Panduan Instalasi Plugin WordPress Via Cpanel

Panduan Instalasi Plugin WordPress Via Cpanel

Tutorial Information

ProgramWordpress
DifficultyPemula
Estimated Time15 Menit

Seperti yang saya janjikan pada panduan instalasi plugin via FileZilla, kali ini Saya akan memberikan panduan singkat bagamaina cara melakukan instalasi plugin WordPress via…

Seperti yang saya janjikan pada panduan instalasi plugin via FileZilla, kali ini Saya akan memberikan panduan singkat bagamaina cara melakukan instalasi plugin WordPress via Cpanel.

Instalasi via Cpanel relatif lebih rumit dibandingkan menggunakan FileZilla atau melalui dashboard, tetapi pengetahuan ini sangat penting untuk Anda pelajari sebagai blogger karena suatu saat Anda akan sering beraktifitas menangani file dan data yang melibatkan Cpanel dan fungsi-fungsinya.

Langkah instalasi plugin WordPress kali ini diawali dengan membuka halaman Plugin di http://wordpress.org/extend/plugins, karena pertama yang harus Anda lakukan adalah men-download plugin yang ingin di-instal ke dalam blog.

 

Download

Download Plugin

Sembari menunggu proses download plugin selesai, buka Cpanel Anda dan masuk ke dalam sistem. Temukan menu File Manager dan klik. Sebenarnya Anda juga bisa menggunakan menu di sebelahnya yaitu Legacy File Manager, tetapi untuk saat ini Saya lebih memilih untuk menggunakan menu File Manager dulu, lain kali kita akan coba yang itu.

File Manager

File Manager

Sistem akan meminta tujuan root, pilih domain Anda kemudian centang Show hidden files dan klik Go untuk melanjutkan.

Show Hidden FIle

Show Hidden FIle

Pada halaman File Manager Anda akan dihadapkan pada 2 kolom, kolom sebelah kiri Anda adalah folder utama dan kolom sebelah kanan Anda adalah sub folder dan data-data blog. Pada kolom sebelah kanan, klik dua kali pada ikon folder wp-content, ingat klik ikon bukan teksnya.

Folder wp-content

Folder wp-content 

Kemudian klik pada ikon folder wp-plugins, maka sistem akan menampilkan daftar plugin yang telah di-install sebelumnya di kolom sebelah kanan Anda.

Daftar Plugin

Daftar Plugin

Selanjutnya di bagian atas klik menu Upload.

Upload

Upload

Maka akan terbuka jendela pada tab baru, klik tombol Choose File dan pada jendela Windows yang muncul cari plugin yang baru saja Anda download pada langkah pertama tadi, lalu klik Open untuk memulai proses upload, tunggu sampai selesai dengan sempurna.

Proses Upload

Choose File

Setelah selesai, kembali ke jendela browser File Manager pada folder daftar plugin, mohon diperhatikan gambar, saya telah berikan nomor pada masing-masing langkah agar lebih mudah. (1) klik reload, tunggu proses loading halaman selesai, setelah selesai (2) klik pada file plugin dengan format .Zip kemudian (3) klik Extract.

Upload wp

Kemudian akan muncul jendela konfirmasi tujuan ekstrak, biarkan saja seperti itu dan langsung klik tombol Extract File (s) untuk memproses permintaan.

Tujuan Extarct

Tujuan Extarct

Apabila proses ekstrak telah selesai, akan muncul jendela konfirmasi di layar Anda, untuk melanjutkan klik saja tombol Close.

close

Layar Konfirmasi

Sampai di sini plugin Anda telah berhasil di-upload kemudian diekstrak ke dalam folder plugins di dalam sistem blog Anda. Selanjutnya masuk ke dalam dashboard blog Anda dan klik Plugins > Installed Plugins.

Installed Plugin

Installed Plugin

Temukan plugin yang baru saja Anda upload tadi, untuk mempermudah klik link menu Inactive plugin, lalu klik Activate Plugin dan Selesai, Anda telah berhasil melakukan instalasi plugin via Cpanel.

Activate Plugin

Activate Plugin

Penutup

Bagaimana, mudah bukan? Atau masih menemukan kesulitan selama proses instalasi? Jangan putus asa, coba ikuti satu persatu langkah di atas, saya yakin Anda pasti bisa. Agar proses belajar lebih efektif, sebaiknya pahami susunan folder dan root pada fungsi File Manager, karena Anda akan sering terlibat dengan fungsi ini terutama apabila Anda telah siap dengan konsekuensinya tatkala memutuskan untuk menjadi fulltime blogger. Terakhir, bijaklah memilih plugin, karena banyak plugin tapi tidak tepat guna tidak lebih baik dibandingkan sedikit plugin tapi tepat sasaran dan sesuai fungsinya. Bravo Blogger!

Tag: , , , , , ,

5 Comments

Leave Comment
  1. Jaka says:

    Menurut saya tidak rumit juga, dan hampir sama saja seperti menginstall plugin dari ftp

  2. oki says:

    kalau di wordpress tidak ada menu appereance bagaimana solusi untuk install dan mengaktifkan plugin wordpress??
    terima kasih.

  3. PUTRA SHOP says:

    TRIMA KASIH ATAS INFO NYA

  4. klo cara aktifkannya di cpanel bisa nggak ya..?

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.