Menambahkan Comment Box di Tumblr

Menambahkan Comment Box di Tumblr

Seperti yang kita tahu, Tumblr tidak menyediakan fitur Comment Box pada post. Platform ini hanya menyediakan fitur Reply yang memfasilitasi pembaca memberikan komentar satu…

Seperti yang kita tahu, Tumblr tidak menyediakan fitur Comment Box pada post. Platform ini hanya menyediakan fitur Reply yang memfasilitasi pembaca memberikan komentar satu kali tanpa bisa ditanggapi oleh pemilik blog. Fitur lain untuk berinteraksi hanyalah Ask Anything dan Messages, namun keduanya tidak bekerja seperti Comment Box pada platform blog lain.

Lalu bagaimana jika pemilik blog ingin berinteraksi dengan pembaca secara leluasa? Gunakanlah Disqus, sebuah layanan sistem komentar yang dapat ditambahkan sebagai widget di Tumblr. Secara resmi, staf Tumblr sendiri sudah memberitahukan bahwa jika pengguna ingin menambahkan Comment Box pada blognya, silahkan gunakan layanan yang disediakan Disqus.

Tampilan Disqus

Tampilan Disqus

Susahkah menghubungkan Disqus dan Tumblr? Jawabannya adalah sangat mudah. Hanya dalam waktu lima menit, Tumblr Anda sudah akan memiliki Comment Box.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah pergi ke web Disqus di https://disqus.com/ , klik menu Get This On Your Site tersebut lalu akan muncul box yang meminta Anda menuliskan URL blog, nama blog, dan shortname blog Anda di box yang sudah disediakan. Secara otomatis Disqus akan menampilkan shortname blog Anda, namun alangkah baiknya jika Anda menentukan sendiri shortname terebut.

Register site

Isi Register site

Selanjutnya Anda akan diminta untuk memilih platform mana yang akan dipasang Disqus, dalam hal ini pilihlah Tumblr.

Pilih Tumblr

Memilih Platform

Berikutnya silahkan log in ke blog Tumblr anda dan pilih menu Customize Theme. Pada bagian Appearance, masukkan Shortname yang sudah Anda pilih sebelumnya ke dalam box Disqus Shortname. Lalu klik Save.

Appearance Disqus

Tampilan Appearance Disqus

Mudah dan singkat, bukan? Anda tidak perlu menunggu proses verifikasi karena secara otomatis Comment Box akan terpasang dan Anda dapat berinteraksi dengan pembaca secara leluasa.

Tag: , , , ,

6 Comments

Leave Comment
  1. ja'far says:

    thanks gan,,,

    ane nak baru di tumblr….

  2. For newest information you have to go to see web and on web I found this
    website as a finest website for most recent updates.

  3. DarK_m00n says:

    Udah selesai, tapi kok tetep ndak muncul ya, kotak komentarnya?

  4. aswin says:

    makasii sebelumnya :3

  5. atha says:

    thanks a loooott
    sekarang tumblr aku bisa di komen2 deh hehehe

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.