Menjalankan Berbagai Aplikasi Windows Sekaligus Dengan Sekali Klik

Menjalankan Berbagai Aplikasi Windows Sekaligus Dengan Sekali Klik

Membutuhkan banyak aplikasi untuk digunakan tiap hari? Haruskah melakukan klik satu per satu untuk aplikasi milik Anda? Jika Anda merasa jenuh melakukan hal tersebut,…

Membutuhkan banyak aplikasi untuk digunakan tiap hari? Haruskah melakukan klik satu per satu untuk aplikasi milik Anda? Jika Anda merasa jenuh melakukan hal tersebut, mungkin harus ada pembaruan. Penulis mencoba menawarkan salah satu fitur lama Windows yang mungkin Anda sempat lupakan, yaitu Batch.

Apa Sih Batch?

Sebuah script dari Windows, berisi berbagai perintah yang akan dieksekusi pada command line. Secara dasar, dalam script ini sebenarnya bisa diterapkan secara langsung pada command prompt (cmd) milik Anda pada Windows. Tapi tidak kesemuanya sama, Anda bisa menambahkan beberapa fungsi operasi dan logika dalam file ini. Misalkan saja fungsi looping (for), percabangan (if – else) dan lainnya. Fungsi adanya fitur ini tidak lain adalah agar Anda lebih mudah melakukan pekerjaan yang berulang ulang secara otomatis. Misalkan saja melakukan pengecekan koneksi internet ataupun pemanggilan aplikasi keseharian Anda. Batch file pada windows dapat diketahui dari beberapa eksistensinya, antara lain:

  • .bat, file eksistensi ini mampu berjalan pada semua versi Windows. dimana nantinya, file tersebut akan langsung dijalankan pada command prompt windows tersebut.
  • .cmd, sama halnya dengan file .bat. Tapi terdapat perbedaan, pada beberapa Windows versi lama tidak akan bisa melakukan pembacaan pada file ini.
  • .btm, file ini digunakan terbatas hanya pada lingkungan Windows server.

Pada kesempatan kali penulis berbagi tentang bagaimana melakukan pemanggilan beberapa aplikasi lewat batch file. Hal ini akan lebih mengeefektifkan waktu Anda daripada harus melakukan beberapa klik yang sama ketika membuka komputer.

Membuat Batch File

Anda tentu harus membuat nya untuk melakukan pemanggilan untuk aplikasi Anda sendiri. Untuk membuatnya Anda tidak perlu melakukan instalasi aplikasi lain, cukup gunakan notepad ataupun wordpad pada Windows milik Anda.


@echo off

cd "C:\Program Files\Sublime Text 2"
start sublime_text.exe

cd "C:\Program Files (x86)\Steam"
start Steam.exe

exit

Pada script tersebut penulis melakukan otomatisasi pada aplikasi Steam dan Sublime Text. Anda bisa saja melakukan otomatisasi pada aplikasi lain. Jika script tersebut sudah Anda tulis, simpan sebagai dengan format namafile.bat (Anda bisa menyesuaikkannya). Dari script tersebut dapat dijelaskan :

@echo off
Perintah ini digunakan untuk tidak menampilkan window command prompt ketika perintah dijalankan.

cd “C:\Program Files (x86)\Steam”
Merupakan perintah yang dilakukan untuk melakukan perpindahan direktori. Untuk melakukan pemanggilan aplikasi lain, Anda harus mengubah direktori dimana aplikasi tersebut di install.

start Steam.exe
Merupakan perintah yang digunakan untuk melakukan pemanggilan aplikasi berdasarkan direktori yang ada pada perintah sebelumnya.

exit
perintah di akhiri.

