Mengganti Password User Menggunaan Command Prompt di Windows 7

Mengganti Password User Menggunaan Command Prompt di Windows 7

Sebuah komputer dengan banyak pengguna atau user account tentu perlu untuk melakukan manajemen yang baik. Salah satunya adalah mengganti password user tertentu. Ini bisa…

Sebuah komputer dengan banyak pengguna atau user account tentu perlu untuk melakukan manajemen yang baik. Salah satunya adalah mengganti password user tertentu. Ini bisa jadi hal yang boleh atau tidak boleh dalam dunia administrasi komputer. Boleh jika pergantian password bertujuan untuk hal baik seperti user terkait lupa dengan password-nya sendiri, dan tidak boleh jika menggunakan cara ini sebagai jalan untuk mengerjai user lain. Jadi sekali lagi bijaklah dalam menggunakan teknologi.

Kita asumsikan, Windows Anda telah memiliki beberapa akun. Kalau tidak ada, Anda bisa membuatnya terlebih dahulu. Proses pembuatan akun sudah pernah penulis bahas di salah satu tips mengamankan Windows 7 beberapa waktu lalu. Untuk melakukan pergantian password user, Anda harus masuk sebagai administrator karena administrator memiliki privilege untuk melakukan administrasi sistem.

Buka command prompt Windows melalui Start Menu > Accessories > Command Prompt klik kanan lalu pilih run as administrator, atau ketikkan cmd pada kotak pencarian Start Menu lalu jalankan dengan run as administrator. Setelah terbuka, ketikkan perintah “net user” tanpa tanda petik untuk melihat user account yang ada pada Windows Anda.

Tampilan Net User

Dari itu Anda bisa melihat ada beberapa user account, dan Anda akan mencoba mengganti password milik account petrucci. Perintah yang digunakan untuk mengganti password adalah sebagai berikut

net user [username] [password baru]

Tanpa perlu tahu password lama? Benar sekali, Anda bisa menggantinya tanpa perlu tahu password lamanya. Inilah letak bahaya sekaligus kemudahannya karena Anda bisa mengganti password orang lain begitu saja. Selanjutnya untuk merubah password dari account petrucci adalah menggunakan perintah berikut:

net user petrucci abcdefghij

Membuat Password di Netuser

Jadi jika Anda ada kesalahan perintah tersebut akan mengganti password dari account petrucci menjadi abcdefghij. Selanjutnya beri tahu pemilik account tersebut mengenai pergantian password karena jika tidak berarti Anda dianggap tidak bertanggung jawab atas perbuatan tersebut.

Semoga bermanfaat.

Tag:

7 Comments

Leave Comment
  1. Penablog says:

    wah boleh dicoba ni, selama ini sy ganti dari control panel ga pernah lewat cmd

  2. Anggun says:

    System error 5 has occured
    Access is denied
    itu gimana gan?

  3. Anggun says:

    Oke makasih banyak gan

  4. edi mulyono says:

    maag kalau cara mengganti account telnet gmn ??

  5. deon says:

    Makasih gan . Sukses tutorialnya

  6. cara adsense says:

    wah, sangat membantu nih hehe

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.