Menemukan Gambar untuk Blog: Mengetahui Berbagai Lisensi Gambar

Menemukan Gambar untuk Blog: Mengetahui Berbagai Lisensi Gambar

Lisensi dari gambar yang Anda gunakan kadang merupakan jerat yang tidak anda sadari. Jika Anda tidak ingin tergugat karena pemakaian hak tanpa ijin, akan…

Lisensi dari gambar yang Anda gunakan kadang merupakan jerat yang tidak anda sadari. Jika Anda tidak ingin tergugat karena pemakaian hak tanpa ijin, akan menjadi hal yang penting bagi Anda untuk memahami hak cipta pada gambar ataupun foto. Beberapa hak cipta yang ada antara lain adalah rights managed, royalty free, public domain dan creative common

Right-managed images

Merupakan lisensi yang digunakan dan dimanajemen oleh penyedia gambar terkemuka, seperti beberapa diantaranya adalah Corbis dan Getty. Ketika Anda membeli gambar dengan lisensi right-managed, maka hak penggunaan gambar tersebut harus sesuai dengan tujuan awal Anda. Misalkan saja Anda membeli sebuah gambar untuk diterbitkan pada blog, maka ketika Anda menggunakan tersebut untuk diterbitkan pada buku maka Anda harus melakukan pembelian lisensi ulang.

royalty

Salah satu keuntungan yang bisa Anda dapatkan antara lain adalah mendapatkan gambar dengan kualitas tinggi, professional dan unik. Namun disisi lain hak yang Anda dapatkan tidak selamanya, jika Anda hanya melakukan pembelian foto untuk beberapa waktu saja. Selain itu, Anda pun juga harus kehilangan beberapa uang untuk melakukan pembelian foto.
Penulis sempat melakukan percobaan pembelian gambar pada getty, untuk satu gambar saja, harga yang di dapatkan mulai dari $59 atau sekitar Rp. 650.000,-

Royalty free images

Beberapa gambar ini biasanya disediakan oleh penyedia gambar seperti shutterstock, istockphoto ataupun beberapa situs lainnya. Dimana free images, bukan berarti Anda benar benar dengan bebas dapat menggunakannya karena beberapa hal yang diatur masih mengharuskan Anda mendapatkan beberapa peraturan untuk menggunakannya seperti Anda tidak bisa melakukan pengubahan terhadap gambar yang Anda miliki ataupun menjual nya kembali tanpa perizinan sebelumnya.
beberapa gambar terkadang harus Anda beli, namun tentunya dengan harga yang lebih murah daripada gambar dengan lisensi right managed images.

Capture

Namun, dibalik harga murah tersebut Anda harus siap menerima kekurangan yaitu tidak uniknya gambar tersebut. Misalnya bisa Anda bayangkan, bila orang lain ingin menggunakan gambar yang sama tentunya mereka dengan mudah pun akan menggunakan maupun memiliki karena murahnya harga yang diberikan.
Bahkan, sebuah gambar yang memiliki kualitas baik. Tidak jarang akan digunakan oleh ribuan orang lain yang memiliki content ataupun blog dengan kualitas hubungan yang sama.

Public domain images

public-domain

Merupakan gambar yang sudah sangat familiar digunakan oleh blogger, Anda dapat menggunakan gambar dengan lisensi ini tanpa perlu melakukan ataupun  meminta perijinan pada pembuat juga penyedia konten.
berdasarkan dari creative common, gambar yang bisa dikatakan public domain adalah:

  • properti intelektual yang telah mengalami kadaluarsa.
  • atau pemilik properti tersebut telah menjadikannya barang dengan lisensi tersebut.

 

Secara umum, peraturan public domain images mengacu pada peraturan hukum hak cipta Amerika serikat. Dimana sejak tertanggal 1 january 1978, setiap hak kekayaaan dilindungi hingga 50 tahun setelah kematian pembuatnya. Jadi, jika dilogikakan gambar yang dibuat sebelum 1978 maka status lisensinya masih public domain license.
Beberapa situs sering mengkategorikan antara gambar dengan lisensi public domain images dan creative common images pada bagian yang sama. Hal ini menjadi bagian penting bagi Anda untuk melakukan pengecekan sebelum melakukan penggunaan ataupun pemilihan gambar yang akan anda gunakan.

