Mencatat Transaksi Keuangan Pribadi dengan NgaturDuit

Mencatat Transaksi Keuangan Pribadi dengan NgaturDuit

Baru tengah bulan tapi isi dompet hanya tinggal ribuan? Cek saldo ATM namun saldo sudah minimal? Habis untuk apa saja ya pengeluaran setelah dapat…

Baru tengah bulan tapi isi dompet hanya tinggal ribuan? Cek saldo ATM namun saldo sudah minimal? Habis untuk apa saja ya pengeluaran setelah dapat gaji atau kiriman dari orang tua? Kemana perginya uang saya? Pertanyaan-pertanyaan tersebut seringkali muncul ketika uang atau tabungan tinggal sedikit padahal masa gajian atau kiriman orang tua masih jauh tanggalnya.

Kini Anda dapat menggunakan aplikasi web bernama NgaturDuit untuk mencatat keuangan pribadi Anda. Dengan slogan “Manajemen Keuangan Pribadi Menjadi Mudah”, NgaturDuit dapat diakses pada http://ngaturduit.com . NgaturDuit pertama kali diluncurkan pada awal tahun 2010 oleh Adhityo Priyambodo yg bertanggung jawab sebagai pengembang sistem dan Api Perdana bertanggung jawab terhadap pengembangan bisnis (sumber : http://tekno.kompas.com/read/2011/04/13/16095258/Mudah.Atur.Budget.Pribadi.Lewat.NgaturDuit.com)

Halaman Awal Ngaturduit

Halaman Awal NgaturDuit

NgaturDuit merupakan aplikasi gratis dimana Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menggunakan fitur-fiturnya yang penulis rasakan sangat membantu dalam mengatur keuangan pribadi. Fitur-fiturnya antara lain:

  • Pencatatan pemasukan dan pengeluaran
  • Membuat anggaran
  • Pencatatan hutang-piutang
  • Portfolio investasi reksadana
  • Rekapitulasi pemasukan dan pengeluaran bulanan, tahunan.
  • Kalkulator Zakat
  • Financal Checkup
  • Konsultasi dengan Financial Planner

Kali ini saya akan membahas tentang pencatatan transaksi pada NgaturDuit.

Pencatatan Transaksi

Pada menu transaksi NgaturDuit terdapat tiga sub-menu yaitu Transaksi, Bulanan, dan Pencarian. Masing-masing memiliki fungsi yang berbeda, namun yang utama yaitu Transaksi karena disitulah awal mula data diperoleh dari pengguna. Definisi transaksi pada NgaturDuit yaitu:

Info Transaksi

Transaksi

NgaturDuit memfasilitasi pengguna untuk mencatat transaksi harian yang meliputi pengeluaran, pemasukan, bahkan hutang dan piutang. Anda bisa mengakses menu Transaksi untuk memasukkan data transaksi hariannya, informasi yang dibutuhkan yaitu:

  • Nama transaksi           : nama dari transaksi, misal “Isi Bensin”
  • Jumlah transaksi         : jumlah dari transaksi dalam rupiah, misal “10000”
  • Kategori transaksi       : kategori transkasi, misal “Kendaraan”
  • Rekening                     : rekening asal dari uang yang digunakan dalam transaksi, misalkan “Dompet”

Transaksi

Setelah data transaksi dimasukkan akan langsung muncul di bagian bawahnya, sehingga bisa diketahui total transaksi harian Anda. Yang menarik ialah transaksi yang dimasukkan langsung muncul pada halaman karena menggunakan AJAX sehingga tidak perlu reload halaman website.

*Info : Untuk melihat transaksi pada hari lain Anda bisa mengklik salah satu tanggal pada kalender, begitu juga untuk melihat transaksi pada hari di bulan lain.

Bulanan

Pada menu transaksi ada tab Bulanan untuk mengetahui total transaksi Anda selama sebulan. Dengan demikian Anda menjadi lebih faham apa saja yang dibelanjakan atau pemasukan yang ada dari hari ke hari selama sebulan. Berikut ini adalah transaksi penulis selama bulan Agustus 2012.

Bulanan

Pencarian

Pada menu transaksi ada tab Pencarian untuk mencari data transaksi berdasarkan nama, kategori transaksi, rekening, bahkan periode waktu. Fitur ini sangat bermanfaat utamanya ketika Anda ingin mengetahui pengeluaran untuk kategori tertentu maupun untuk periode waktu tertentu. Hasil pencarian juga bisa diexport dalam format excel (.xls) maupun dalam format .pdf.