Terkadang tampilan default tidak semenarik dibanding dengan melakukan customize sendiri. Pada penggunaan Batch, Anda dapat menggantinya dengan icons yang menarik. Untuk pemilihan icon Anda bisa menggunakan icon default dari aplikasi atau menggunakan icon lain yang Anda dapatkan. Penulis kali ini menempatkan aplikasi Batch pada desktop, sehingga untuk pembuatan shortcut lebih mudah. Dari sini penulis mulai membuat shortcut untuk batch, caranya klik kanan pilih newShortcut. Jika langkah tersebut telah Anda lakukan, klik kanan pada shortcut. Dari beberapa pilihan yang ada, Properties harus Anda pilih. Pada window properties, ubah targetnya pada lokasi dimana Anda menyimpan file .bat milik Anda sebelumnya.

crop

Untuk mengubah icon, pilih tombol change icon. Anda bisa menentukannya sesuai dengan yang ada pada sistem ataupun memilih icon lain pada komputer milik Anda.

Cukup mudah bukan? Saran dari penulis, ketika menggunakan .bat jangan terlalu banyak menggunakan perintah untuk pemanggilan aplikasi. Tentunya hal ini akan berhubungan dengan Memory yang terpasang pada perangkat komputer Anda. Semakin banyak aplikasi ada, tentunya bebannya juga makin besar. Jika Anda ingin berbagi pada kami, tulis saja pada kolom komentar.

Tag: , , , , , , , , ,

56 Comments

Leave Comment
  1. informasi yang bermanfaat,terimaksih sudah share :)

  2. Makasih banyak info bermanfaatnya gan.
    Salam kenal :)

  3. Ada tips untuk OS Apple nga gan? Soalnya kita pengguna laptop macbook.

  4. Mkls says:

    postnya keren bisa menjadi rujukan ni gan.

  5. Apakah script itu bisa dipakai untuk membuka file excel?

    Terima kasih

  6. irgifahrezy says:

    klo yg make hp android tp bukan windows bs g ya bos.
    trima kasih

  7. deoranje says:

    sangat bermafaat, tapi masih bingung bagaimana cara memulainya

  8. gamis says:

    ooo, ternyata begitu ya..,kayaknya sering dimanfaatin oleh virus untuk mengaktifkan file virus.., modelnya kaya autorun ya..

  9. Dedi Info says:

    Saya baru tahu kalau bisa begitu. BTW makasih trik nya :)

  10. prima says:

    Kalo dipakai pada saat baru menyalakan komputer/laptop bisa menambah beban kerja memori tidak yah.

  11. Bintang Yoga says:

    Artikel yang sangat bermanfaat. Semoga blog saya juga layak baca spt blog ini.

  12. Promo spesial bulan suci ramadhan discount 20-50% untuk semua produk,& pembelian di atas 2 unit gratis satu unit samsung galaxy V, buruan stok terbatas
    jika minat silahkan hubungi Pin BB kami : 2A492856
    Promo hanya khusus Berlaku selama bulan suci ramadhan…!!!
    Ayoo Buruuaaannnn Orrdeerrr..!!!

  13. artikel nya sangat bermanfaat,..
    sangat membantu bagi newbie nh

  14. desy says:

    Terima kasih informasinya :)

  15. Microsoft memang sangat detail ketika membuat segala sesuatunya

  16. Rafael says:

    Makasih, udah ane share :D

  17. Kalo komputer mampu emang bagus, tapi kalo komputernya lemot ya mending gak usah :D

  18. artikelnya sangat jelas dan mudah untuk dipahami

  19. heri says:

    mau tanya pak untuk menambahkan perintah enter setelah aplikasi tadi sudah terbuka scripnya bagaimana pak??? terima kasih sebelumnya

  20. Mun takoh says:

    informasinya sangat bermanfaat gan

  21. Wah kalau gitu kudu punya RAM yang mumpuni. Kalau ramnya pas-pasan bakalan overheat. Kayak lappie ane hahahaha sering banget overheat kalau lagi main game sama buka banyak app. Kalau uda overheat ngeri kena MBnya hiks
    Mau gak mau ane bikin cooling pad dewek biar cepet ilang panasnya hahahaha

  22. ooo, ternyata begitu ya..,kayaknya sering dimanfaatin oleh virus untuk mengaktifkan file virus.., modelnya kaya autorun ya..

