Ngeblog Asik dengan Tumblr

Ngeblog Asik dengan Tumblr

Dewasa ini web log atau blog sudah menjadi kebutuhan penting di kehidupan masyarakat. Salah satu media blog yang kini diminati adalah Tumblr. Sebagian orang…

Dewasa ini web log atau blog sudah menjadi kebutuhan penting di kehidupan masyarakat. Salah satu media blog yang kini diminati adalah Tumblr. Sebagian orang menyebut Tumblr sebagai microblog, sebagian lagi menyebutnya sebagai tumblelog karena mampu memfasilitasi format post selain tulisan. Namun terlepas dari itu, Tumblr adalah platform yang sangat nyaman digunakan, terlebih sebagai blog pribadi.

Tumblr lahir di Jepang pada tahun 2007 dari tangan David Karp, remaja di penghujung umur belasan tahun yang menyukai dunia internet. Awalnya Karp cukup kewalahan menangani web blog ciptannya, namun kini setelah lima tahun berselang, buah karyanya telah memiliki lebih dari 52 juta akun, 53 juta post dihasilkan per harinya, dan jika dikalkulasikan sudah ada lebih dari 21 miliar post di Tumblr.

Tampilan Tumblr

Tampilan Tumblr

 

Kemudahan dalam berbagi tulisan, gambar, link, video, chat, audio, dan quote membuat Tumblr berkembang pesat bahkan membahayakan platform web log lain. Selain itu dalam satu akun Tumblr Anda dapat membuat lebih dari satu blog, sehingga dengan sekali log in Anda dapat langsung mengelola beberapa blog sekaligus.

Tampilan Dashboard pada Tumblr

 

Tampilan Home pada Tumblr

Fitur Reblog dan Like di Tumblr seakan menjadi terobosan baru di dunia blog yang selama ini hanya dihiasi tulisan dan rentetan komentar di bawah post. Tanda tambah yang selalu berdampingan dengan fitur Reblog dan Like juga sangat memudahkan pengguna untuk mem-follow akun yang  disukai. Sekilas Tumblr memang terlihat seperti ‘blognya Twitter’ karena memiliki beberapa persamaan fitur. Adanya fasilitas autotweet juga memudahkan pengguna dalam membagikan informasi yang ia post di Tumblr ke Twitter. Namun belakangan dikabarkan fitur tersebut akan dihapus karena Tumblr dan Twitter tidak bekerjasama lagi.

Berikut ini beberapa fitur Tumblr yang perlu diketahui :

  1. Text
    Adalah fitur umum Tumblr yang juga dimiliki semua platform blog lainnya. Disini Anda dapat menuliskan berita, cerita pendek, dan bentuk tulisan cukup panjang lainnya disertai gambar serta link.

    Tampilan Teks Post pada Tumblr

  2. Photo
    Fitur kedua ini akan memudahkan Anda untuk mengunggah foto yang ingin dibagikan. Tidak hanya satu foto, Tumblr di sini memberikan ruang kepada penggunanya untuk mengunggah foto dalam jumlah banyak dan dapat mengatur layout foto tersebut sekaligus.

    Tampilan Upload Photo Tumblr

  3. Quote
    Merupakan fitur unik Tumblr yang tidak dimiliki platformblog lain. Di sini Anda dapat menuliskan kutipan menarik, bersajak, ataupun hanya membagikan suatu informasi dalam satu kalimat.

    Tampilan Add Quote pada Tumblr

  4. Link
    Jika Anda hanya ingin mencantumkan satu URL sebagai satu buah post, maka gunakanlah fitur ini. Cukup tambahkan judul dan penjelasan singkat, lalu bagikan URL tersebut ke followersAnda.

    Link Tumblr

    Tampilan Add a Link pada Tumblr

  5. Chat
    Adalah fitur yang disediakan Tumblr apabila Anda ingin memposting suatu percakapan, misalnya kutipan percakapan dengan teman yang Anda anggap lucu di YM semalam.

    Chat Tumblr

    Tampilan Add a Chat pada Tumblr

  6. Audio
    Mirip dengan Soundcloud yang sedang tenar, fitur ini memfasilitasi Anda untuk mengunggah suara atau lagu. Melalui fitur ini Anda juga dapat mengetahui berapa orang yang sudah memutar lagu yang terunggah tersebut.

    Tampilan Audio Post pada Tumblr

  7. Video
    Membagikan suatu video lucu? Bisa. Mengunggah video buatan sendiri? Anda juga bisa. Cukup tambahkan sedikit deskripsi dan Anda juga bisa terkenal lewat Tumblr, tidak hanya lewat Youtube loh.

    Add Video Tumblr

    Tampilan Add Video pada Tumblr

Masih ragu untuk membuat akun di Tumblr? Tenang, jika Anda tidak tahu akan berinteraksi dengan siapa di Tumblr, web log ini menyediakan fitur Explore Tumblr dan Find Blogs yang akan mempertemukan Anda dengan ribuan tumblelog menarik dari seluruh dunia.

Bagaimana dengan tema? Tumblr menyediakan banyak sekali pilihan tema + layout yang lucu dan menarik, baik yang gratis maupun berbayar. Anda bahkan diberi kebebasan untuk membuat tema + layout sendiri. Penasaran? Mari bermain dengan web log asik satu ini!

 

Tag: , , , , ,

9 Comments

Leave Comment
  1. titasya titasya says:

    Wah artikelnya keren banget nih. Ngeblog di tumblr emang lebih mudah dan fun yak :)

  2. dody says:

    tumblr memang lebih asyik. imho sih.

  3. keep smile says:

    sangat mengasyikkan sekali

  4. Amir says:

    Permisi. Mau tanya cara olah tulisan di fitur text bagaimana ya? Sebab hanya tersedia dalam bentuk edit html. berbeda dengan wordpress atau blogspot yang kaya dengan alat-alat editor. mohon informasinya.
    terima kasih.

  5. Anwariz says:

    Ngeblog via tumblr sama menyenangkannya dgn pakai platform lain. Namun tumblr memiliki kemudahan pada fitur2nya.

  6. abah shofi says:

    Saya baru mau buat akun nya nih, terimakasih infonya ya

  7. Bang Marten says:

    sayang, sekarang tumblr sudah banyak isi konten pornonya…

  8. komar says:

    terima atas atas artikelnya, sangat mencerahkan untuk saya yang baru mulai belajar ngeblog di tumblr

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.