur value blur hingga nyaman untuk di pandang.

warna putih telur

Tambahkan efek mengkilap pada putih telur dengan menambahkan objek-objek tertentu dengan menggunakan beizer tool  Shift +F6 , kemudian warnai dengan warna putih. Jangan lupa untuk menghilangkan stroke (garis tepi).

efek mengkilap putih telur

Ulangi langkah yang sama pada pembuatan putih telur untuk membuat kuning telur,hanya saja pada kuning telur tidak memakai warna gradient, melainkan menggunakan warna solid yang kemudian merubah value blur objek tersebut.

kuning telur

Langkah terakhir, beri background sesuai dengan selera Anda, duplikat telur mata sapi agar piring terlihat sedikit lebih penuh. Maka telur mata sapi Anda siap disajikan.

Hasil akhir

Tag: , , , , ,

3 Comments

Leave Comment
  1. riri says:

    bisa dpt softwarenya dmana?

  2. irwant says:

    Menarik nih tutornya. Bookmark dulu ah

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.