Menambahkan Repository Ubuntu OneiricOcelot Online dan Offline

Menambahkan Repository Ubuntu OneiricOcelot Online dan Offline

Pengalaman berbeda akan Anda dapatkan ketika menggunakan sistem operasi Linux dengan berbagai variannya, termasuk salah satu distribusi Linux yang paling populer saat ini, yaitu…

ubuntu

ubuntu

Pengalaman berbeda akan Anda dapatkan ketika menggunakan sistem operasi Linux dengan berbagai variannya, termasuk salah satu distribusi Linux yang paling populer saat ini, yaitu Ubuntu yang selalu mendapat ranking teratas di distrowacth.com. Ketika hendak menginstall sebuah program aplikasi paket program yang ada, seringkali membutuhkan paket lain yang harus Anda install sebelumnya. Ubuntu menyediakan fasilitas instalasi yang sangat nyaman bagi pengguna, namun sayangnya bisa berubah menjadi tidak nyaman karena Anda membutuhkan koneksi Internet untuk mengakses server repository.

Jika memiliki koneksi Internet yang cukup memadai untuk mengakses kemudian mengunduh file program aplikasi yang Anda inginkan untuk ditambahkan sebagai pelengkap dari sistem operasi Ubuntu Anda, maka Anda akan membutuhkan sebuah list dari server-server yang ada di Indonesia. Setidaknya dengan memiliki koneksi internet anda bisa dengan leluasa menambahkan program yang Anda inginkan. Di bawah ini Penulis paste-kan daftar alamat repository dari kambing, dan untuk informasi lebih jauh tentang daftar repository lokal indonesia bisa merujuk ke sini

deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ oneiric main restricted universe multiverse
deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ oneiric-updates main restricted universe multiverse
deb http://kambing.ui.ac.id/ubuntu/ oneiric-security main restricted universe multiverse
deb http://ppa.launchpad.net/mozillateam/firefox-stable/ubuntu oneiric main

Kumpulan repository berisi 4 sampai 7 keping DVD (tergantung dari versi Ubuntu) sudah lengkap berisi  main, restricted, universe, dan multiverse, Anda dapat langsung menggunakan DVD tersebut sebagai repository dari sistem yang Anda miliki dan melakukan instalasi program dari semua DVD tersebut dengan mudah.

Instalasi program melalui synaptic:

  • Buka Synaptic melalui System > Administration > Synaptic Package Manager
  • Pada synaptic Package Manager, pilih Settings > Repositories kemudian Add Cdrom lalu masukkan DVD repository  ke DVD-ROM dan tunggu sampai scaning CDROM selesai
    synaptic

    Bisakomputer - Synaptic

Untuk melakukan instalasi sebuah program dengan menggunakan terminal (Command Line Interface), Anda bisa mengikuti perintah dibawah ini:

sudo apt-get install namaaplikasiyangingindiinstall

Sebagai contoh jika ingin menginstall aplikasi pengolah gambar/photo yang bernama gimp, maka  perintahnya sebagai berikut:

sudo apt-get install gimp

Untuk mendapatkan repository DVD dari Ubuntu, Anda bisa menghubungi beberapa penjual DVD repository tersebut dan tentunya Anda akan dikenakan biaya yang tidak begitu mahal selayaknya harga program yang ada dalam keping DVD tersebut, karena penjual biasanya hanya meminta pengganti ongkos lelah dan biaya pencetakan dari file ke cakram DVD.

Berikut ini adalah beberapa daftar penjual repo:

  1. http://toko.baliwae.com
  2. http://gudanglinux.com
  3. http://juragan.kambing.ui.ac.id

Untuk melakukan instalasi program dengan keping DVD, cukup dengan memasukkan DVD ke dalam pemutar DVD. Tapi bagaimana jika yang Anda dapatkan adalah file  berisi repository dalam sebuah folder, atau jika file di DVD yang sudah dibeli hendak dibuat menjadi satu file dalam sebuah folder? Berikut akan Penulis paparkan langkah demi langkah untuk membuatnya bisa dikenali sebagai repository.

Diasumsikan file repository yang sudah diunduh atau dengan cara lain Anda mendapatkannya berada dalam sebuah folder.

  1. Buatlah folder bernama repo dalam media Anda (D), dengan klik kanan kemudian create new folder dan beri nama repo, maka lokasi folder tersebut jika diakses melalui terminal berada di alamat /media/D/repo.
  2. Pindahkan folder repository yang sudah anda miliki kedalam folder repo yang sudah Anda buat tadi.
  3. Buka terminal dengan klik application > accessories > terminal.
  4. Sekarang ubah isi dari list repo di dalam sistem dengan menggunakan bantuan editor gedit, seperti perintah sebagai berikut:
    sudo gedit /etc/apt/sources.list
  5. Hapus atau backup semua isi dari file sources.list dan ganti dengan script berikut”
    deb file:///media/D/repo/ oneiric main restricted universe multiverse
    repository ubuntu

    Bisakomputer - Repository Ubuntu

  6. Simpan dan tutup jendela gedit anda sehingga akan kembali ke terminal
  7. Ketikkan perintah dibawah ini untuk melakukan update
    sudo apt-get update
  8. Repo Offline sudah siap digunakan

Penjelasan untuk point 5

  • Deb : wajib ketika memasukkan repo baik secara online maupun offline untuk distribusi Linux Debian dan turunannya
  • file:/// : Jika secara online kita biasa menggunakan http:// sebagai protokol untuk meminta dan menjawab antara client dan server, maka file:/// adalah protokol secara offline
  • /media : nama tempat partisi dari media storage berada
  • /D adalah partisi dari hardisk anda, dan masing-masing orang menamai partisi hardisknya dengan nama berbeda dan tentunya jika yang anda miliki berbeda maka dibutuhkan modifikasi dalam script repo diatas sesuai dengan nama partisi tempat anda membuat folder repo.
  • /repo : nama folder yang telah dibuat sesuai dengan petunjuk di point 1
  • oneiric : nama kode dari release Ubuntu
  • main restricted universe multiverse : merupakan section dari repository Ubuntu

Demikianlah langkah-langkah untuk menambahkan repository pada Ubuntu OneiricOcelot baik secara online maupun offline. Anda bisa segera mencobanya pada komputer Anda.

Tag: , , ,

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.