Menemukan Gambar untuk Blog: Menggunakan Pencarian Pada Flickr

Menemukan Gambar untuk Blog: Menggunakan Pencarian Pada Flickr

Flickr merupakan sumber bagi banyak blog yang ada untuk mendapatkan gambar. Tentunya tidak menutup kemungkinan jutaan gambar dengan berbagai lisensi akan terus ada pada…

Flickr merupakan sumber bagi banyak blog yang ada untuk mendapatkan gambar. Tentunya tidak menutup kemungkinan jutaan gambar dengan berbagai lisensi akan terus ada pada website ini tiap detiknya. Beberapa diantara gambar tersebut berlisensi public domain, dimana Anda dapat menggunakannya secara bebas pada blog yang Anda miliki.

flickr

Beberapa fasilitas advanced search juga ada dan digunakan pada website ini, dimana Anda bisa melakukan:

  • Pencarian berdasarkan kombinasi kata baik secara keseluruhan atau sebagian
  • Pencarian berdasarkan kata yang tidak anda inginkan
  • Pencarian melalui objek gambar
  • Pengurutan gambar berdasarkan tipe (video, screenshot, animasi) serta tanggal
  • Selain itu disediakan pula pencarian berdasarkan lisensi yang anda inginkan misalnya untuk komersil dan bisa dimodifikasi, maupun penggunaan hanya untuk modifikasi saja.

Mungkin bagi sebagian dari Anda, cara tersebut terlalu repot dan kuno? Bahkan terkadang fitur advanced search sempat membingungkan Anda? Bisa jadi Anda menggunakan 7 aplikasi web yang memudahkan anda melakukan pencarian pada flickr.

Behold

behold

Merupakan situs yang memudahkan Anda melakukan pencarian gambar. Secara tampilan, situs ini terkesan simpel dengan background putih dan hanya tombol search layaknya Google. Bedanya, terdapat check box yang dapat memudahkan Anda untuk melakukan pencarian gambar berdasarkan penggunaan dan lisensi yang ada.
Selain itu, salah satu fitur lain adalah adanya image stamper. Dimana Anda dapat melakukan penandaan pada setiap gambar yang Anda miliki sehingga mampu mengurangi kekhawatiran atas adanya plagiasi. Sayangnya kedua situs ini belum dikembangkan terlalu jauh oleh pengembangnya.

FlickrStorm

flickrstorm

Melalui website ini Anda dapat mendapatkan tampilan yang mudah. Dengan adanya multiple gallery dalam satu laman sehingga memungkinkan anda melakukan pilihan gambar sesuai keinginan. Selain itu ketika di klik otomatis gambar akan ditampilkan dengan ukuran yang berbeda lengkap dengan properties dari gambar tersebut.
Misalkan saja, melakukan pencarian yellow. Maka hasil tampilan merupakan hasil dari setiap gambar yang mengandung kata yellow. ketika di klik, maka secara otomatis gambar tersebut akan melakukan antrian (queue)

Simple CCFlickr Search

simplecc

Aplikasi web ini sebenarnya merupakan project dari framework phpflickr, dimana Anda bisa mengembangkan dan memodifikasinya. Secara dasar tampilan dari website ini sangat sederhana dan kurang menarik.
Fitur yang ada pada website ini antara lain:

  • Mode tag, pencarian berdasarkan tag yang ada pada foto
  • Thumbnails per page, penampilan foto dalam 1 laman tiap kali pencarian
  • Sorting, berdasarkan kesamaan, tanggal pengambilan foto, dan tanggal foto di upload

Compfight

compfight

Dengan website ini Anda pun dapat menemukan foto yang ada pada flickr dengan mudah, terdapat pilihan fitur yang meningkatkan kecepatan Anda dalam mencari foto. Beberapa diantaranya adalah:

  • Pilihan all text, bukan hanya tag. dengan adanya fitur ini,  Anda dapat mencari berdasarkan pilihan judul atau nama foto yang diupload pada flickr.
  • Lisensi, disediakan beberapa pilihan license yang dapat anda atur, seperti Creative common license ataupun yang lisensi komersial. Dimana untuk lisensi komersial Anda harus melakukan pembayaran melalui akun kartu kredit ataupun paypal.
  • Terkadang beberapa orang melakukan upload foto yang benar benar natural sekaligus foto hasil tahap editing. Pada website ini Anda bisa membedakan berdasarkan keinginan melalui fitur originals yang terdiri dari:
    • Show originals: Dimana akan ditampilkan foto yang telah mengalami hasil editing dan foto naturalnya.
    • Hide originals: Hanya foto setelah hasil editing saja yang ditampilkan
    • Only originals: Untuk foto yang hanya berbentuk original saja tanpa ada proses editing
  • Adanya fitur safe/unsafe juga membuat kekhawatiran Anda akan berkurang, karena terkadang terdapat foto yang tidak diinginkan muncul tanpa kita sadari. Untuk mengaktifkannya Anda dapat melakukan klik pada menu yang ada pada sisi kiri laman.

Kini website maupun blog yang Anda miliki pun akan makin memiliki banyak sumber mendapatkan foto baik untuk sekedar pemanis ataupun ilustrasi dari konten. Tidak hanya sekedar sumber, namun juga dengan lisensi yang sudah Anda ketahui. Mungkin Anda menggunakan sumber yang berbeda, silahkan berbagi pada kolom komentar.

Tag: , , , , ,

3 Comments

Leave Comment
  1. iskael says:

    kalo aku sih lebih suka di commoncreative carinya :D
    tinggal pilih lisensinya dan pilih mau sumbernya dari Flickr, Google, atau lainnya :)

  2. Aisah K says:

    kayanya sekarang di flickr lebih gampang deh nyarinya karena ada fitur baru kalau ga salah jadi bisa langsung cari yg creative common

  3. Hindro H. says:

    Di Google juga gampang kok. Masukkan keyword terkait gambar yang dicari, tekan enter, pilih tombol Gambar, klik tombol Alat Penelusuran dan lanjutkan dengan klik Hak Penggunaan. Selesai

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.