Mengembalikan GRUB Linux yang Hilang Lewat Terminal

Mengembalikan GRUB Linux yang Hilang Lewat Terminal

Bagi Anda pengguna sistem operasi Linux khususnya Ubuntu, tentunya pernah mengalami masalah Ubuntu Anda yang tidak mau booting. Hal itu disebabkan hilangnya GRUB pada…

Bagi Anda pengguna sistem operasi Linux khususnya Ubuntu, tentunya pernah mengalami masalah Ubuntu Anda yang tidak mau booting. Hal itu disebabkan hilangnya GRUB pada Ubuntu Anda, GRUB merupakan file booting di sistem operasi Linux. Jika pada Windows biasa disebut MBR. Hilang atau rusaknya GRUB biasanya disebabkan karena proses booting dan shutdown yang tidak sempurna, virus, terhapus sengaja, atau tertimpa MBR ketika Anda memperbaiki Windows Anda ( bagi pengguna Dual Boot system ). Kali ini Penulis akan berbagi salah satu solusi untuk mengatasi GRUB yang hilang karena tertimpa MBR Windows. Hal yang perlu disiapkan terlebih dahulu adalah CD installer Ubuntu atau Flashdisk Bootable yang tentunya telah dibuat sebelumnya. Untuk versi penggunaan ubuntu Anda bisa menyesuaikan dengan ubuntu yang sama versinya atau diatasnya.

Anda bisa masuk pada bios perangkat computer milik Anda untuk mengatur First Boot komputer menjadi installer Ubuntu Anda. Anda akan melihat beberapa pilihan Lalu pilih Try Ubuntu, Hal ini dimaksudkan Anda tidak perlu lagi melakukan instalasi ulang ubuntu. Setelah berhasil masuk ke desktop utama Ubuntu, buka terminal. Jika Anda menggunakan desktop environment Gnome atau Unity, untuk lebih cepatnya kita dapat menekan Ctrl + Alt + T secara bersamaan.
installerKetikan  sudo su , untuk masuk sebagai superuser di komputer Anda. kemudian tekan enter. Penggunaan super user ditujukan mendapatkan seluruh akses pada sistem operasi milik Anda
BisaKomputer - Terminal - suLalu cari di partisi manakah Ubuntu Anda di install sebelumnya, Jika Anda menggunakan ubuntu versi terbaru Anda bisa saja menggunakan GParted ataupun dengan mengetik perintah  fdisk –l, Keduanya pada dasarnya merupakan tools yang sama, namun hanya berbeda formatnya saja Antara GUI dan command line. Pada tutorial ini Penulis menggunakan fdisk -l, umumnya partisi yang telah terinstal sistem operasi linux sistemnya adalah linux. Pada komputer penulis, partisi yang telah terinstal ubuntu ada di partisi /dev/sda2
BisaKomputer - Terminal fdiskKetika telah menemukan partisi tempat installasi linux maka silahkan untuk melakukan mount partisi tersebut dengan mengetikan mount /dev/sda2 /mnt pada terminal.
BisaKomputer - TerminalJika perintah mount /dev/sda2 /mnt pada terminal berhasil maka tidak akan ada pesan yang ditampilkan, setelah itu install grub di partisi yang telah termount tadi dengan mengetikan grub-install –root-directory /mnt /dev/sda.
BisaKomputer - TeminalUntuk melakukan berhasil atau tidak, ketikan update-grub untuk mengupdate list grub Anda agar terdapat dua pilihan sistem operasi  saat komputer pertama kali dinyalakan. Untuk mencobanya reboot komputer Anda, dan atur First Bootnya pada pilihan  Harddisk.

Penutup

Sebenarnya kita juga bisa mengetik perintah di linux tanpa mengetikan sudo su terlebih dahulu, namun disetiap perintah itu kita harus menambahkan awalan sudo, misal sudo mount/dev/sda /mnt/ dan seterusnya. Namun secara prinsip tetap sama. Memakai sistem operasi Linux memang memberikan kesan yang lebih rumit dibandingkan dengan Windows karena kebanyakan perintahnya menggunakan console. Disamping itu memakai Linux juga memberikan kenyamanan tersendiri karena sistem operasi ini jarang terkena virus. Selamat Mencoba !

Tag: , , , , ,

5 Comments

Leave Comment
  1. mantab brohhh ada tugas ngoprek linux nih thanks sharenya ya bro

  2. Hainur Rofik says:

    Ini yang saya cari,,,
    Akhirnya ketemu juga..
    Tugas pada menjalar ne..

    Nice info dan Trims…

  3. Husain says:

    mas bro
    disaat ketik “fdisk -l” muncul tampilan berikut

    root@ubuntu:/home/ubuntu# fdisk -l

    WARNING: GPT (GUID Partition Table) detected on ‘/dev/sda’! The util fdisk doesn’t support GPT. Use GNU Parted.

    Disk /dev/sda: 500.1 GB, 500107862016 bytes
    255 heads, 63 sectors/track, 60801 cylinders, total 976773168 sectors
    Units = sectors of 1 * 512 = 512 bytes
    Sector size (logical/physical): 512 bytes / 4096 bytes
    I/O size (minimum/optimal): 4096 bytes / 4096 bytes
    Disk identifier: 0x9933ca03

    Device Boot Start End Blocks Id System
    /dev/sda1 1 976773167 488386583+ ee GPT
    Partition 1 does not start on physical sector boundary.

    Disk /dev/sdb: 3879 MB, 3879731200 bytes
    32 heads, 63 sectors/track, 3758 cylinders, total 7577600 sectors
    Units = sectors of 1 * 512 = 512 bytes
    Sector size (logical/physical): 512 bytes / 512 bytes
    I/O size (minimum/optimal): 512 bytes / 512 bytes
    Disk identifier: 0x704e2a71

    Device Boot Start End Blocks Id System
    /dev/sdb1 * 63 7576127 3788032+ c W95 FAT32 (LBA)

    muncul seperti di atas solusinya gmn mas bro?

  4. rasyid ridho says:

    Gimana caranya agar dapat layanan dari isp

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.