Memotong Foto Lebih Rapi dengan Pen Tool dan Channel Masking

Memotong Foto Lebih Rapi dengan Pen Tool dan Channel Masking

Tutorial Information

ProgramAdobe Photoshop
VersionCreative Suite (CS)
DifficultyPemula
Estimated Time30 Menit
DownloadClick this link

Pendahuluan Memotong sebuah foto dan mengganti background-nya adalah merupakan salah satu pekerjaan dasar dalam menggunakan software grafis Adobe Photoshop. Tetapi untuk memotong foto secara lebih rapi dan…

Pendahuluan

Memotong sebuah foto dan mengganti background-nya adalah merupakan salah satu pekerjaan dasar dalam menggunakan software grafis Adobe Photoshop. Tetapi untuk memotong foto secara lebih rapi dan detail sampai pada bagian rambut tentunya membutuhkan kerja sedikit ekstra. Berikut akan saya jelaskan tutorial untuk memotong foto secara lebih rapi dengan menggunakan dua cara utama yaitu Pen Tool dan Channel Masking. Untuk mengikuti tutorial ini saya asumsikan bahwa Anda sudah mengerti untuk menggunakan Pen Tool, minimal dasar penggunaannya. Baiklah mari kita mulai :) .

Tutorial

  1. Buka file gambar “sample photo.jpg” yang sudah Anda unduh pada link di Detail Tutorial.
    buka file

    Buka File Gambar

  2. Mari kita mulai untuk memotong fotonya, pilih Pen Tool  pada ToolBox di sebelah kiri layar kerja Adobe Photoshop. Pen Tool berguna untuk membuat seleksi path yang bisa diatur fleksibilitasnya sehingga dapat mengikuti alur foto yang ingin kita potong secara lebih rapi.
    pilih Pen Tool

    Pilih Pen Tool pada ToolBox

  3. Gunakan Pen Tool hanya untuk memotong foto bagian tubuh dan tangan saja. Jadi abaikan bagian rambut karena kita akan menggunakan cara Channel Masking. Oke kita zoom dulu fotonya dengan menekan  CMD dan pada keyboard (Ctrl untuk Windows) agar bisa menggunakan Pen Tool lebih presisi. Mari mulai gunakan Pen Tool, klik dan tahan sampai titik path-nya mengeluarkan lengan node mengikuti alur bagian yang ingin kita potong. Terus klik dan klik lagi untuk menambah titik-titik path, Tahan Spasi (Space) untuk mengganti ke Hand Tool secara cepat dan geser fotonya dengan men-klik pada mouse.
    Menggunakan Pen Tool

    Menggunakan Pen Tool

    Note :
    Gunakan dan tahan Alt untuk mengubah posisi lengan node.
    Gunakan dan tahan CMD (Ctrl pada Windows) untuk memindah posisi titik-titik path.Tekan CMD+Z untuk men-undo langkah Anda HANYA satu kali kebelakang.
    Lanjutkan dengan Alt+CMD+Z untuk men-undo langkah Anda berkali-kali ke belakang (hanya sampai 27 langkah/history).

  4. Terus lanjutkan path-nya mengikuti alur foto yang ingin Anda potong. Sambungkan path-nya dengan titik node yang Anda buat pertama kali. Seleksi path kurang lebih akan seperti pada gambar.
    Seleksi Path

    Seleksi Path

    Note :
    Ingat! Pada bagian rambut biarkan path-nya tidak rapi karena kita menggunakan cara Channel Masking untuk memotongnya.

  5. Oke setelah path-nya sudah tersambung, kondisi tool tetap pada Pen Tool silahkan klik kanan dan pilih opsi Make Selection dan isikan Feather Radius dengan 0.2 pixels lalu tekan OK. Setelah itu akan muncul garis seleksi putus-putus menggantikan garis path.
    make selection

    Make selection > isi Feather Radius

  6. Agar bisa dihapus background-nya kita harus mengubah layer background yang terkunci menjadi layer biasa. Dengan cara pada menu LAYERS disebelah klik dua kali pada layer bar background. Akan muncul popup “New Layer”,silahkan ganti nama layer menjadi “photo”.
    ubah nama layer

    Ubah Layer Background Terkunci Menjadi Biasa

  7. Untuk menghapus pada bagian background-nya, silahkan pilih menu Select > Inverse pada Menu Bar.
    Inverse

    Select > Inverse

  8. Maka akan muncul garis seleksi yang baru, silahkan tekan tombol Delete pada keyboard. Bagian background akan terhapus dan hanya menyisakan bagian foto yang kita inginkan. Pilih menu Select > Deselect untuk menghilangkan garis seleksinya.
    Hapus Background

    Menghapus Background

  9. Selanjutnya lakukan cara memotong dengan Pen Tool lagi untuk bagian di sela-sela tangan dan jari. Lihat titik merah pada gambar.
    titik merah

    Titik Merah

  10. Path-nya sudah tersambung, klik kanan dan pilih opsi Make Selection dan isikan Feather Radius dengan 0.2 pixels lalu tekan OK. Langsung saja tekan Delete karena pada bagian itu yang ingin kita hilangkan. Lakukan langkah ini juga pada bagian sela jari.
    Make Selection > isi Feather Radius

