Mengubah Color Tone pada Foto Menggunakan Photoshop

Mengubah Color Tone pada Foto Menggunakan Photoshop

Sebelum era Instagram booming seperti sekarang, mengubah color tone foto atau gambar bagi pengguna Photoshop sudah tentu bukan hal baru. Bagi orang awam, Instagram…

Sebelum era Instagram booming seperti sekarang, mengubah color tone foto atau gambar bagi pengguna Photoshop sudah tentu bukan hal baru. Bagi orang awam, Instagram jelas memudahkan pengeditan foto. Bisa berefek Lomo, vintage ataupun urban. Namun tentu ada satu kelebihan Photoshop yang tidak dimiliki Instagram. Fitur penyesuaian tidak tersedia di Instagram, hal ini memungkinkan foto akan mendapatkan efek yang berlebihan (color tone yang berlebihan, inner shadow yang kebesaran, vintage grain yang merusak mata, you name it!) dan hasilnya jauh dari kondisi yang sebenarnya. Dengan menggunakan Adobe Photoshop CS3, tutorial ini akan memberikan Anda cara mengubah color tone yang mudah dan hasilnya tidak berefek berlebihan.

  1. Langkah pertama persiapkan foto sesuai keinginan. Buka foto pilih File > Open> pilih fotoyang ingin diedit.

    Membuka Foto yang Diinginkan

  2. Rahasia pengubahan color tone dengan mudah di Photoshop adalah menggunakan Action. Bisa di-download dengan gratis di deviantART or just simply googling it. Pilih tema efek yang Anda inginkan dan load Action yang sudah di-download tadi ke Photoshop.

    Load Action

  3. Klik Action yang akan digunakan lalu klik tanda play (lihat gambar) dan tunggu Action bekerja mengedit foto Anda.

    Klik Play pada Action

    Tampilan Setelah Play Action

  4. Kelebihan Photoshop adalah adanya kesempatan untuk menyesuaikan efek yang akan diterapkan. Periksa apakah hasil yang diberikan Action pilihan Anda sudah sesuai dengan ekspektasi. Bila tidak, lihat tab Layers, double-click layer warna (klik kotak warnanya) bila permasalahan terjadi pada warna yang berlebihan. Ubah warnanya sesuai keinginan atau sampai tidak terlihat berlebihan (turunkan sampai menuju warna yang lebih muda atau lebih tua, sesuaikan dengan tema tone warna yang diinginkan), lalu klik OK.

    Menyesuaikan Tone Warna dengan Pick Color

  5. Bila urusan warna sudah pas, pertegas warna dengan menyesuaikannya melalui Adjustments > Curve atau tekan Ctrl + M. Jangan lupa Flatten Imageterlebih dahulu.

    Mempertegas Warna dengan Curve

  6. Kemudian save as foto Anda ke dalam file .JPG. Selamat mencoba!

    Tampilan Hasil Akhir

P.S.: Action ini memiliki beragam jenis yang disesuaikan dengan kebutuhan. Mulai efek Vintage, Lomo, urban, BW sederhana, sampai pencahayaan matahari buatan. Jadi tinggal disesuaikan dengan tema seperti apa yang ingin Anda tampilkan pada foto, lihat pada contoh penerapan Action yang disertakan si pembuat di masing-masing paketnya.

P.S.S.: Tanpa diedit lagi pun sebenarnya Action sudah mengubah color tone foto. Namun pada beberapa foto, hasil yang ditampilkan tidak sama seperti contohnya dan apalah bedanya dengan Instagram tanpa kesempatan untuk menyesuaikan efek. Untuk itulah tutorial ini dibuat, karena yang instan selalu punya kekurangan.

Tag: ,

2 Comments

Leave Comment
  1. Saatul Ihsan ihsan says:

    Ah semenjak Instagram suport untuk Android, saya sudah tidak mau pakai instagram lagi, pasalnya dulu photo-photo yang ada di instagram masih lumayan berkualitas, sekarang photo yang seliweran udah g karuan…

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.