Mengenal Prefetch File pada Windows 7

Mengenal Prefetch File pada Windows 7

Mungkin bagi beberapa orang, prefetch file pada Windows merupakan sesuatu yang asing. Prefetch file merupakan kumpulan informasi tentang file yang dimuat oleh aplikasi dan…

Mungkin bagi beberapa orang, prefetch file pada Windows merupakan sesuatu yang asing. Prefetch file merupakan kumpulan informasi tentang file yang dimuat oleh aplikasi dan dibuat oleh sistem operasi Windows itu sendiri. Prefetch file ini digunakan untuk mengoptimalkan waktu loading aplikasi pada waktu selanjutnya saat Anda jalankan kembali.

Mengenal Prefetch folder

File Prefetch tadi terkumpul dalam sebuah folder bernama Prefetch folder. Anda bisa melihatnya pada direktori C:\Windows\Prefetch. Di dalam prefetch folder terdapat File Prefetch yang berekstensi .pf. Windows menggunakan folder ini untuk mempercepat waktu loading suatu aplikasi. Windows menganalisa file yang digunakan selama startup dan aplikasi-aplikasi apa yang dijalankan, lalu membuat index file dan aplikasi-aplikasi tersebut dan menyimpannya dalam harddisk. Dengan index tersebut Windows bisa menjalankan file dan aplikasi lebih cepat.

File Prefetch

Melihat File Prefetch

File Prefetch yang berada di dalam prefetch folder tidak bisa dilihat isinya. Butuh aplikasi khusus untuk melihat seperti apa isi yang ada di dalam File Prefetch tersebut. Ada freeware portable berukuran kecil yang bisa digunakan untuk melihat File Prefetch (.pf). Aplikasi tersebut bernama WinPrefetchView, dan dengan aplikasi ini Anda bisa melihat apa saja yang ada di dalam File Prefetch. Tanpa instalasi aplikasi ini bisa langsung dijalankan.

Tampilan WinPrefetch View

Dengan mengetahui apa yang ada pada File Prefetch, Anda bisa mempelajari file atau aplikasi apa saja yang digunakan termasuk pada saat startup Windows.

Mengoptimalkan File Prefetch

Untuk mengoptimalkan File Prefetch Anda bisa menggunakan aplikasi TweakPrefetch yang menyediakan fungsi-fungsi untuk memanajemen sistem fetching.

Tampilan Tweak Prefetch

TweakPrefetch juga bisa mendeteksi kesalahan parameter pada prefetch atau superfetch, dan memperbaikinya hanya dengan satu klik saja. Ada configuration wizard yang ada pada menu tools untuk menentukan prefetch setting yang dibutuhkan oleh sistem.

Menghapus File Prefetch

Anda bisa saja menghapus secara langsung File Prefetch (.pf) dengan cara manual. Tapi agar lebih aman, gunakan aplikasi TweakPerfetch tadi. Buka menu  Options > Advanced Controls, nanti akan muncul tombol untuk Clear Prefetch. Gunakan tombol itu untuk membersihkan File Prefetch pada Windows.

Membersihkan File Prefetch

Tapi dengan alasan menjaga performa, pengguna biasa tidak harus menghapus File Prefetch secara terus menerus. File Prefetch menjaga agar Windows bisa menjalankan aplikasi dengan cepat dan optimal sehingga jika terus menerus dihapus dikhawatirkan akan mengganggu kecepatan sistem dalam menjalankan aplikasi.

Semoga bermanfaat.

Tag: , , , , , , , ,

1 Comment

Leave Comment
  1. desy says:

    terima kasih informasinya mengenai prefetch pada windows 7. ini dapat membantu untuk menghapus file prefetch secara aman

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.