Membuat Validasi Tanggal Pada Pemrogaman Java dengan JCalendar via Netbeans IDE

Membuat Validasi Tanggal Pada Pemrogaman Java dengan JCalendar via Netbeans IDE

Validasi adalah suatu keadaan untuk memastikan data benar sesuai standar. Validasi perlu dilakukan, karena apabila kita memasukan data yang salah maka secara langsung hasilnya…

Validasi adalah suatu keadaan untuk memastikan data benar sesuai standar. Validasi perlu dilakukan, karena apabila kita memasukan data yang salah maka secara langsung hasilnya adalah informasi salah pula, atau sering diistilahkan sebagai garbage in garbage out (GIGO). Maka, tujuan dibuat validasi adalah untuk membuat batasan data sebelum di simpan ke dalam database. Biasanya terdapat banyak sekali validasi pada program, sesuai dengan kasus real pada kehidupan sehari hari ketika membangun aplikasi salah satunya adalah tanggal.

Validasi tanggal menjadi sangat penting dijaga karena setiap database memiliki standar format tanggal yang berbeda. Misalnya pada contoh kasus Form Biodata, User pada umumnya akan kesulitan jika harus menginput tanggal lahirnya dengan format inputan secara manual, dan apabila terjadi kesalahan format, dapat menjadikan bug pada saat dimasukan ke database. Pada java kita dapat menangani masalah ini dengan Jcalendar. Ada beberapa komponen dalam Jcalendar dapat kita gunakan sebagai solusi masalah tersebut, diantaranya JDateChooser. JDateChooser memungkinkan kita untuk memilih atau mengedit tanggal dengan popup. Pembaca dapat mengunduh library Jcalendar disini

Kali ini Penulis menggunakan IDE NetBeans, Jika Anda menggunakan eclipse ataupun IDE lain tentu saja pengaturan Akan berubah pada tutorial ini. Sebelum menggunakannya kita perlu menambahkan Library jcalendar ke dalam palette pada Netbeans, Hal ini ditujukan nantinya Agar Anda lebih mudah melakukan drag and drop ketika menggunakan frame.

Import Library dan Membuat Palette

Ketika IDE NetBeans telah terbuka pilih menu Tools > Libraries, maka semua Library yang sudah ada pada Netbeans Anda dapat dilihat. Setelah itu pilih New Library untuk membuat Library yang baru, lalu isi nama Library yang kita buat. Pada contoh penulis memberi nama Library dengan jcalendar.

BisaKomputer - jcalendar - Validasi
Setelah langkah tersebut selesai, maka akan terdapat Library baru pada list. Namun sebenarnya Library tersebut masih kosong, untuk menambahkan pilih Add JAR/Folder > lalu arahkan pada direktori Library jcalendar yang telah di unduh sebelumnya.

6Kini Library jcalendar telah Ada pada Netbeans milik Anda, Langkah selanjutnya adalah membuat nya menjadi palette. Untuk melakukannya pilih menu Tools > Palette > Swing/AWT Components. Setelah itu pilih New Category untuk membuat category baru,  dan isikan nama category yang ingin dibuat pada contoh Penulis memberi nama category dengan Jcalender

8
Seperti halnya Library kosong tadi, Category baru inipun juga kosong untuk menambahkan komponen Pilih Category Jcalender > Add From Library > pilih Library Jcalendar, untuk menyatukan Category dengan Library yang tadi telah di buat. Langkah selanjutnya Adalah menentukan komponen dan penempatan komponen, sehingga tentunya hal ini menjadi opsional sesuai kebutuhan Anda .
BisaKomputer - Validasi - jcalendar

Test Project

Kini setelah komponen telah ter- import Anda dapat menggunakannya dalam project yang Anda bangun. Dalam bagian selanjutnya ini, kita akan mencoba menggunakan beberapa komponen tersebut. Buat project baru misalnya saja Belajar_Jcalendar, Anda bisa menggunakan nama yang lain.  Setelah project terbentuk, pembaca dapat menambahkan Form baru dengan pilih New > JFrame Form. Tambahkan JdateChooser kedalam Form dengan melakukan drag and drop pada komponen. Untuk pelengkap Kita dapat menambahkan Button seperti pada contoh berikut. Anda bisa menambahkan sesuai keinginan Anda, ketika sudah cukup cobalah untuk compile.
BisaKomputer - Validasi - Jcalendar - 2

Sampai disini kita sudah dapat menambahkan Library Jcalendar kedalam Netbeans dan memasukan komponen JDatechooser kedalam Form. Lalu bagaimana jika kita akan menyimpan data inputan JDateChooser pada database? Setelah ini kita akan mencoba untuk mengatur format tanggal yang akan diambil dari JDateChooser. Sebelum itu untuk mempermudah Anda dapat mengganti nama variable pada object JDateChooser, caranya dengan klik kanan pada object -> Change Variable Name (Sesuaikan nama variabel yang dibuat).

Tambahkan kode standar untuk konversi tanggal menjadi string ketika aksi Button saat di klik, format tanggal yyyy-MM-dd merupakan standar format tanggal pada database MySQL.