  23. yumna says:

    Masih bingung sih. Tapi saya coba praktekin dulu ya teorinya

  24. tutorial says:

    waw caranya cukup mudah ternyata

  25. Haritha says:

    This is really a great post. Thank you for taking time to provide us some of the useful and exclusive information with us. Keep on blogging!!

  26. Hmmm prinsip kerjanya seperti membuat shortcut yg mengarah ke beberapa file sekaligus, begitu ya?

  27. Jenelle says:

    A wonderful job. Super helpful inofnmatior.

  28. It’s family tradition for us as well. My brothers love this movie and we all watch it together. I think I get choked up every time… I think you really captured why I love the movie so much too!

  29. kaviyaa says:

    Thank you for taking the time to provide us with your valuable information. We strive to provide our candidates with excellent care and we take your comments to heart.As always, we appreciate your confidence and trust in us.

  30. One more important aspect is that if you are a mature person, travel insurance pertaining to pensioners is something that is important to really consider. The more mature you are, the more at risk you are for getting something poor happen to you while in another country. If you are not necessarily covered by a few comprehensive insurance cover, you could have quite a few serious problems. Thanks for sharing your hints on this blog site.

  31. Thank you for contributing this great original informative content. Your article has given me much to think about. I think the points you make are valid and I concur with a lot of your material.

  32. terimakasih gan ilmunya , sangat membantu menyelesaikan masalah saya

  33. Pas banget ketemu sama postingan ini. Kebetulan IT di perusahaan penjualan mesin fotocopy tempat saya kerja butuh info ini. Akan saya sampaikan. Thanks info nya yaa :)

  34. Kalau udah main kode-kodean, saya selalu merasa rumit :(

  35. thanks informasinya gan…. kurang ngerti sama scriptnya…

  36. Hindro says:

    Sangat jarang kita membuka aplikasi lebih dari 5. Dengan cara membukanya satu per satu saya rasa juga tidak merepotkan. Terkadang aplikasi yang dibuka belum tentu yang itu-itu saja. Nah kalau begitu perlu dirubah juga skrip yang dibuat. Terlepas dari semuanya, ini artikel yang menarik untuk menambah pengetahuan dan wawasan.

  37. Saya sudah aktifkan pluginnya, tapi ada peringatan warning. kira-kira apa penyebabnya ya?

  38. Kartkuto chyba i do tekstu i do Ciebie by pasowałoJest świt,Ale nie jest jasno.Jestem na pół zbudzony,A dokoła nieład.Coś trzeba związać,Coś trzeba złączyć,Rozstrzygnąć coś.Nic nie wiem.Nie mogę znaleźć butów,Nie mogę znaleźć siebie.Boli mnie głowa( Staff)

  39. Double click uda paling enak hahaha
    Uda kebiasaan soalnya :p
    Single click jadi aneh wkwkwkwkw
    emang biasanya suka pakai single click?

  40. Wah berguna sekali gan informasinya,,

    thankss

  41. aku terus terang baru tw ada aplikasi macam begini

  42. http://www./ says:

    Hi, thank you for nice words. I don’t have featured posts category at the moment, but we can work something out. As long as your post is within the main topics of Rich Girl’s Club.

  43. http://www./ says:

    Third Flower…My spouse and that i have already been now delighted that Albert could perform his scientific tests because of the suggestions he had via your online page. It really is now and again perplexing to simply often be giving freely techniques which some peo…

  44. mursidisini says:

    Jadi semakin praktis..
    Hehehe…
    Sangat membantu nan terimakasih

  45. awhy says:

    File .bat ini tidak kedetect sebagai virus bang.?. musalnya dibuat autorun pada file tersebut.

    Salam

  46. awhy says:

    File .bat ini tidak kedetect sebagai virus bang.?. misalnya dibuat autorun pada file tersebut.

    Salam

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.