Mengapa Harus Menggunakan HTML5?

Mengapa Harus Menggunakan HTML5?

Masih belum menggunakan HTML5? Memang banyak sekali alasan yang menjadi dasar keengganan menggunakan HTML5. Namun, tidak dapat terelakkan lagi fakta bahwa HTML5 merupakan masa…

Masih belum menggunakan HTML5? Memang banyak sekali alasan yang menjadi dasar keengganan menggunakan HTML5. Namun, tidak dapat terelakkan lagi fakta bahwa HTML5 merupakan masa depan pengembangan website. Walaupun terkendala oleh daya dukung yang belum menyeluruh, tidak ada salahnya untuk memulai menggunakan HTML5. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa kita harus mulai menggunakan HTML5.

1. Kemudahan Akses

Semantic menjadi alasan kenapa HTML5 membuat sebuah situs menjadi mudah diakses. Dengan berbagai tag HTML5 yang ada, seperti <header>, <footer>, <nav>, <section>, <article>, dan lain sebagainya, membuat screen reader dapat membaca isi website dengan mudah. Sebelumnya, screen reader harus menentukan berperan sebagai apakah tiap tag <div> dalam website, walau sudah terdapat kelas atau ID di dalam elemen tersebut. Dengan tag semantic pada HTML5, screen reader dapat dengan mudah menentukan seluruh isi website ke dalam bagian-bagian tertentu sehingga menciptakan pengalaman menggunakan yang lebih baik.

2. Video dan Suara

Sering merasa jengkel karena harus meng-install plugin Flash Player ke dalam browser Anda terlebih dahulu untuk menonton video atau mendengarkan musik secara streaming? Lupakanlah Flash Player atau pemutar media lain yang harus di-install pada browser! Dengan tag <video> dan <audio> pada HTML5, kita bisa menikmati video maupun suara tanpa perlu tambahan plugin apapun. Yang lebih menyenangkan lagi bagi para developer, penggunaan tag <embed> yang cukup rumit pada HTML terdahulu kini cukup digantikan oleh kedua tag tersebut. Bahkan tag <source> yang dahulu harus selalu ada, kini telah menjadi atribut sehingga cukup satu baris kode saja untuk menampilkan video atau suara pada halaman website Anda.

3. DOCTYPE yang Singkat

Ucapkan selamat tinggal pada kode <!doctype> yang panjang dan mengerikan yang sampai sekarang masih susah diingat. Sekarang cukup gunakan <!DOCTYPE html> sebagai head tag dari dokumen HTML website kita. Hal paling menggembirakan dari keunggulan ini adalah daya dukungnya yang telah mencapai semua browser, bahkan untuk IE6 yang selama ini jadi “momok” para developer.

4. Kode yang Ringkas

Pada HTML lama, kita harus mendefinisikan banyak <div> dengan berbagai kelas atau id untuk tiap bagian website seperti header, footer, navigation, dan lain sebagainya. HTML5 menghadirkan cara yang lebih simpel, elegan, dan mudah dengan menggunakan tag-tag semantic seperti <section>, <article>, <header>, <footer>, <aside> dan <nav>. Dengan fitur ini, kesulitan untuk mengetahui bagian website yang mana yang tertulis pada kode karena semua berupa <div> menjadi masa lalu. Selain itu, kode HTML yang dihasilkan akan lebih ringkas, rapi, dan mudah dipahami.

5. Penyimpan Data yang Cerdas

Mungkin ini adalah salah satu fitur terkeren dari HTML5. HTML5 menggunakan penyimpanan data lokal di sisi klien. Penyimpanan data ini lebih baik daripada cookies karena memungkinkan untuk menyimpan data dari berbagai jendela browser yang terbuka, performa dan keamanan yang lebih baik, serta penyimpanan data handal bahkan setelah browser ditutup. Dengan fitur tersebut, pembuatan aplikasi berbasis web menjadi lebih mudah karena tidak mebutuhkan berbagai macam tambahan plugin lagi. Dengan kemampuan menyimpan data pada browser,untuk menyimpan informasi pengguna, melakukan cache data, dan mengembalikan halaman ke kondisi terakhir menjadi mudah.

