Menambahkan Tekstur Flashing Light pada Foto Menggunakan Photoshop

Menambahkan Tekstur Flashing Light pada Foto Menggunakan Photoshop

Flashing light umumnya ditemui pada foto-foto jepretan kamera DSLR yang diatur dalam berbagai setting sehingga menghasilkan efek cahaya tertentu. Nah, flashing light ini juga…

Flashing light umumnya ditemui pada foto-foto jepretan kamera DSLR yang diatur dalam berbagai setting sehingga menghasilkan efek cahaya tertentu. Nah, flashing light ini juga bisa digunakan untuk menambahkan kesan urban pada sebuah foto. Flashing light yang kebanyakan warnanya kuning kemerahan dan berupa garis-garis membentuk pola zig-zag ini ternyata juga hadir dalam berbagai warna lain serta pola yang beragam. Dalam tutorial kali ini, dengan menggunakan Adobe Photoshop, kita akan mencoba mempercantik tampilan sebuah foto.

  1. Siapkan 1 foto terbaik Anda, atau gambar apapun yang ingin diedit. Dalam tutorial ini, penulis akan gunakan foto untuk diedit. Buka file foto tersebut melalui Photoshop.
    membuka foto

    Menyiapkan foto

  2. Biar cantik, tentunya tetap edit foto supaya ketajaman warna tetap terjaga dan hasilnya lebih enak dipandang. Tidak perlu terlalu rumit, pilih Image > Adjustments > Curves atau tekan Ctlr + Magar warna asli lebih menonjol.
    tampilan curves

    Tampilan Curves

  3. Kemudian, masukkan tekstur flashing light yang dimaksud. Sebelumnya silahkan download tekstur flashing light yang diinginkan, bisa googling (keyword: light texture) atau download di deviantART. Buka file-nya dan copy (Ctlr + C ) tekstur serta paste (Ctlr + V) di atas filefoto. Kalau ukuran tekstur lebih kecil atau lebih besar daripada foto, sesuaikan hingga ukuran menyamai foto.
    memasukkan tekstur flashlight

    Memasukkan Tekstur Flashlight

  4. Berikutnya ubah mode layers menjadi mode Screen dengan klik pada tab Layers seperti di bawah ini.
    mengubah mode layers

    Mengubah Mode Layers

  5. Setelah mode layers diubah ke mode Screen, hasilnya adalah seperti pada gambar di bawah ini.
    tampilan setelah mengubah layers menjadi mode screen

    Tampilan Setelah Diubah Menjadi Mode Screen

  6. Merge (Ctlr + E) foto dan flash light yang sudah Anda buat.  ulangi penyesuaian curves (Ctrl + M) untuk hasil yang lebih tajam. Perlu diingat untuk tidak mengedit curves terlalu berlebihan, kulit yang terlalu putih tidak selalu bagus. Jadi pastikan foto tetap tampak senormal mungkin, curves hanya berfungsi untuk menonjolkan warna yang seharusnya.
    penyesuaian curves

    Penyesuaian Curves

  7. Terkadang setelah ditambahkan tekstur, hasilnya terasa kurang pas. Hal ini bisa diperbaiki dengan meng-crop foto hingga mencapai hasil yang diinginkan. Apabila hasil yang ditampilkan berukuran sama sisi/persegi, bisa ditampilkan sebagai avatar di akun social media Anda. Selamat mencoba!
    finishing

    Finishing Foto

Tag: ,

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.