Menjalankan Aplikasi Windows di Mac OS? Ini Cara Mudahnya

Menjalankan Aplikasi Windows di Mac OS? Ini Cara Mudahnya

Pengguna Mac OS di tanah air semakin berkembang seiring bertambahnya aplikasi Mac OS yang dapat menggantikan aplikasi yang ada di Windows. Untuk aplikasi tertentu…

Pengguna Mac OS di tanah air semakin berkembang seiring bertambahnya aplikasi Mac OS yang dapat menggantikan aplikasi yang ada di Windows. Untuk aplikasi tertentu terutama dalam bidang bisnis, arsitektur, ilmu pengetahuan maupun aplikasi yang dikembangkan oleh instansi pemerintah yang hanya tersedia di Windows, kini dimungkinkan untuk berjalan di Mac OS. Kemampuan menjalankan aplikasi Windows di Mac OS semakin terbuka sejak Apple memutuskan menggunakan processor Intel pada produknya.
Untuk dapat menjalankan aplikasi Windows di Mac OS ada beberapa cara yang dapat dilakukan mulai dari yang berbayar hingga yang gratis (free). Berikut pilihan yang bersifat free :

  1. Dual Boot menggunakan Boot Camp. Windows dapat berjalan secara native di komputer Mac namun pilihan ini cukup merepotkan karena harus me-reboot komputer untuk beralih ke OS lainnya serta memerlukan biaya untuk lisensi Windows.
  2. Virtualisasi Windows menggunakan VirtualBox. Windows berjalan di Mac OS secara bersamaan namun VirtualBox meningkatkan penggunaan memory dan processor serta memerlukan biaya untuk lisensi Windows.
  3. Merubah/membungkus (wraps) aplikasi Windows menjadi aplikasi Mac dengan menggunakan Winebottler atau menjalankannya secara langsung menggunakan Wine. Winebottler tidak memerlukan instalasi Windows sehingga tidak memerlukan lisensi.

Tulisan ini berisi pengenalan, instalasi, dan penggunaan Winebottler untuk menjalankan aplikasi Windows di Mac OS. Sebagai contoh kasus akan diuraikan cara instalasi Aplikasi RKAKL DIPA yang berbasis Windows di Mac OS.

Winebottler

Winebottler adalah free software yang dikembangkan oleh Mike Kronenberg yang berfungsi membungkus (wraps) dan membuat package aplikasi Windows kedalam bundle aplikasi Mac OS sehingga aplikasi tersebut dapat berjalan di Mac OS.
Dengan menggunakan Winebottler tidak dibutuhkan lagi emulator, virtualizers atau dual boot system untuk menjalankan aplikasi Windows di Mac OS. Winebottler dapat menjalankan aplikasi berbasis Windows secara langsung di mesin Mac OS, hal ini dimungkinkan karena adanya Windows-compatible subsystem pada tool Wine yang digunakannya.
Winebottler terdiri atas dua application package :

  • Wine.app, berikut beberapa informasi mengenai Wine.app :
    • a. Wine.app dikembangkan dari source Vanilla WineHQ, berjalan di Mac OS X (selanjutnya disingkat OS X) versi Snow Leopard atau versi setelahnya dengan menggunakan XCode2 beserta dukungan seluruh library, kecuali libhal/lidbus yang tidak didukung OS X dan libcapi20 yang tidak digunakan di OS X;
    • Wine.app kompatibel dengan code 16 bit;
    • Wine.app berjalan pada OS X dengan menggunakan stock X11/XQuartz;
    • Wine.app mendukung double click untuk file .exe, .bat, .msi, .ink, dan dapat menjalankan file executable melalui terminal;
    • Wine.app mendukung update secara otomatis (auto update) ;
    • Disertai status-bar menu untuk pengaturan prefix (prefix manager), task-manager untuk force-quit aplikasi yang tidak berjalan, dan fungsi pengaturan Winetricks.

Winetricks adalah script untuk men-download dan melakukan instalasi berbagai runtime libraries yang diperlukan untuk menjalankan program dalam Wine. Winetricks dikelola oleh Dan Kegel dan dapat ditemukan di http:/winetrick.org.

  • WineBottler.app, berfungsi :
    • Melakukan pengaturan (create, manage, dan remove) custom prefix;
    • Melakukan download dan instal predefined prefix ke dalam bundle .app OS X;
    • Membuat custom prefix ke dalam bundle .app OS X dengan menggunakan Winetricks.

Installer Winebottler dapat di unduh (download) di http://winebottler.kronenberg.org. Berikut adalah tampilan situs Winebottler :

Gambar 1Versi stabil Winebottler saat tulisan ini dibuat adalah versi 1.6.1 dan versi 1.7.10 untuk development.
Tulisan ini menggunakan Winebottler versi 1.7.10 development pada MacBook Pro Retina, 13-inch, dengan OS X versi 10.9.1 Mavericks.

Instalasi Winebottler

Instalasi Winebottler pada OS X dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Unduh (download) installer Winebottler dari situs Winebottler.
  2. Double click file hasil download (WineBottlerCombo_1.7.10.dmg), proses mount akan menampilkan Jendela (window) dengan dua aplikasi didalamnya, yaitu Wine.app dan WineBottler.app.Gambar 2
  3. Pindahkan (Drag and drop) Wine.app dan WineBottler.app ke folder Applications. Dengan adanya Wine.app dan WineBottler.app dalam folder Applications maka instalasi Winebottler telah selesai dilakukan.