    Make Selection > isi Feather Radius

  11. Selanjutnya kita fokus untuk memotong bagian rambut. Kali ini menggunakan cara Channel Masking. Pilih menu CHANNELS disebelah kanan layar kerja Anda. Akan muncul tampilan list 4 layer yaitu : RGB, Red, Green dan Blue. Prinsip Channel Masking adalah dengan memilih salah satu dari 3 layer (Red, Green atau Blue) yang mana kontras warna rambut dan background lebih menonjol. Pada kasus ini saya memilih layer Blue karena kontrasnya lebih tinggi (warna rambut lebih gelap dan background tetap putih).
    Memotong Rambut

    Memotong Rambut Menggunakan Channel Mixer

  12. Buat duplikat layer Blue dengan cara klik dan drag menuju icon New Layer (disebelah kiri icon Delete). Maka otomatis akan membuat layer baru yaitu layer Blue Copy. Kita akan bekerja untuk membuat Mask-nya pada layer ini.
    duplikat copy

    Duplikat Layer Blue

  13. Kita akan blok warna hitam pada bagian tubuh, muka, sedikit rambut dan tangan. Untuk melakukan ini saya menggunakan Pen Tool. Setelah garis seleksi aktif, tekan Alt + Delete untuk mem-blok warna hitam (dengan catatan : warna foreground-nya sudah di sett dengan warna hitam. Lihat pada gambar!).
    Memblok warna hitam

    Memblok Warna Hitam pada Bagian Tubuh

  14. Oke bagian tubuh sudah diblok dengan warna hitam,selanjutnya bagian rambut. Untuk itu dibutuhkan sedikit ketelitian, mari ambil nafas dulu :). Untuk selanjutnya pilih menu Image > Adjustments > Levels pada Menu Bar.
    memblok warna hitam bagian rambut

    Image > Adjusment > Levels

  15. Akan terbuka popup menu Levels, pilih icon sample in image to sett Black Point. Lihat pada gambar!
    Atur Point Black

    pilih sample in Image to sett Black point

  16. Kursor mouse kita akan berubah menjadi pipet berwarna hitam. Klik pada bagian rambut yang dirasa masih belum terblok hitam secara sempurna. Lihat titik-titik merah pada gambar dan perubahannya menjadi lebih hitam setelah diklik pada bagian-bagian tersebut. Jika dirasa sudah maksimal, silahkan tekan OK.
    klik pada rambut yang belum terblok

    Klik pada Rambut yang Belum Terblok

  17. Pada bagian ujung-ujung rambut pastinya masih belum terblok sempurna dengan warna hitam. Lanjutkan pada ToolBox pilih tool Burn Tool dan set ukuran brush-nya dengan 20 pixels. Sapukan pada bagian ujung-ujung rambut hingga terblok dengan warna hitam sempurna. Lihat pada gambar untuk hasil maksimal tampilan bloknya.
    Blok dengan brush

    Blok dengan Burn Tool pada ujung rambut

  18. Oke setelah kita lihat sudah terblok sempurna pada bagian rambut, selanjutnya mengaktifkan garis seleksi dengan menekan CMD+klik kiri (Ctrl untuk Windows) pada kotak avatar layer Blue Copy. Maka garis seleksi akan aktif, selanjutnya pindah pada tab menu LAYERSdan klik pada layer photo. Bila benar gambar foto akan kembali berubah menjadi berwarna dan garis seleksi tetap aktif.
    Ubah menjadi gambar berwarna

    Ubah Menjadi Gambar Berwarna

  19. Selanjutnya pilih menu Select > Modify > Feather pada Menu Bar. Otomatis akan membuka popup menu Feather Selection. Isikan Father Radius-nya dengan 0.2 pixels lalu tekan OK. Selanjutnya tekan Delete pada keyboard untuk menghapus background-nya. Done! Kita telah berhasil memotong pada bagian rambut secara lebih rapi dan detail.
    hasil potongan dengan rapi

    Hasil Potongan

  20. Silahkan buka lagi file “Background.jpg” yang sudah Anda unduh tadi. Drag gambar background-nya dan tempatkan pada layer dibawah layer “photo”. Sedikit retouch pada foto, pertama pilih menu Image > Adjustments > Curves pada Menu Bar dan isikan Output-nya dengan 130 dan Input-nya dengan 150 lalu tekan OK. Yang kedua pilih menu Image > Adjustments > Levels dan isikan input kolom yang tengah dengan 0.81 lalu tekan OK.
    retouch pada hasil potongan

    Retouch pada Hasil Potongan

  21. Yeah! Selesai, simpan file-nya dengan menekan CMD+S (Ctrl untuk Windows) atau pada Menu Bar pilih File > Save.
    Simpan gambar

    Hasil Akhir

Penutup

Bagaimana, cukup mudah bukan? memang dibutuhkan sedikit ketelitian dan kesabaran dalam proses path-nya dan memblok warna hitam untuk cara “Channel Masking”. Terus mencoba dan pahami setiap prosesnya, lama-kelamaan Anda akan menjadi mahir. Practise make Perfect, right?

