Mendapatkan Informasi Hardware Komputer di Ubuntu

Mendapatkan Informasi Hardware Komputer di Ubuntu

Dalam dunia komputer, perangkat keras atau biasanya dikenal dengan hardware merupakan komponen penting agar komputer bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Para pengguna baik end user…

Dalam dunia komputer, perangkat keras atau biasanya dikenal dengan hardware merupakan komponen penting agar komputer bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Para pengguna baik end user atau teknisi biasanya perlu mengetahui detail spesifikasi hardware komputer yang dipakainya. Dengan mengetahui detail hardware, maka itu dapat memudahkan proses upgrade atau maintenance hardware.

Distro Linux khususnya Ubuntu dan turunannya dikenal memiliki banyak aplikasi kecil namun fungsionalitasnya cukup tinggi terutama untuk informasi hardware yang akan kita bahas di edisi ini.

Menggunakan Hardinfo

Hardinfo merupakan salah satu aplikasi yang saya rekomendasikan untuk mendapatkan informasi hardware komputer. Selain menampilkan informasi lengkap seperti sistem, device, dan network. Jika belum terpasang pada sistem, lakukan instalasi menggunakan perintah berikut:

sudo apt-get install hardinfo

Setelah instalasi selesai buka dash pada launcher lalu ketikkan keyword system profiler and benchmark, kemudian pilih aplikasi tersebut.

System Profiler

System Profiler

Anda dapat melihat sebuah jendela yang berisi banyak informasi terkait hardware Anda. Pilihlah salah satu informasi hardware yang Anda inginkan untuk melihat detail yang nantinya akan muncul di panel sebelah kanan.

Hardinfo

Hardinfo

Jika informasi belum muncul, klik refresh agar sistem memuat ulang informasi hardware. Yang menarik adalah aplikasi ini memiliki fitur benchmark yang dapat Anda gunakan untuk menguji ketahanan dan ketangguhan komputer Anda. Fitur benchmark yang tersedia dapat Anda lihat di bagian benchmark.

Benchmark

Benchmark

Saat proses benchmark mungkin komputer Anda mengalami hang sejenak, tapi tidak usah khawatir karena proses benchmark tidak akan berlangsung lama.

Menggunakan lshw

Aplikasi alternatif untuk melihat informasi hardware adalah menggunakan lshw. Aplikasi ini tersedia dalam mode command line interface (cli) serta berbasis graphical user interface (GUI). Lakukan instalasi untuk mode cli terlebih dahulu dengan perintah:

sudo apt-get install lshw

Kemudian untuk mode gui dengan perintah:

sudo apt-get install lshw-gtk

Salah satu perintah yang digunakan untuk mengetahui informasi hardware menggunakan lshw adalah:

sudo lshw

atau jika kita ingin membuat report tentang informasi hardware berupa file html, perintahnya adalah:

cd && sudo lshw -html > report_name.html

Silahkan ganti bagian report_name dengan nama file yang Anda inginkan. File html yang kita buat tadi dapat kita buka melalui browser biasa.

Html Info

Html Info

Kesulitan dengan mode cli? Tenang saja, di atas tadi kita sudah melakukan intalasi untuk versi gui. Buka dash lalu ketikkan keyword hardware listener dan pilih aplikasi tersebut.

lshw Dash

lshw Dash

Untuk melihat informasi secara lengkap, Anda dapat melakukan double klik pada bagian panel hardware. Ketika bagian tersebut memiliki cabang lagi, maka akan muncul informasi lanjutan di panel sebelahnya.

lshw Detail

lshw Detail

Jika informasi tidak muncul, cobalah tekan tombol refresh agar informasi dapat dimuat ulang. Kemudian, sama dengan mode cli tadi, kita dapat membuat report tentang hardware dengan menggunakan toolbar Save. Anda dapat memilih format file apa saja yang dapat digunakan untuk membuat report pada jendela penyimpanan.

Save View

Save View

Dibandingkan dengan hardinfo, lshw mampu menampilkan detail yang lebih banyak namun tidak dilengkapi dengan fasilitas benchmark seperti pada hardinfo.

Penutup

Sebenarnya masih banyak aplikasi alternatif untuk melihat informasi hardware pada distro Linux, hanya saja dua aplikasi tersebut sudah cukup untuk melakukan fungsi tersebut. Pada prakteknya di sini saya menggunakan distro Ubuntu 12.04 32-bit, dan tidak menutup kemungkinan untuk distro-distro lain turunan ubuntu juga bisa digunakan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tag: , , , , ,

10 Comments

Leave Comment
  1. Ubuntu makin ramah bagi penggunanya yang masih pemula ya

  2. idcardjogja says:

    ubuntu itu sangat simple… walaupun untuk orang awam akan sangat mudah mempelajarinya

  3. I¡|m今確かではない場所を正確に 君がいる 取得あなた詳細、でもその 素晴らしい トピック。私はるか| |より多くのもっとたくさんまたは理解以上アウト位置いくつかの時間を費やす必要がありますに必要 。 素晴らしいをありがとう情報私はこのために目を光らせてするために使用される情報私の使命のために。こんにちは

  4. 私は不幸であることの印象を作成することに譲歩をしなければなりません。

  5. 、私はそれは素晴らしいことだと思います。ここで最も確かに高品質の情報。このような記事は、このウェブサイトの価値

  6. インクレディブル ブログここにレイアウト。 検索このような |それはハード良い素敵を作成していましたか?

  7. 。私は本当にあなたのブログの記事を閲覧楽しんできました。いずれにしても私はあなたのフィードを購読することだろうと私はまた、あなたがすぐに再度書き込みを願っています!どうもありがとう、私は頻繁に戻ってきてみます。メリーChrismasさん!

  8. 私は彼がを特定されるように友人から電話を得ることが光栄です。ポスト|あなたのウェブログをブラウジングは経験本当の 実際に実際にあります。専門家| 熟練ドメイン。

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.