X11 dan Prefixes

Seperti disebutkan sebelumnya, Winebottler tidak menjalankan aplikasi Windows secara langsung tetapi membungkus (wraps) aplikasi tersebut dengan menggunakan utilitas X11 sehingga memungkinkan aplikasi Windows dapat berjalan di OS X. Fungsi untuk membungkus (wraps) aplikasi Windows kedalam aplikasi Mac OS (.app) dijalankan oleh WineBottler.app sedangkan fungsi untuk menjalankan aplikasi Windows di OS X ditangani oleh Wine.app. Penggunaan utilitas X11 saat aplikasi Windows berjalan di OS X terkadang memunculkan jendela pop-up X11, jika jendela tersebut muncul abaikan dan jangan tutup jendela pop-up tersebut.

Terkait dengan penggunaan istilah, WineBottler menggunakan istilah prefixes untuk merujuk pada aplikasi Windows. Secara sederhana prefixes dapat diartikan sebagai aplikasi yang dapat diinstal di OS X yang meliputi Predefined prefixes untuk aplikasi yang sudah tersedia pada WineBottler dan Custom prefixes untuk aplikasi Windows diluar Predefined prefixes yang dapat di sesuaikan (custom) oleh user.

Menjalankan Winebottler dapat dilakukan dengan cara memilih WineBottler pada Launchpad atau dengan melakukan double click file WineBottler.app yang terdapat di folder Applications. Berikut tampilan awal Winebottler :

Gambar 3

Pada header WineBottler terdapat tiga pilihan menu, yaitu : Download, On My Mac dan Advance. Download berisi predefined prefixes berupa aplikasi yang dapat diunduh dan akan diproses menjadi paket aplikasi OS X (.app). On My Mac berisi aplikasi Windows apa saja yang telah diinstal di OS X, terdiri atas aplikasi dan data aplikasi. Advance merupakan custom prefixes tempat dimana kita dapat membuat paket aplikasi OS X dari aplikasi Windows.

Predefined prefixes

Instalasi aplikasi yang terdapat pada predefined prefixes dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut :
Pilih Download pada header, tentukan aplikasi yang akan diinstal (contoh : Internet Explorer 8), lalu click Install.

WineBottler - Internet ExplorerSelanjutnya akan muncul jendela (pop-up window) untuk menentukan lokasi dimana file hasil akan diletakkan.

WineBottler - Direktori Instalasi

Tentukan lokasi file (contoh : folder Desktop), lalu click Save. Maka akan muncul jendela proses sebagai berikut :

WineBottler - Progress instalasi

Tunggu hingga proses selesai hingga terbentuk file Internet Explorer 8.app. Untuk menjalankan aplikasi, double click file Internet Explorer 8.app. Proses diatas menghasilkan file Internet Explorer 8.app yang merupakan aplikasi Windows (IE 8) yang telah dibungkus (wraps) menjadi file aplikasi OS X (.app) dan dapat berjalan di OS X.

Custom Prefixes

Instalasi aplikasi Windows melalui Custom prefixes dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut :
Pilih Advance pada header sehingga tampak form sebagai berikut :

Winebottler - Custom prefix

Click select file untuk memilih file aplikasi Windows (.exe, .bat, .msi, .ink) yang akan diproses menjadi .app (contoh : Runtime.exe), lalu click Open.

 

WineBottler - Instalasi progress

Pilih This is an installer, execute it jika file aplikasi Windows (.exe) merupakan file installer Windows, pilih This is the actual program, copy it to the App Bundle jika file aplikasi Windows (.exe) merupakan file yang dapat langsung dijalankan tanpa perlu melakukan proses instalasi, dan pilih This is the actual program, copy it and all files that are in the same file jika file aplikasi Windows (.exe) merupakan file yang terdiri dari aplikasi dan file pendukung lainnya dan akan disimpan pada file yang sama.

Pilih Include Wine binaries … pada pilihan check Bundle jika ingin menjalankan aplikasi di mesin OS X lain tanpa perlu melakukan instalasi Winebottler. Pilihan ini tidak akan menampilkan pop-up X11 saat aplikasi berjalan.

Click Install untuk melanjutkan proses dan menampilkan lokasi dimana file hasil akan disimpan, isi nama file yang akan dihasilkan (contoh : RuntimeFox), selanjutnya click Save.

Winebottler - Instalasi Custom

Selanjutnya muncul proses pembentukan RuntimeFox.app, tunggu hingga proses selesai.

Winebottler - Loading

File RuntimeFox.app hasil proses Winebottler akan tampak sebagai berikut :

Winebottler - List

Untuk menjalankan aplikasi double click RuntimeFox.app.

Predefined prefixes dan Custom prefixes membungkus aplikasi Windows menggunakan utilitas X11 menjadi paket aplikasi (.app) yang dapat berjalan di OS X. Dalam hal prefixes yang dihasilkan disertai dengan binary Wine, maka program dapat dijalankan pada OS X lain tanpa harus melakukan instalasi Winebottler.

Pada tulisan selanjutnya Penulis akan mencoba mengaplikasikannya pada salah satu aplikasi Windows. Apakah Anda memiliki alternative lain ketika menggunakan Aplikasi Windows pada MacOs? Silahkan berbagi pada kolom komentar!

Tag: , , , , , , , ,

6 Comments

Leave Comment
  1. kid says:

    gan minta tolong untuk menjalankan coreldraw di mac dong

  2. Marino says:

    Mau tanya,sy mau beli macbook air utk keperluan editing dgn FCP menyesuaikan budget. Tapi sy juga butuh menjalankan software easy worship 2009 yg notabene bisanya di os WIN. Klo d jalankan di macbook apa bisa ya dgn wine. Makasih

  3. arif says:

    mau tanya : 1. vb6 bisa di mac ? 2. sqlserver2000 bisa di mac ? 3. mysql / xampp bisa di mac ?. makasih

  4. ahmad says:

    thanks a lot very usefull

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.