Menambahkan Timezone pada Clock Applet Ubuntu

Menambahkan Timezone pada Clock Applet Ubuntu

Pada edisi yang terdahulu, saya pernah membagikan trik untuk menambahkan multiple clocks pada Windows 7 yang berguna untuk mengetahui waktu-waktu pada lokasi yang berbeda…

Pada edisi yang terdahulu, saya pernah membagikan trik untuk menambahkan multiple clocks pada Windows 7 yang berguna untuk mengetahui waktu-waktu pada lokasi yang berbeda pada satu waktu. Tapi bagaimana untuk pengguna desktop Unity seprti pada Ubuntu? Tentu ada juga cara yang dapat digunakan untuk menampilkan timezone tambahan melalui clock applet.

Mengatur Time & Date

Untuk mulai menambahkan timezone, kita perlu melakukan pengaturan pada Time & Date di system setting. Bukalah system setting lalu pilihlah bagian Time & Date.

Time and Date

Time and Date

Pilih tab Clock, lalu beri tanda centang pada bagian Time in other locations. Bagian ini yang nantinya akan menampilkan timezone tambahan pada applet.

Clock Setting

Clock Setting

Setelah itu klik Choose Locations untuk mulai menambahkan lokasi-lokasi timezone yang kita inginkan. Sebuah jendela untuk mengelola timezone muncul, lalu klik tanda plus (+) di bawah untuk menambah lokasi timezone yg baru. Ketikkan lokasi yang kita inginkan pada field yang tersedia sampai suggestion timezone muncul, di sini saya memberikan contoh daerah-daerah di Indonesia, misalkan Surabaya, Jawa Timur.

Select Timezone

Select Timezone

Kita dapat mengulangi cara tersebut sehingga kita dapat menampilkan banyak timezone pada applet. Ketika kita klik applet, maka multiple timezone akan muncul sesuai dengan timezone yang sudah kita tambahkan.

Added Timezone

Added Timezone

Menghapus Timezone

Anggaplah kita terlalu banyak memberikan tambahan timezone, maka yang perlu kita lakukan adalah menghapus beberapa timezone yang tidak perlu. Kembalilah ke tempat pengaturan di mana kita menambahkan timezone, klik lokasi timezone yang ingin dihapus, lalu klik tanda minus (-) untuk menghapusnya.

Delete Timezone

Delete Timezone

Dengan begitu timezone yang dihapus tidak akan muncul pada applet.

Menghilangkan Tampilan Kalender

Mungkin bagi beberapa pengguna tampilan kalender cukup mengganggu ketika applet dibuka padahal kita ingin hanya fokus pada timezone di sana. Kita dapat menghapusnya melalui pengaturan Time & Date pada tab Clock. Hilangkan tanda centang pada Monthly calendar untuk menghilangkan kalender pada clock applet.

Remove Calendar

Remove Calendar

Hilangnya tampilan kalender membuat clock applet hanya menunjukkan timezone sehingga lebih mudah untuk melihat timezone.

Penutup

Menambahkan timezone dapat berguna bagi pengguna yang aktif untuk bepergian ke banyak lokasi dan membutuhkan informasi waktu dari berbagai lokasi. Dengan menambahkan fasilitas ini, diharapkan permasalahan tersebut dapat dijawab. Semoga bermanfaat.

Tag: , , , , , , , , , , , ,

3 Comments

Leave Comment
  1. Sudah lama ga upgrade Ubuntu nih…

  2. niton says:

    edit-editan video yang menarik hati

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.