Menggunakan Template Email Untuk Reply di Gmail

Menggunakan Template Email Untuk Reply di Gmail

Bagi Anda pembaca sekalian, yang aktif menggunakan email, seringkali menemui situasi dimana Anda perlu membalas email dengan balasan yang sama atau serupa. Biasanya, banyak…

Bagi Anda pembaca sekalian, yang aktif menggunakan email, seringkali menemui situasi dimana Anda perlu membalas email dengan balasan yang sama atau serupa. Biasanya, banyak yang menggunakan dokumen teks untuk mencatat format balasan. Ada juga yang menyimpannya di draft, agar mudah dicopy-paste. Nah, bagi Anda yang menggunakan gmail, ada cara yang lebih cepat yaitu dengan menggunakan feature “Canned Responses”.

Mengaktifkan Canned Responses

Untuk Menggunakan feature canned responses, yang pertama kali dilakukan adalah Anda harus mengaktifkan Gmail Labs yang berhubungan.

Langkah pertama buka menu melalui icon gear di kanan atas halaman gmail, lalu klik “Settings”

Atur

Cara Membuka Settings

Selanjutnya pada halaman settings, buka opsi “Labs”.

Buka Opsi "Labs" 

Buka Opsi “Labs”

Di opsi labs, carilah labs feature yang bernama “Canned Responses” lalu pilih “Enable”

 

Setting "Canned Responses"

Setting “Canned Responses”

Jika sudah, scroll ke bawah dan pilih “Save Changes”. Gmail anda otomatis di-reload, untuk mengaktifkan labs feature yang berubah setting-nya.

Membuat Canned Responses

Setelah selesai proses reload, anda bisa langsung membuat canned responses dengan cara menekan tombol “Compose”. Di halaman compose, isikan teks balasan yang ingin disimpan. Misal, kalau anda pedagang online dan ingin membuat template balasan untuk pertanyaan tentang daftar harga, bisa langsung diketik seperti contoh berikut:

Dear [nama-yg-ingin-direply],

Terima kasih telah menghubungi Toko Buku Sejahtera. Berikut daftar harga buku yang kami miliki. Silahkan diunduh di alamat: http://ini.contoh.alamat.com/harga-buku.zip

Setelah selesai mengisikan format balasan, tekan tombol segitiga yang ada di sisi kanan bawah jendela compose dan pilih Canned Responses » Save » New canned response…

Cara menyimpan "Canned Responses"

Cara menyimpan “Canned Responses”

Selanjutnya Anda akan ditanya nama yang ingin digunakan. Isikan saja dengan “reply tanya harga” atau nama lain yang pendek dan representatif.

Mengisikan nama untuk "Canned Responses" yang baru

Mengisikan nama untuk “Canned Responses” yang baru

Anda bisa membuat sebanyak mungkin canned response. Berikut contoh tampilan menu kalau sudah punya canned response.

Contoh tampilan bila sudah punya "Canned Responses"

Contoh tampilan bila sudah punya “Canned Responses”

Menggunakan Canned Responses

Untuk menggunakan canned responses, cukup dengan membuka email yang anda terima dan memilih balasan yang cocok. Contohnya, lihat gambar berikut:

Cara menambahkan "Canned Responses"

Cara menambahkan “Canned Responses”

Gambar di atas adalah tampilan email sebelum memilih canned response. Sedangkan tampilan berikut ini adalah setelah memilih canned response.

 

Hasil setelah menambahkan "Canned Responses"

Hasil setelah menambahkan “Canned Responses”

Penutup

Dengan memanfaatkan Canned Responses, mereply email-email yang membutuhkan balasan serupa akan menjadi lebih menyenangkan. Tunggu tulisan-tulisan berikutnya pada seri “Meningkatkan Kemampuan Gmail”.

Tag: , , , , ,

1 Comment

Leave Comment
  1. Shams says:

    fungsi ini penting tetapi mengapa masih duduk didalam lab?

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.