Memecah dan Menggabungkan File Menggunakan HJ-Split

Memecah dan Menggabungkan File Menggunakan HJ-Split

Pernah mendapatkan masalah saat ingin mengunggah file tapi terlalu besar? Atau ingin memindah data melalui flashdisk tapi ukuran file terlalu besar daripada ukuran kapasitas…

Pernah mendapatkan masalah saat ingin mengunggah file tapi terlalu besar? Atau ingin memindah data melalui flashdisk tapi ukuran file terlalu besar daripada ukuran kapasitas flashdisk? Salah satu cara untuk mengatasi hal itu adalah membagi file berukuran besar tersebut menjadi sub-file yang lebih kecil alias memecahnya menjadi bagian yang kecil agar lebih mudah dipindahkan. Apa file itu tidak rusak? Tentu tidak, file tersebut walaupun sudah dipecah-pecah menjadi beberapa bagian, tapi pada saat digabungkan kembali file tersebut tidak akan rusak.

Ada sebuah aplikasi bernama HJSplit yang bisa berguna untuk melakukan hal-hal seperti di atas. Aplikasi ini hanya berukuran tak lebih dari 200Kb tapi fungsinya ampuh untuk menangani file besar. Selain untuk Windows, HJSplit juga menyediakan versi untuk Linux. Website dan tautan untuk mengunduh secara gratis silahkan di lihat di http://www.hjsplit.org/

Tampilan Awal HJ Split

Penggunaannya pun mudah, tanpa perlu melakukan instalasi Anda bisa langsung menjalankan aplikasi tersebut.

File Split

File split merupakan fitur yang digunakan untuk memecah file menjadi bagian-bagian kecil. Anda bisa menentukan berapa ukuran file pecahannya nanti. Untuk membukanya tekan tombol Split pada aplikasi HJSplit.

Membuka Splite File

Masukkan file yang ingin Anda pecah menjadi beberapa bagian melalui tombol input file, lalu output file akan secara otomatis ditentukan aplikasinya. Anda bisa merubah direktori output sesuai dengan keinginan. Kali ini Penulis mencoba menggunakan file video berukuran kurang lebih 700Mb, kemudian pecah menjadi file berukuran 200Mb. Pengaturan ukuran bisa menggunakan satuan Kilobyte atau Megabyte, tergantung kebutuhan.

Klik Start untuk memulai proses File Split, dan tunggu hasilnya. Lamanya proses tergantung dengan ukuran file aslinya. Setelah selesai, akan ada file yang sudah terpecah menjadi beberapa bagian. Nama file tidak berubah namun ada tambahan semacam urutan angka dibelakangnya untuk menandakan urutan file yang dipecah.

Tampilan Hasil Splite File

Sampai proses ini Anda bisa mendistribusikan file dengan lebih mudah asal keseluruhan file harus dijaga. Jika 1 file saja hilang maka file tidak bisa dikembalikan seperti semula.

File Join

Menggabungkan file hasil pecahan tadi lebih mudah lagi menggunakan fitur File Join. Buka fitur File Join menggunakan tombol Join pada aplikasi HjSplit. Lalu masukkan file awal dari pecahan file yang telah kita buat. File awal itu bernomor urut 001 pada akhir nama file.

Tampilan File Join

Tentukan tujuan output file, atau HjSplit sendiri akan menentukan tujuan output Anda. Klik Start untuk memulai proses penggabungan file. Di sini Anda tidak perlu ribet untuk memasukkan file satu per satu karena File Join akan secara otomatis melakukannya.

 

Semoga bermanfaat.

Tag:

1 Comment

Leave Comment
  1. tips windows says:

    ini yang dicari dari tadi
    thanks admin…..!

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.