Tag: , , , ,

38 Comments

Leave Comment
  1. Bruce says:

    I really like how treecore explain it in detail, keep up the good work bud! :)

  2. Adry says:

    makasih banget nyh artikelnya sangat membantu,,he,, by the way,,,untuk foto yang banyak orangnya misalnya foto alumni sekolah gimana ya caranya??

    kan potongannya kecil kecil juga,,,kurang lebih kasusnya sama dengan rambut di foto contoh…bisa langsung pake masking2 itu ga??he

    terima kasih..

  3. treecore says:

    Adry @ Masking lebih tepat digunakan untuk memotong foto dgn background polos (atau satu warna). Jika pada bagian rambut, background belakangnya satu warna bisa lgsung digunakan teknik masking.

  4. farock says:

    :D
    makasih gan, ini tutorial yg saya cari selama ini..

  5. Frz says:

    waduh gan…. di cs 5 kok gak ada burn tool sih..!!

  6. wendra says:

    lam knal gan..bsa gk agan buat kn buku tutorial dn bisa di downdload mlalui hp dan d pindah kan ke laptop?..mklum gan.. blum punya modem,ha.ha..mks…salam..

  7. wasis says:

    thanks, atas bagi2 ilmune mas bro

  8. iponk says:

    nilai output 130 dan input 150 lalu nilai tengahnya 0,81 untuk image adjustment level, dari mana nilai tersebut ditentukannya mas?

    • treecore says:

      iponk : tidak ada keharusan untuk nilai output/input-nya sebesar itu; anda bebas mengatur nilainya sendiri. Kira2 tone warna kulitnya dirasa bagus ato kurang silahkan gunakan “sense” anda sendiri :)

  9. Alamak … bagus sekali …kirain ada plug-in khusus buat edit rambut … ternyata cuma dengan sedikit kesabaran jadi jg helai per helai rambut … makasih bro …

  10. bro cara drag gambarnya gimana ya??

  11. mas bro klo mw menaro foto yang kita potong trus di tarok ke foto laen gimana bro????:)

  12. Aqli Syahbana says:

    Varian dari Lasso Tool (L), yaitu Magnetic Lasso Tool dapat pula digunakan untuk selecting area tertentu. Tool ini secara smart akan mendeteksi edge / pinggiran / batas yang akan di-select tersebut dengan ketentuan antara lain; memiliki tingkat kekontrasan yang tinggi; dan atau memiliki perbedaan warna yang cukup kentara. Dalam hal ini pada poin 9 di atas, Magnetic Lasso Tool dapat diterapkan. Jika kondisi pinggirannya terlalu samar atau bergradasi tinggi, kita dapat sesuaikan secara manual untuk menandai batasnya dengan cara klik kiri pada mouse.

  13. wah hasilnya sangat rapi. jadi termotivasi nih. thanks

  14. keren gan jdi pngen nyoba nih… ;)
    sukses truz ye gan.. :)
    slam knal dri ane gan :)

  15. wah, kren gan jdi pngen nyobain noh.. ;)
    sukses truz ye gan :)
    slam knal dri ane :)

  16. andi says:

    Hasilnya keren bro..gw baru mau belajar photoshop nech..mohon pencerahannya bro,klo potong gambar dan d satukan lg dgn foto yg sama gmana ya bro??

  17. ugi says:

    Mantap Gan….!!!

  18. Rudi says:

    Makasih infonya. Ini yg saya cari-cari… se x lagi makasih.

  19. arief says:

    bro gue kok gk bisa ngedrag backround,,
    udah gue drag malah buka layer berikutnya gue pake’ PScs4

  20. Roxana says:

    The other day, while I was at work, my cousin stole
    my iPad and tested to see if it can survive a thirty foot drop, just so she can be a youtube sensation.

    My apple ipad is now broken and she has 83 views. I know this is entirely off
    topic but I had to share it with someone!

  21. bobick Hated says:

    wew…. makasi banget gan info nya…. sangad sangad membantu nih…. trus share ilmu ya gan :D

  22. putra dewe says:

    wah mantaf gan walaupun aku pake CS 3 hasilnya cukup memuaskan, thank gan, di tunggu kunjungan baliknya

  23. Nina says:

    loh kok aku belum berhasil sampai yg bawah :(, cuman bisa yang ngecrop doang itu juga kalau di save bentuk fotonya kotak. Pengennya bisa ngikutin supaya bisa masukin foto itu ke foto yg lain, ada saran? thx infonya bermanfaat banget ;)(y)

  24. munir says:

    gan ane newbie ne kok habis yang seleksi memakai pen itu , pilihan inverse nya gk mw di klik y :/ pusyiinng

  25. andri mangkliss says:

    Bingung Gua… Sorry gw pemula. Mang Ga ada Video’nya

  26. pusber says:

    mantap bro.. nanti saya coba

  27. Samuel says:

    Sangat detail dan jelas.

    Powerful tutorial.

    Thanks!

  28. lintang says:

    susah…..

  29. YobertParai says:

    nyimak aja nih, ribet liatnya, saya emang kurang bisa di bindang ini :D

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.