Menggunakan Custom Domain di Tumblr

Menggunakan Custom Domain di Tumblr

Tidak hanya Blogspot dan WordPress, saat ini Tumblr juga menyediakan fitur custom domain bagi penggunanya. Sebut saja http://frankocean.com/ sebuah akun Tumblr musisi Amerika yang…

Tidak hanya Blogspot dan WordPress, saat ini Tumblr juga menyediakan fitur custom domain bagi penggunanya. Sebut saja http://frankocean.com/ sebuah akun Tumblr musisi Amerika yang sudah memakai domain sendiri di tumblelognya.

Apa kelebihan yang bisa Anda dapatkan jika memakai domain sendiri? Salah satunya adalah lebih mudah memindahkan domain tersebut ke dalam platform blog lain seperti Blogspot atau WordPress jika Anda sudah tidak ingin menggunakan Tumblr lagi.

Membuat Custom Domain Tumblr

Pertama, Anda perlu membeli domain terlebih dahulu di http://www.register.com/, http://www.namecheap.com/, atau web penyedia domain lainnya. Setelah itu Anda harus menghubungkannya ke server Tumblr agar domain tersebut dapat dipakai menggantikan domain gratis yang sudah lebih dahulu disediakan oleh Tumblr. Namun sebelumnya perlu diperhatikan disini, seberapa jauh level domain yang Anda inginkan untuk mengatur DNS domain tersebut.

Membeli Domain

Membeli Domain

Apabila Anda ingin membuat domain namablog.com (yang berarti dua level), gunakan konfigurasinya record type A dengan memasukkan IP Tumblr 66.6.44.4. Akan tetapi jika Anda menggunakan www.namablog.com atau blog.namablog.com (tiga atau lebih level domain) maka Anda perlu menggunakan konfigurasi record type CNAME di domain.Tumblr.com.

Jika sudah, silahkan buka akun Tumblr Anda, klik nama blog Anda dan pilih menu blog setting.

Blog Setting

Pilih Blog Setting

Di section URL, Anda perlu mencentang box using custom domain. Setelah itu ketikkan domain yang Anda dan klik test your domain, maka Tumblr akan memeriksa apakah domain tersebut tersedia.

Test Domain

Tampilan Test Domain

Apabila domain tersebut tersedia maka klik save di bawah halaman. Domain tersebut sudah tersimpan dan akan diproses oleh Tumblr selama 72 jam atau sekitar 3 hari. Dan jika di kemudian hari ada pengunjung yang mengakses domain gratis Tumblr Anda (namablog.Tumblr.com) maka secara otomatis akan redirect ke domain baru yang sudah Anda buat tadi (namablog.com). Mudah kan?

Tag: , , , ,

1 Comment

Leave Comment
  1. evi says:

    mau nanya dong.. tumblr kan sekarang ada batasan upload minimal 250.. Ada cara nya gak biar bisa upload lebih dari 250??

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.