6. Interaksi yang Lebih Baik

Keinginan pengguna untuk mendapatkan website yang lebih dinamis dan interaktif untuk memanjakan pengguna karena berinteraksi dengannya, alih-alih sekedar menikmati keindahan desainnya. Tag <canvas> memungkinkan kita untuk melakukan interaksi dan animasi gerakan yang jauh lebih variatif daripada menggunakan platform RIA sebelumnya, misalnya Flash. Bersama dengan tag <canvas> kita juga bisa menggunakan API drag and drop, penyimpanan data offline, manajemen history, pengubahan dokumen, dan media dengan pengatur waktu.

7. Pengembangan Game

Dengan tag <canvas>, kita bisa mengembangkan game yang interaktif dan menarik yang mampu dijalankan pada perangkat mobile dengan mudah. Bagi para pengembang game yang terbiasa menggunakan teknologi Flash, adanya fitur ini benar-benar akan membuat mereka jatuh hati.

8. Cross Browser

Hampir semua browser terbaru yang kita gunakan mendukung HTML5 secara baik. Doctype dari HTML5 telah dibuat sedemikian rupa sehingga tiap browser, bahkan versi yang lama sekalipun, dapat mengenalinya. Meskipun demikian, tidak semua browser mampu mengenali seluruh tag elemen HTML5. Untuk browser yang terlampau kuno, misalnya IE6, Anda bisa menambahkan javascript shiv yang telah disediakan.

9. Mendukung Mobile

Teknologi mobile telah menjadi semacam wabah global yang semakin populer tiap harinya. Mungkin beberapa orang beranggapan bahwa teknologi mobile hanya merupakan tren yang akan dilupakan dengan mudah. Namun, disadari atau tidak, saat ini perangkat mobile sedang menguasai dunia. Para pengembang website mulai berlomba-lomba menciptakan website yang mudah diakses menggunakan perangkat mobile karena mereka sadar, pengguna akan beralih menggunakan perangkat mobile mereka untuk melihat website atau aplikasi web. HTML5 adalah alat yang paling siap digunakan dalam mengembangkan mobile site dan mobile app. Terlebih lagi, Flash untuk mobile sudah diklaim tidak akan dikembangkan lagi. Selain itu, browser pada perangkat mobile telah mendukung HTML5 secara penuh.

Kesimpulan

Mungkin alasan terkuat untuk menggunakan HTML5 saat ini adalah karena ia merupakan masa depan website. Kita harus mulai menggunakannya sekarang atau tertinggal saat HTML5 telah menjadi standar baru. HTML5 pada dasarnya adalah HTML sehingga tidak perlu melakukan adaptasi secara susah payah untuk menggunakannya. Jika Anda saat ini telah menggunakan XHTML, berarti Anda telah siap menggunakan HTML5. Jadi, masih mau ketinggalan? Selamat mencoba!

Tag: , , ,

10 Comments

Leave Comment
  1. uwais says:

    keren infonya gan….
    semangat terus buat tambah artikelnya

  2. haries says:

    Sangat membantu artikelnya, untuk lebih mengetahui mengenai HTML 5 silakan simak yang berikut :

    http://www.tipsntrick.net/artikel/web-design/1411-apa-itu-html5

  3. sanul says:

    mantap gan!

    sangat membantu sekali dalam tugas ane!
    thanks!

    izin sbgai sumber!

  4. D'Jom@r says:

    gan, mo nanya cara setting HTML 5 DI WINDOWS XP kita gimana,,, mohon send caranya di email aku di : melkiaslondok@gmail.com or melkias.londok@gmail.com

  5. Hirma says:

    Maaf,saya mau nanya,punya contoh tutorial mobile aplication gak?
    Cara compile source nya ke mobile saya belum ngerti.

  6. berbol says:

    sip,,, referensi yang bagus untuk saya yang mencoba untuk belajar HTML5

  7. Mkhuda says:

    Mengapa ? Karena teknologi baru ! :D

  8. Shizenku says:

    nice info gan he he ane udah lama pake HTML5

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.