Menyembunyikan File dan Folder dengan Wise Folder Hider

Menyembunyikan File dan Folder dengan Wise Folder Hider

Folder mempunyai banyak kegunaan, selain menyimpan data pekerjaan, foto, video, dan catatan, folder juga merupakan tempat yang dapat menjadi brankas pribadi di mana pengguna…

Folder mempunyai banyak kegunaan, selain menyimpan data pekerjaan, foto, video, dan catatan, folder juga merupakan tempat yang dapat menjadi brankas pribadi di mana pengguna dapat menyimpan berbagai data yang bersifat rahasia. Itu sebabnya beberapa orang mencari cara agar dapat menerapkan sistem keamanan berlapis sehingga data-data rahasia mereka dapat terjaga dengan aman. Salah satu tool keamanan yang saya rekomendasikan adalah Wise Folder Hider. Aplikasi mini ini mempunyai kemampuan yang tidak kalah hebat dengan aplikasi ber-genre serupa, ukurannya hanya 1,78MB namun kemampuan yang ditawarkan tidak sekecil ukurannya. Seperti arti dari namanya, aplikasi ini berguna untuk menyembunyikan file atau folder di dalam sebuah komputer dan bahkan dengan keamanan ganda berupa kata sandi tambahan sehingga sangat mustahil dapat dibobol.

Download dan Instalasi Software

Terlebih dahulu download aplikasi Wise Folder Hider di halaman ini: http://download.cnet.com/Wise-Folder-Hider/3000-2144_4-75713475.html?part=dl-&subj=dl&tag=button, untuk melihat profil developer silahkan ke halaman ini: http://www.wisecleaner.com/wisefolderhider.html

Proses instalasi aplikasi ini hanya dapat dilakukan via online, jadi pastikan komputer Anda tetap tersambung ke jaringan internet sampai instalasi selesai. Proses instalasi aplikasi ini tidak sama dengan aplikasi pada umumnya, pertama klik tombol Download Now di halaman Cnet, kemudian jika muncul jendela seperti gambar berikut ini, klik tombol Run.

  • Wise Instalasi

    Wise Instalasi

Tunggu proses download berlangsung dan ikuti proses instalasi hingga benar-benar selesai.

Menyembunyikan File

Jalankan aplikasi Wise Folder Hider, tampilan aplikasi akan seperti gambar di bawah ini. Pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan sebuah kata sandi utama, klik sebuah ikon di sebelah simbol minimize (-) dan klik Login Password

Login Password

Pada jendela dialog isi dengan kata sandi Anda lalu klik tombol OK.

Isi Kata Sandi

Untuk menyembunyikan file, klik menu Hide File > Browse File > pilih file > Open. 

Hide FIle

Sekarang file telah berada di dalam kotak aplikasi Wiser Folder Hider, di sebelah kanan Anda terdapat drop down dengan 3 pilihan, pertama atur kata sandi kedua terlebih dahulu yang nantinya berguna untuk proses inistalisasi membuka dan menyembunyikan file, klik Set Password.

Set Password

Isikan kotak field dengan kata sandi yang Anda inginkan lalu klik Ok.

Kata Sandi

Klik tombol OK sekali lagi pada jendela konfirmasi.

Setelah itu Anda dapat memilih 2 dari 3 pilihan pada menu drop down di sebelah nama file, Hide untuk menyembunyikan, Unhide untuk memunculkan dan Open untuk membuka. Anda akan diminta untuk mengisi kata sandi sebelum dapat menjalankan ketiga jenis pilihan tersebut. Kata kunci yang digunakan adalah kata kunci kedua, bukan kata kunci pada langkah pertama di atas.

Menyembunyikan Folder

Prosedur menyembunyikan folder tidak jauh berbeda dengan prosedur menyembunyikan file, klik Hide Folder > Browse Folder > Open.

Hide Folder

Kemudian set kata kunci seperti pada prosedur menyembunyikan file, setelah itu Anda dapat melakukan 3 perintah baik Open, Hide atau Unhide. (wise7) (wise8)

HIde

Open

Menyembunyikan Flash Disk

Jalankan aplikasi Wiser Folder Hider, klik Hide USB Drive dan pada kotak dialog yang muncul Anda pilih folder flash disk Anda lalu klik Ok.

Wiser Folder Hider

Sekarang folder USB disk Anda sudah berada di dalam aplikasi, set kata sandi terlebih dahulu baru kemudian Anda dapat menyembunyikan folder tersebut dengan pilihan perintah yang ada.

Set Password FD

Penutup

Sekarang Anda tidak perlu khawatir orang lain akan mengetahui data-data penting Anda, karena folder pribadi tersebut telah aman dari penglihatan pengguna lain. Perlu saya ingatkan, pastikan Anda tetap mengingat 2 kata sandi yang Anda isikan pada prosedur instalasi dan pada prosedur penyembunyian karena jika lupa, Anda sendiri pun tidak akan dapat membuka file atau folder tersebut.

Title : Wise Folder Hider
File Name : cbsidlm-cbsi5_3_0_93-Wise_Folder_Hider-BP-75713475.exe
File size :1,78
Requirements : (Windows XP/Windows 7/Windows 8)
License : (ex: open source)
Date Added : 18 Januari 2013
Download : Klik Tautan Ini
Tag: , , , ,

1 Comment

Leave Comment
  1. johan says:

    bagaimana kalo sistemnya ganti apa foldernya masih bisa dibuka

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.