Memperbaiki Startup Windows Karena Partisi Sistem Windows 7 yang Terkompres

Memperbaiki Startup Windows Karena Partisi Sistem Windows 7 yang Terkompres

Beberapa waktu yang lalu Bisa Komputer sudah membahas tentang compress drive sebagai salah satu cara menghemat kapasitas harddisk. Pada dasarnya semua partisi bisa dikompres…

Beberapa waktu yang lalu Bisa Komputer sudah membahas tentang compress drive sebagai salah satu cara menghemat kapasitas harddisk. Pada dasarnya semua partisi bisa dikompres termasuk partisi sistem Windows atau biasanya berupa partisi C. Tapi konsekuensinya, saat drive C kita kompres sistem bisa mengalami kerusakan yang bisa berakibat tidak bisa startup.

Lalu bagaimana jika sudah terlanjur dikompres? Dan bagaimana jika sudah terlanjur tidak bisa startup masuk ke Windows? Jangan panik dulu, ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk memperbaiki permasalahan tersebut.

Menggunakan Repair Windows

Sebelum Anda frustasi lalu menginstall ulang Windows, lebih baik coba dulu menggunakan fasilitas Repair Windows. Siapkan installer Windows 7, bisa dalam media DVD maupun USB flashdisk dan lakukan booting dari media tersebut. Pada saat muncul jendela instalasi, pilih Repair your computer.

Tampilan Repair Windows

Akan muncul jendela system recovery options yang memberikan pilihan untuk melakukan recovery. Pilih sistem operasi Windows yang muncul, lalu klik Next.

Memiih Sistem Operasi Windows

Saatnya memilih Recovery Tool. Anda bisa menggunakan dua tool untuk mencoba memperbaiki permasalahan ini. Jika Windows Anda tidak bisa startup saat booting, pilih Startup Repair, lalu ikuti instruksi selanjutnya. Jika startup Windows sudah berjalan normal tapi masih ada ketidakberesan dalam sistem, coba lakukan Recovery Windows menggunkan System Restore. Inilah pentingnya mengapa Anda harus membuat restore point untuk berjaga-jaga agar suatu saat ingin mengembalikan sistem ke kondisi normal.

Memilih Recovery Tool

Uncompress Drive secara Manual

Berhubung kerusakan sistem disebabkan karena partisi Windows yang terkompress, cara lain untuk memperbaikinya adalah melakukan uncompress secara manual pada partisi tersebut. Caranya hampir sama dengan cara Repair Windows di atas. Hanya saja pada jendela System Recovery Options, pilih Load Drivers dan klik OK pada kotak dialog Add Driver.

Pilih Load Drivers

Nanti muncul partisi-partisi yang ada pada komputer Anda. Pilih partisi Windows (biasanya partisi C: ) >  klik kanan > pilih properties.

Memilih Partisi

Pada tab General, hilangkan tanda centang pada bagian Compress this drive to save disk space, klik Apply. Selanjutnya pilih untuk seluruh files, folders, dan subfolders agar seluruh isi partisi Windows di-uncompress.

Hilangkan Tanda Centang

Tunggu sampai proses uncompress selesai dan tutup instalasi Windows lalu restart untuk mengetahui hasilnya.

Tidak ada jaminan bahwa cara-cara tersebut berhasil 100%, mungkin butuh mengkombinasikan cara di atas atau bahkan melakukan recovery sistem berulang-ulang. Semoga bermanfaat.

Tag: , , , , ,

12 Comments

Leave Comment
  1. atep says:

    Klo pas tekan tombol power terus ngga bisa booting,ada pesan internal HDDerror!
    Itu karena apa y?harddisknya rusak atau badsector atau kenapa harddisknya?solusinya ganti harddisk y?terimakasih,

  2. Nugie says:

    Sebenarnya kejadian tidak bisa boot pada saat compress harddisk itu tidak akan terjadi asalkan pada saat menginstall windows pertama kali, partisi System Reserved ada (dibuat otomatis pada saat membuat partisi baru)

  3. red says:

    hallo, mau tanya…
    apa data yg di simpan selain di drive C (misal D dan E) akan terhapus atau tetep aman klo kita menjalankan system recovery option??
    Dan sbelumnya saya ga tau apa system recovery sudah diaktifkan atau belum sedangkan laptop saya udah terlanjur ga mau masuk windows..

  4. hary says:

    Gan sya mau tnya….!! Stelah sya mmindahkan smua file di drive C ke drive D, smua program yg sya instal hlang smua….!! Trs sya kmblikn lg tp skrg laptopx gk bsa start up…!! Gmana crax biar laptop sya kmbli kyak awal lg…?? Mohon pencerahannya y gan….!! N tlg krm k email sya y gan….!!

  5. haidar says:

    terima kasih sangat

  6. rachmanto says:

    selamat pagi master…
    laptop saya acer…kejadian persis sama diatas…tetapi semua usaha tsb nihil….laptop saya tetap bandel di install ulang juga gak bisa..padahal hardisk ke detec di BIOS…apanya yg rusak ya…

  7. alfian indrawan says:

    Saya coba booting melalui usb flashdisk tapi muncul di prompt (Missing Operating System) padahal di usb saya sudah ada windows home premiumnya. Ini bagaimana mas? Help me..

  8. choki says:

    Mas kl setelah di driverny partisi trus laptop win8 ndak bisa start up itu karna apa ya? Ada comment c:/win32 error. Gmana memperbaikinya? Trus data yg ada di laptop bisa di selamatkan ndak, mohon bantuannya…. choki.itm@gmail.com

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.