Panduan Riset Keyword Untuk Pemula

Panduan Riset Keyword Untuk Pemula

Kata kunci atau keyword adalah elemen penting dalam optimasi SEO terutama ketika Anda ingin memasuki salah satu relung pasar. Untuk mendapatkan informasi seberapa bagus…

Kata kunci atau keyword adalah elemen penting dalam optimasi SEO terutama ketika Anda ingin memasuki salah satu relung pasar. Untuk mendapatkan informasi seberapa bagus peluang Anda di relung pasar tersebut, Anda perlu melakukan riset kata kunci dengan mengetahui berapa banyak orang yang menggunakan kata kunci tersebut di mesin pencari setiap bulannya. Misalnya Anda ingin membangun toko online dan menjual baju tidur, Anda tidak bisa serta merta membuat toko online lalu berjualan tanpa mengetahui terlebih dahulu berapa orang yang membutuhkan baju tidur, berapa orang yang mencari informasi harga baju tidur di internet dan berapa persen perubahan trend yang terjadi di pasar sepanjang tahunnya. Informasi-informasi itu sangat penting, terlebih karena Anda menjual produk tersebut secara online. Terima kasih kepada Google yang telah memberikan sarana kepada kita untuk dapat melakukan riset secara mudah dan cepat melalui Adword Keyword Tools.

Buka halaman ini melalui browser favorit Anda: https://adwords.google.co.id/select/keywordtoolexternal, masuk dengan menggunakan akun Google Anda, atau buat akun jika belum punya, gratis kok.

Pada bagian Tool, sebelah kiri Anda, terdapat beberapa menu antara lain, keyword tool, traffic estimator, Placement Tool, Contextual Targeting Tool, lalu ada Match Types. Sudah ketemu? Oke, pada bagian Match Types centang kotak [Exact].

Exact

Exact

Beralih ke layar sebelah kanan Anda, di sana ada beberapa kotak kosong di bawah Find Keywords. Pada bagian Word or phrase ketikkan kata kunci utama yang menjadi target Anda, dalam kasus ini saya menggunakan kata kunci desain rumah. Anda dapat menggunakan keyword lain sesuai dengan keyword yang Anda sasar. Kemudian centang kotak pilihan Only show ideas closely related to my search terms, lalu klik Advanced options and filters.

Advanced options and filters

Advanced options and filters

Pada bagian Advanced options and filters pilih locations and languages dengan Indonesia kemudian Shows Ideas and Statistic for isi dengan Devices and laptop services, klik Advanced options and filters sekali lagi untuk menyembunyikan jendela options.

menyembunyikan jendela options

Pilih Locations

Klik tombol Search, dan tools akan menampilkan hasil pencarian berdasarkan kata kunci dan pengaturan yang telah Anda lakukan. Perhatikan pada bagian kolom Local Monthly Searches. Kolom ini menunjukkan jumlah total pencarian yang dilakukan oleh pencari dari Indonesia dalam 1 bulan.

Local Monthly Searches

Local Monthly Searches

Untuk melakukan sortir ke urutan paling besar, klik kolom Local Monthly Searches, maka susunan keyword akan diurutkan berdasarkan hasil terbesar seperti di dalam gambar di bawah ini. Pilihlah keyword dengan pencarian lokal terbesar, batas terendah dapat Anda tentukan sendiri, tetapi rekomendasi saya minimal adalah 300 pencarian lokal dalam 1 bulan.

Sortir

Sortir Urutan

Lalu bagaimana cara mengetahui bahwa keyword tersebut masih menjadi tren atau tidak? Caranya klik tanda jarum pada salah satu keyword dan klik Google Insight for Search.

Google Insight for Search

Google Insight for Search

Maka akan terbuka tab baru di mana Anda dibawa menuju halaman Google Insight, di sini Anda dapat mengetahui seberapa besar minat pasar terhadap keyword tersebut dengan melihat trend yang terjadi dalam rentang waktu tertentu. Di sebelah kiri Anda ada kotak Search Term dengan keyword desain rumah, Anda dapat menambahkan keyword lainnya pada hasil pencarian di atas tadi sebagai perbandingan, dalam kasus ini saya memilih kata kunci rumah susun sebagai perbandingan dengan garis grafik warna merah. Kemudian pada bagian Limit to isi dengan Web Search, Indonesia, 90 Days dan All Categories.

Tambah Keyword

Tambah Keyword

Setelah pengaturan selesai, halaman akan loading secara otomatis dan menampilkan grafik trend kedua keyword tersebut. Perhatikan, desain rumah ditunjukkan dengan grafik berwarna biru dan keyword rumah susun berwarna merah. Pola yang ditunjukkan oleh garis berwarna biru yang mewakili keyword desain rumah memiliki pergerakan trend yang lebih tinggi dan stabil dalam rentang waktu 90 hari, sehingga sangat ideal untuk dijadikan keyword target dibandingkan dengan keyword rumah susun.

Grafik

Grafik

Penutup

Riset kata kunci menentukan keberhasilan seorang pebisnis online terutama bagi Anda yang ingin menjual suatu produk. Dengan riset keyword ini Anda dapat mengetahui seberapa besar minat pasar terhadap produk tersebut, berapa tingkat perubahan trend yang terjadi di pasar dan keyword turunan apa saja yang dapat Anda kembangkan sebagai pelengkap strategi SEO Anda.

Tag: , , , , , , ,

12 Comments

Leave Comment
  1. dwi says:

    Wah mantap infonya gan…
    sangat membantu saya dalam pencarian produk yang tepat untuk dijual :)

  2. berbol says:

    sangat mantap artikelnya :D

  3. cputriarty says:

    Alhamdullilah, akhirnya dapat juga informasi keren dari artikel berbobot ini. Thks ya mas :) Salam sukses slalu

  4. Thank you for sharing
    I’ve been looking for, and it can be an idea from here
    I hope to be useful also for other people

  5. vimax says:

    very interesting….keren gan

  6. terimakasih sudah mau berbagi ilmu nya,salam kenal buat yang punya web

  7. Rois says:

    Thanks gan, atas artikelnya sangat membantu sekali

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.