Memindahkan Lokasi Data Search Index pada Windows 7

Memindahkan Lokasi Data Search Index pada Windows 7

Search Index pada Windows merupakan salah satu fitur yang disediakan untuk mempercepat pencarian suatu data pada komputer. Sebenarnya tanpa index pun pencarian data bisa…

Search Index pada Windows merupakan salah satu fitur yang disediakan untuk mempercepat pencarian suatu data pada komputer. Sebenarnya tanpa index pun pencarian data bisa dilakukan hanya saja lebih lambat daripada yang mengaktifkan index. Untuk melihat apa saja yang masuk dalam daftar index, kita bisa membukanya melalui Control Panel > Indexing Options

indexing-options

Jika index service pada Windows kita berjalan, di window tersebut akan muncul apa saja yang masuk dalam daftar index. Di sini kita akan memindahkan data search index pada Windows 7 ke lokasi yang berbeda. Secara default, lokasi data search index ada pada direktori (hidden directory) C:\ProgramData\Microsoft\Search\Data. kita bisa mengganti direktori tersebut dengan direktori yang sesuai dengan keinginan kita.

Caranya, pada window Indexing Options tadi, pilih Advanced.

index-location

Kemudian, untuk memilih lokasi yang baru pilih Select New, dan tentukan folder yang akan dijadikan tempat data.

browse-index

Setelah menentukan lokasinya, klik OK. Setelah itu Windows Search Service akan melakukan restart dan index akan dibangun kembali di tempat yang baru.

Sebenarnya tidak ada pengaruh terhadap kecepatan performa pencarian dengan pemindahan data index pencarian ini. Hanya saja mungkin berguna untuk mengantisipasi jika ada masalah pada partisi C kita, dan data index tidak terpengaruh oleh masalah tersebut.

Semoga bermanfaat.

Tag: , ,

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.