Panduan Menambah Domain di Cpanel

Panduan Menambah Domain di Cpanel

Pada beberapa paket hosting yang ditawarkan penyedia layanan, Anda diperbolehkan menambah lebih dari 1 atau bahkan tidak terbatas domain baru sehingga dapat menghemat biaya…

Pada beberapa paket hosting yang ditawarkan penyedia layanan, Anda diperbolehkan menambah lebih dari 1 atau bahkan tidak terbatas domain baru sehingga dapat menghemat biaya dan juga mempermudah Anda dalam mengelola blog yang Anda miliki. Domain tambahan biasa disebut dengan addon, untuk dapat menggunakan domain baru tersebut, Anda harus menambahkan domain ke dalam sistem Cpanel terlebih dahulu.

Setting Name Server

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan pengaturan name server di registrar Anda, untuk kasus ini saya mengambil Godaddy.com sebagai perusahaan registrar domain yang akan ditambahkan ke dalam Cpanel.

Masuk ke akun Godaddy.com > All Products > Domains > Domain Management.

Centang domain yang ingin Anda tambahkan ke dalam Cpanel, kemudian arahkan kursor ke Nameservers lalu klik Set Nameservers pada drop down menu.

Set Name

Set Name

Pada jendela pop up pilih tombol radio I have specified nameservers for my domain lalu isikan alamat server hosting Anda kemudian klik Ok untuk menyimpan pengaturan, selanjutnya klik Ok sekali lagi sebagai konfirmasi. Sampai di sini langkah pengaturan name server telah berhasil dilakukan.

Konfirmasi

Menambahkan Domain ke Cpanel

Masuk ke Cpanel Anda, temukan menu Addon Domains lalu klik.

Addon Domains

Addon Domains

Pada halaman selanjutnya, Cpanel akan menampilkan beberapa kotak pengaturan, perhatikan gambar dan penjelasan berikut ini:

  • New Domain Name: Isi dengan domain Anda
  • Subdomain/FTP Domain: akan terisi otomatis
  • Document root: akan terisi otomatis
  • Password: isi dengan kata kunci yang Anda inginkan
  • Password again: ketikkan kata kunci di atas sekali lagi
  • Lalu klik tombol Add Domain, tunggu proses loading dan selesai.
    Isi Form

    Isi Form

Penutup

Bagi Anda yang sedang mencari layanan hosting, carilah hosting yang memberikan keleluasaan dalam hal jumlah addon yang boleh ditambahkan sehingga Anda dapat memangkas biaya hosting secara signifikan, akan tetapi pastikan juga bahwa server hosting tersebut cukup tangguh untuk menampung jumlah file dan traffic blog Anda. Kemudian sebaiknya tanyakan kepada layanan hosting Anda berapa jumlah file yang diperbolehkan dan berapa jumlah database yang dapat dibuat dalam 1 akun Cpanel. Informasi ini berguna ketika Anda berencana membangun kerajaan domain dalam jumlah banyak.

Tag: , , , ,

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.