String tanggal = new SimpleDateFormat("yyyy-MM-dd").format(objCalendar.getDate());

Jalankan lagi Contoh_Jcalendar.java setelah kita memilih tanggal pada JDateChooser dan mengklik button tampil, maka akan tercetak tanggal dengan format yang telah disesuaikan.

 

BisaKomputer - Validasi - Jcalendar - 3Untuk mengganti format tanggal kita cukup mengganti “yyyy-MM-dd” menyesuaikan dari bentuk database yang Anda inginkan misalnya saja “MMM-dd-yy”. Untuk mengetahui berbagai macam format tanggal pada Java pembaca dapat melihatnya disini 

Penutup

Terima kasih, Sampai disini pembaca dapat mengembangkan lagi tutorial ini menggunakan database, sesuaikan format yang di buat pada program dengan format yang diterima pada database yang digunakan. Semoga tulisan ini bermanfaat dan selemat mencoba.

Tag: , , , , ,

18 Comments

Leave Comment
  1. Thanks to a brilliant effort in publishing your article

  2. galih says:

    mas agung, saya pengguna program dengan basis web. untuk laporan harian selama bulan juni dan sebelumnya tidak ada masalah (laporan berupa file pdf). Tapi khusus untuk agustus ada keterangan: frm_mts063:j_idt29:0:periodeHarian: ’29-Aug-2014′ could not be understood as a date. Saya cari di google sepertinya ada hubungannya dg java, tapi saya tidak ngerti blass. Mohon pencerahan. Program/aplikasi saya juga menggunakan java.

    • Agung Sulistyanto Agung Sulistyanto says:

      Kalo boleh tau databasenya pakai apa mas ?
      Kalo dilihat dari pesan errornya, spertinya format tanggalnya yang tidak dikenali..
      Tapi kalo sebelumnya tidak ada masalah, mungkin dari komputer servernya yang tanggalnya berubah..

  3. Julhendri says:

    mas coding ini “String tanggal = new SimpleDateFormat(“yyyy-MM-dd”).format(objCalendar.getDate()); ”

    ditambahkan dimana?

  4. Agung Sulistyanto Agung Sulistyanto says:

    tergantung kebutuhan mas tanggalnya akan digunakan dimana. Koding diatas digunakan untuk merubah format tanggal yang dipilih oleh objek JDateChooser, biasanya di taruh pada method untuk menyimpan ke database karena sebelum tanggal di simpan tanggal harus diformat sesuai kebutuhan databasenya.

  5. Pita says:

    terimakasih banyak kak buat ilmunya, program input data saya menggunakan jcalendar akhirnya bisa juga :D

  6. dewi says:

    Kalo dilaporan make tanggal otomatis gmn yah mas ? Apa harus download iReport dlu ?

  7. Yoppy says:

    mas agung, penggunaan class untuk script update dan delete itu gimana ya? dan class nya ini saya panggil di form
    apakah seperi ini?

    public void hapususer(String id){
    try{
    konek.connect();
    String sql = “DELETE FROM user WHERE ID_USER(‘”+id+”‘)”;
    st=koneksi.con.createStatement();
    st.executeUpdate(sql);
    }catch(Exception e){}
    }

    public void ubahuser(String id, String nama, String jabatan, String user, String pass){
    try{
    konek.connect();
    String sql = “UPDATE user set ID_USER='”+id+”‘,NAMA='”+nama+”‘,JABATAN='”+jabatan+”‘,USERNAME='”+user+”‘,PASSWORD='”+pass+”‘”;
    st=koneksi.con.createStatement();st.executeUpdate(sql);
    }catch(Exception e){}
    }

    dan di formnya codingnya seperti ini?
    private void hapusActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
    pengguna.hapususer(iduser.getText());
    tampildata();bersih();
    }

    private void ubahActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
    pengguna.ubahuser(iduser.getText(),nama.getText(),jabatan.getText(),username.getText(),password.getText());
    tampildata();
    }

  8. Yoppy says:

    sudah bisa mas ternyata salah pada script sql nya :D

  9. Agung Sulistyanto says:

    Mantap Mas Yoppy, sukses selalu.. maaf blm sempat saya tanggapi.. :-)

  10. Awam says:

    JDate Chooser saya kok error ya? pesan error nya: “failed to create an instance of com.toedter.calender.JDateChooser.class
    Mohon bantuannya. Terima kasih.

  11. yudhis says:

    tanya gan, kalau di textbox nya jcalendar itu ditulis string jadi tetep masih bisa tembus kan?

    • Bisa, asalkan parameter yang diterima jcalendar di set sebagai String juga. Karena parameter yang dikirim aplikasi dan parameter yang diterima jcalendar harus tipe data yang sama.

      Semoga membantu.

      • yudhis says:

        jadi gini gan, di jcalendar kan ada tombolnya tuh buat ngisi tgl nya

        nah kasusnya tuh si user gak memasukkan tanggal lewat tombol tsb, tapi lewat textbox disamping tombol tsb
        dan dia isi dengan huruf

        itu gimana ya?

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.