Membuat Tombol Player dengan CorelDraw

Membuat Tombol Player dengan CorelDraw

Banyak sekali perbedaan pada player video dan musik pada tahun 90an dan sekarang terutama dari segi bentuk, kemudahaan, dan portable. Namun kesamaan antara teknologi…

Banyak sekali perbedaan pada player video dan musik pada tahun 90an dan sekarang terutama dari segi bentuk, kemudahaan, dan portable. Namun kesamaan antara teknologi di tahun 90an dan sekarang yaitu pada tombol tombolnya, tombol play, pause, stop masih tetap di gunakan pada saat ini untuk memudahkan kita saat memutar musik dan video, mengganti  dan mempercepat track atau video dengan tombol previous dan next, menghentikan sesaat dengan tombol pause.

Nah pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan tutorial yaitu membuat tombol tombol player berbasis vektor dengan CorelDraw.

Objek pertama yaitu  membuat lingkaran dengan Ellipse tool dengan ukuran 3cm x 3 cm. Berikan warna biru.

Buat Lingkaran

Objek pertama ini hilangkan garis outline-nya dengan cara seperti gambar di bawah.

Hilangkan garis outline

Langkah berikutnya dari objek pertama ini yaitu berikan efek gradasi warna putih pada bagian bawah lingkaran yaitu tekan F11 untuk memunculkan Fontain Fill kemudian isikan seperti gambar di bawah.

Fontain Fill

Objek kedua yaitu buatlah bentuk segitiga (untuk tombol play) dengan menggunakan Free hand tool, berilah warna putih, seperti gambar di bawah.Hilangkan garis outline-nya seperti gambar 2 diatas

Buat Segitiga

Objek yang ketiga yaitu buatlah lingkaran dengan ukuran 2,5cm x 2,3 cm, berikan warna putih, kemudian hilangkan Outlinenya.

Buat Lingkaran 2

Seleksi objek ketiga ini kemudian tekan Ctrl + Q (Convert To Curves) lakukan pengeditan objek dengan Shape Tool.

Shape Tool

Langkah selanjutnya untuk pengeditan objek ketiga ini yaitu memberikan efek transparan dengan Transparancy Tool seperti gambar di bawah.

Efek Transparan

Berikutnya membuat objek keempat yaitu membuat irisan lingkaran. Buatlah lingkaran dengan ukuran 2,8 cm x 2,8 cm. Kemudian gandakan lingkaran tersebut.

Gandakan

Atur 2 buah lingkaran tersebut seperti gambar di bawah kemudian seleksi dan tekan tombol trim.

Trim

Hapus objek lingkaran yang tidak terpakai, dan atur posisi irisan lingkaran yang di pakai beri warna putih dan hilangkan Outlinenya.

Hapus Objek

Berilah efek blur irisan lingkaran tersebut. Seleksi lingkaran tersebut kemudian Ke Menu Bitmaps pilih Convert To Bitmaps, kemudian klik OK.

Convert to Bitmaps

Dan atur efek blur dari irisan lingkaran tersebut. Bitmaps Pilih Blur Kemudian Pilih Gaussian Blur.

Blur

Gandakan objek tersebut posisikan diatas seperti gambar di bawah.

Gandakan Objek

Objek terakhir objek kelima yaitu membuat outline. Dengan membuat lingkaran ukuran 3cm x 3cm dan tekan F12 untuk mengatur ketebalan dan warna pada outline tersebut.

Buat Outline

Berilah efek blur seperti memberikan efek blur pada objek ke empat irisan lingkaran diatas. Hasilnya seperti Gambar di Bawah.

Hasil Akhir Tombol

Untuk mengubah dari tombol play ke tombol pause, tombol next, stop dll cukup mengganti objek lingkaran.

Hasil Tombol Lainnya

Penutup

Nah Serangkaian tutorial diatas sepertinya panjang sekali, namun tidak seperti apa yang di bayangkan, cukup lakukan saja dan dapatkan hasil yang maksimal, selamat mencoba. :)

Tag: , , , , , , , ,

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.