Mengubah Prefix Database Melalui Dashboard WordPress dengan Aman

Mengubah Prefix Database Melalui Dashboard WordPress dengan Aman

Tutorial Information

ProgramWordPress
Version3.8.1
DifficultyPemula
Estimated Time20 - 30 Menit

Prefix database merupakan identitas yang digunakan oleh berbagai tabel untuk mengenali posisi tabel database masing-masing fungsi. Sayangnya, secara default pada CMS WordPress prefix yang…

Prefix database merupakan identitas yang digunakan oleh berbagai tabel untuk mengenali posisi tabel database masing-masing fungsi. Sayangnya, secara default pada CMS WordPress prefix yang digunakan selalu sama dari versi pertama hingga hari ini. Jika Anda perhatikan, prefix default yang digunakan biasanya menggunakan “wp_” dan kelemahan ini dimanfaatkan oleh peretas untuk membobol blog Anda.

Nah pada artikel ini, Penulis akan coba berikan solusi untuk merubah prefix database WordPress dengan aman dan tidak repot, karena dilakukan dari dashboard bukan dari database yang beresiko merusak.

Anda bisa memulai tutorial ini dengan masuk ke dashboard blog WordPress Anda, kemudian arahkan kursor mouse ke menu Plugins – Add New.

BisaKomputer - PrefixDatabaseAnda akan berada pada halaman “Add New“, dimana seluruh plugin akan tampil dalam bentuk tabel. Temukan kotak pencarian yang ada di atas, lalu ketikkan kata kunci “Change DB Prefix” tanpa tanda petik. Tekan Enter atau klik tombol Search.

BisaKomputer - PrefixDatabase - 2

Saat muncul hasil pencarian, pastikan Anda temukan plugin bernama Change DB Prefix. Jika sudah ditemukan klik Install Now, maka akan muncul pop up konfirmasi pilih “OK”. Secara otomatis, WordPress akan men-download plugin dan menginstallnya. Ketika langkah tersebut telah selesai, langkah selanjutnya adalah mengaktifkan plugin yang baru Anda Install.

BisaKomputer - Prefixdatabase

Setelah plugin yang Anda install berhasil diaktifkan, akan ada menu baru pada menu setting WordPress. Untuk mengaturnya, arahkan kursor ke menu Settings lalu temukan pilihan Change DB Prefix.

BisaKomputer - PrefixDatabase - 4

Di halaman berikutnya, seperti yang Anda lihat di gambar di bawah ini akan ada kode prefix terkini dan juga kotak prefix baru yang Anda inginkan. Rekomendasi saya, gunakan simbol prefix yang sulit untuk ditebak tetapi jangan terlalu panjang, diikuti dengan simbol underscore (_) tanpa tanda kurung.

BisaKomputer - Prefixdatabase - 5Terakhir klik tombol Save untuk menyimpan perubahan.

Penutup

Merubah prefix database ke karakter yang lebih rumit dapat menghindarkan blog dari serangan hacker usil. Langkah ini terbukti aman bagi database, tidak ada resiko apapun, penulis sudah berulang kali menggunakan plugin ini dengan persentase berhasil 100%.

Tag: , , ,

1 Comment

Leave Comment
  1. wah…bagus…lbh aman lagi ya??

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.