Render video HD menggunakan After Effects

Render video HD menggunakan After Effects

Render merupakan proses untuk mengubah file project pada After effects menjadi sebuah file lain sehingga dapat dijalankan oleh media lain. Tutorial ini merupakan lanjutan…

Render merupakan proses untuk mengubah file project pada After effects menjadi sebuah file lain sehingga dapat dijalankan oleh media lain. Tutorial ini merupakan lanjutan dari tutorial Edit video HD menggunakan Adobe Premiere dan After Effects. Setelah Anda mengetahui cara mengedit video HD maka Anda akan bertanya bagaimana merender hasil video HD? Jika Anda memiliki space hardisk yang besar maka tidak akan bermasalah dengan rendering video dengan kualitas terbaik. Namun bagaimana dengan Anda yang memiliki space hardisk yang tidak begitu besar? Dalam tutorial ini akan membahas bagaimana merender video HD dengan ukuran data yang tidak begitu besar namun kualitas tetap terjaga.

  1. Setelah selesai mengedit video HD di After Effects, pilih Composition > Add toRender Queue atau tekan Ctrl+Shift+/.

    Tampilan Composition > Add to Render Queue

  2. Atur output module pada tab render queue. Ubah format menjadi QuickTime Movie.

    Tampilan Output Module dan Render Queue

  3. Klik format options kemudian akan muncul Compression Setting. Ubah Compression type menjadi photo – JPEG dengan Quality Best.  kemudian klik OK.

    Tampilan Video Output dan Compression Setting

  4. Centang audio output dan ubah menjadi 48.000 Khz. Selanjutnya pilih ok.

    Tampilan Audio Output

  5. Ubah nama dan tempat penyimpanan file sesuai keinginan Anda dengan klik output to> ubah nama dan penyimpanan file.
  6. Langkah terakhir tekan render pada render queue, maka video HD Anda akan melaui proses render.  Mudah bukan?

    Tampilan Render

Itulah tips merender video Hd dengan ukuran data yang tidak begitu besar namun kualitas tetap terjaga. Tak menutup kemungkinan banyak juga cara lain merender video HD.  Berikanlah komentar, bagi Anda yang kurang paham dengan penjelasan diatas.

 

 

 

Tag: , , , ,

16 Comments

Leave Comment
  1. kolop says:

    wah gimana dengan efek yang ada di videonya klo ente ngerender dengan type kompresi ke JPEG

    • Ronron saif Ronron saif says:

      setau ane tidak ada masalah dengan efek yang ada di videonya. karena kompresi sifatya hanya mengkompresi saja dan tidak akan mengurangi apa yang ada di video. oiya tutorial ini dibuat bagi yang ingin merender video HD namun cuma punya space harddisk yang kecil, bagi yang punya banyak space harddisk tidak kompresi juga tidak masalah. :)

  2. hendriCS says:

    Salam kenal mas, aku mau tanya ni.. klu merender video HD ke MPEG2 dengan hasil yg sama tp klu dapat hasil jadi Mb lebih kecil kurang lebih 1gb durasi 1 jam Mas. Mohon komentarnya mas?

    • Ronron saif Ronron saif says:

      salam kenal, ane juga dulu pernah punya persoalan seperti ente. kalo ak dulu hasil renderan video HD langsung ak taruh ke procoder wizard. dan hasilnya lumayan 20 menit cuman 800MB an dan hasilnya 95% tidak berkurang kualitasnya. semoga membantu.

  3. sodri says:

    wah terima kasih atas infonya gan. sangat membantu.

  4. erfan says:

    Salam kenal mas.
    Tanya nih, kalau hasil render itu mau di burn ke CD biar langsung muter di CD Plyer TV gmn caranya ?
    Formatnya kalo g salah MPEG2 untuk CD, tapi di coba di CD Player g bisa.
    Bantu mas ronron

  5. Ghostali says:

    Mas saya udang ngedit video intro berdurasi 1menit tapi pas udah saya render kok jadinya cuman 1detik ya mas, mintak bantuanya donk

  6. randi says:

    gan misi gue mau tanya.. knp kalo udah dirender kualitas nya maksimal tapi suaranya ga muncul.. kalo pake ram preview save hasilnya ada suaranya tapi kualitasnya jelek mohon infonya gan??

  7. Mas Black says:

    [tanya]
    gan, punya ane kog nggak ada “quick movie time” sama “Jpeg” itu?
    punya ane CS4 gan
    makasih

  8. audhika says:

    mas mau nanya dong kalo video hasil dari ngerender gak ada lagu nya itu kenapa ya? soal nya di track video yang saya buat pake lagu

  9. achun says:

    salama kenal gan, ane masih bingung itu render queue gunanya apa ya? hasil akhir render nya dimana? kata temen suruh render di AP tapi rusak semua file AE nya waktu di render pake AP. mohon pencerahan :)

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.