Creative common images

public domain

Kebanyakan blogger sudah faham tentang creative common images, yaitu gambar yang diijinkan oleh pemiliknya untuk digunakan baik itu di sebarkan ataupun modifikasi ulang.
keuntungan ketika anda menggunakan gambar dengan lisensi ini, anda akan memperoleh gambar yang memang benar benar bebas anda gunakan tetapi tentunya anda harus memahami beberapa pembagian lisensi yang ada pada creative common.

    • Attribution
      Jika Anda memperoleh gambar dengan lisensi seperti ini, artinya pencipta dari gambar tersebut mengizinkan Anda melakukan penditribusian ulang, pengubahan maupun pengembangan. Dan Anda harus tetap menyertakan pembuat dari gambar tersebut.
    • Atrribution Share like
      Sama halnya dengan Attribution, dimana Anda bisa melakukan pendistribusian ulang, pengubahan dan pengembangan namun ketika anda mengembangkan maka hasil dari jerih payah anda akan memiliki lisensi yang sama.
    • Attribution No Dearrivates
      Gambar yang Anda telah peroleh bebas untuk disebarluaskan dengan tetap menjaga keaslian barang (tidak ada pengubahan pada barang)
    • Attribution Non Commercial
      Gambar yang anda peroleh bebas untuk di bagikan ataupun dimodifikasi. asalkan bukan untuk kepentingan komersil.
    • Attribution non Commercial share alike
      Anda bebas untuk menggunakan gambar, baik modifikasi ataupun melakukan share. namun jika anda melakukan modifikasi barang hasil modifikasi anda memiliki licensi yang sama dengan induknya.
    • Attribution non commercial no derrivates
      Dimana Anda boleh melakukan share terhadap sebuah gambar, namun Anda tidak dapat melakukan modifikasi dan melakukan tujuan komersil dengan gambar yang Anda miliki.

Kini Anda dapat meningkatakan keamanan dan kualitas content yang dihasilkan pada blog yang dikelola. Namun, setiap melakukan pencarian gambar ada baiknya Anda melihat posting sebelumnya tentang bagaimana cara mencari gambar sebelum memahami licensi ini.

 

Tag: , , , ,

10 Comments

Leave Comment
  1. batara says:

    terima kasih infonya mas :)

  2. jurirakyat says:

    bagus artikelnya mas jangan lupa berkunjung balik ya.

  3. Gan kalo nyari gambar kyak postingan di jalan tikus itu dmna ya?

    • Robbie says:

      for RIM Blackberry PDA Smartphone 6210, 6230, 7230, 7210, 6280, 7280, 7510, 7100, 7105, 7290, 7520, 7250, 7100i, 7130, 8700, 7100g, 8700g, 7130e, 7130c, 7130g, Pearl 8100, 8100c, 8703e, (Wireless Phone Accessory) not much to say, exactly what I hoped they would be. A perfect reltcaemenp. Great price, too.Just make sure you buy the correct size for your blackberry. My 8830 takes a smaller input than the Pearl or Curve.

    • Now, now Christine… Even I got the characteristically female sarcasm in THAT one… Besides he probably makes her go ‘Ooooooo-ooo-oooo!’ in bed, so it’s worth it to her.BTW… Hilarious ‘fake’ list…

    • I think a lot of organizations spend a lot of time and money focusing on SEO to drive traffic, without thinking about the importance of social media to develop cred, brand recognition, and relationships. The organization that excels on both fronts, like the fabulous example on ERE that you linked to, will thrive.

    • Good day I am so happy I found your webpage, I really found you by accident, while I was browsing on Yahoo for something else, Nonetheless I am here now and would just like to say many thanks for a fantastic post and a all round interesting blog (I also love the theme/design), I don’t have time to browse it all at the minute but I have bookmarked it and also added your RSS feeds, so when I have time I will be back to read a lot more, Please do keep up the superb work.

    • http://www./ says:

      Hello, you worn to write magnificent, but the last little posts have been kinda boring… I fail to notice your fantastic writings. Historical a number of posts are just a insignificant tad out of track! extend on!

    • http://www./ says:

      oh non non il était pas sur ! il y avait des points d’interrogation, c’est moi, c’est MOI C’EST MOI PPPREEREUEUMMMMMEMMSSSS

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.