Pencarian

Kategori Transaksi

Tiap-tiap pengeluaran dan  pemasukan bisa digolongkan berdasarkan kategori dan sub-kategori. Definisi kategori pada NgaturDuit yaitu:

Info Kategori

Info Kategori

Untuk pengaturan kategori Anda dapat mengakses menu Pengaturan > Kategori. Kategori memudahkan pengguna, karena dari kategori Anda bisa mengetahui pos pengeluaran terbesar untuk bulan ini ada pada kategori mana. Kategori juga berkaitan dengan fitur anggaran yang menganggarkan dana sekian rupiah terhadap satu kategori. Bahkan bila dirasa kurang sesuai Anda bisa menambahkan kategori sendiri.

Berikut ini adalah kategori transaksi keuangan akun penulis:

Kategori

Rekening

Rekening merupakan sumber dana dimana untuk melakukan pengeluaran, secara logika bahwa uang masuk disimpan di rekening, uang keluar diambil dari rekening. Ada tiga tipe rekening, yaitu Tunai, Dompet dan Kartu Kredit. Berikut ini definisi rekening pada NgaturDuit:

Info Rekening

Pengaturan rekening dapat diakses pada menu Pengaturan > Rekening. Jumlah uang dalam rekening dapat diubah sewaktu-waktu. Hal inilah yang memang kadang membuat bingung, karena secara logika bahwa uang dalam rekening harusnya berasal dari pendapatan, bukan tiba-tiba jumlahnya bertambah atau berkurang.

Rekening

Penutup

Demikian tulisan tentang NgaturDuit, kali ini baru membahas tentang transaksi. Pada tulisan selanjutnya akan membahas tentang fitur perencanaan anggaran dan juga cerdas berinvestasi reksadana menggunakan ngaturduit. Jadi stay tune ya :)

Tag: , , , ,

16 Comments

Leave Comment
  1. Ilmu Kimia says:

    mantab ini software. yang penting kalau macam gini, privasi yang harus dijaga.

    salam.

  2. bener sekali, gak minta banyak informasi pribadi kok, sebenernya daftar ngaturduit pake nama bo’ongan juga bisa :D

  3. muhibudin says:

    gimana cara down loadnya..

  4. tosa says:

    artikelnya keren banget mas, makasih ya :)

  5. ahmad balya says:

    Thanks you mas broo

  6. ucoksh says:

    aplikasi spt ini yg sedang saya cari utk mengatur keuangan pribadi saya sehari-hari. Sepintas tidak menggunakan banyak bahasa-bahasa akuntansi yang awam sulit mengerti

  7. Saya sudah pakai ngaturduit.com, tapi kadang bingung kalau mau mencatat transaksi yang dibayarkan dengan kartu kredit agar menghasilkan laporan yang baik.

    Apakah :
    a. Membuat Account untuk Kartu Kredit tersebut baru transaksi dicatat dengan sumber dana Account Kartu Kredit tersebut
    b. Atau mencatatnya dengan kategori Kartu Kredit.

    Mohon sarannya, terima kasih

    • untuk transaksi menggunakan kartu kredit, sebaiknya masuk ke pengaturan rekening, kemudian membuat rekening baru dengan tipe “Kartu Kredit”. karena terdapat fungsi khusus untuk rekening dengan tipe kartu Kredit yaitu :
      a. pengaturan limit kartu kredit
      b. fitur “bayar kartu kredit” untuk mencatat pembayaran kartu kredit dimana sumber rekening bisa dipilih dari rekening lain yang bertipe Tunai atau Bank.

      demikian semoga membantu :)

  8. untuk transaksi menggunakan kartu kredit, sebaiknya masuk ke pengaturan rekening, kemudian membuat rekening baru dengan tipe “Kartu Kredit”. karena terdapat fungsi khusus untuk rekening dengan tipe kartu Kredit yaitu :
    a. pengaturan limit kartu kredit
    b. fitur “bayar kartu kredit” untuk mencatat pembayaran kartu kredit dimana sumber rekening bisa dipilih dari rekening lain yang bertipe Tunai atau Bank.

    demikian semoga membantu :)

  9. Herdiansyah says:

    Kereen Broo… ini yg gw cariiii… saran kedepannya bisa di download… Tengkyuuu ^_^

  10. johannes says:

    Wah sdh terjadi banyak perubahan yah di ngaturduit.com dulu pernah pakai tapi dikarenakan ribet jadi saya tinggalkan hahaha…. sekarang mau coba pakai lagi ahhh thx atas ulasannya

  11. putut says:

    keren keren.

    saran, di tambah SALDO total dong.

  12. handri says:

    mlm mas saya tertarik ini bagaimana caranya dwodlod apa online saya menggunakannya…terimakasih

  13. arifhsb says:

    salam

    sebagai pengembang yang mengedepankan
    kebutuhan konsumer yang menitik beratkan pada efisiensi,
    boleh kami dibantu dengan dapat mengunduh aplikasi offline,
    sehingga konsumer bisa mengirit biaya internet.
    dengan begitu pengembang membantu kembali konsumer yang
    tidak bisa selalu online.

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.