Penerapan Fungsi Actions pada Photoshop

Penerapan Fungsi Actions pada Photoshop

Tutorial Information

ProgramAdobe Photoshop
VersionCreative Suite (CS)
DifficultyPemula
Estimated Time15 Menit

Bagi beberapa bidang pekerjaan yang menggunakan Photoshop sebagai software utama dalam pengerjaan suatu pekerjaan terutama editing foto, fitur atau fungsi action dalam Photoshop akan…

Bagi beberapa bidang pekerjaan yang menggunakan Photoshop sebagai software utama dalam pengerjaan suatu pekerjaan terutama editing foto, fitur atau fungsi action dalam Photoshop akan sangat membantu proses pekerjaan. Penggunaan fungsi action akan mempermudah dan mempersingkat waktu dalam pengerjaan sebuah editing foto. Fitur action merupakan suatu sistem dimana kita bisa merekam suatu pekerjaan yang dapat diaplikasikan kembali dengan menggunakan suatu shortcut tertentu. Hal ini biasanya digunakan bila kita hendak mengubah ukuran foto yang berjumlah banyak menjadi satu ukuran yang sama. Namun, jika hanya 2-4 foto akan lebih mudah dan cepat dengan menggunakan cara manual mengganti ukuran tersebut, kalau sampai 100 foto? Berapa lama waktu yang akan dipakai? Nah, dengan action hal tersebut akan lebih mudah dan lebih cepat dalam pengerjaannya.

Import Foto

Pertama masukkan salah satu foto yang akan kita buat sebagai lembar kerja yang akan diubah ukurannya dan ditambahkan fungsi actionnya.

Pilih Foto Sesuai Keinginan

Pilih Foto Sesuai Keinginan

Pada awalnya gambar tersebut memiliki ukuran 5184px X 3456px. Kita akan mengubahnya menjadi ukran 800px X 533px

Image Size

Awal Berukuran Besar

Membuat Action

Kita mulai membuat actionnya dengan cara :

  1. Pilih Window kemudian pilih Actions.
    Actions

    Window > Actions

  2. Selanjutnya pilih create new actionuntuk membuat action baru.
    Create New Actions

    Membuat Actions Baru

  3. Kemudian ganti function key menjadi apa yang Anda inginkan, misalkan menggunakan F2 sebagai function key, kemudian pilih record setelah diatur function key.
    Function key

    Memilih Function key

Memanfaatkan Record

Record tersebut berfungsi merekam langkah-langkah dalam pengaturan sebuah file yang kita kerjakan. Ikuti langkah berikut ini untuk memanfaatkan record:

  1. Dalam tutorial ini saya akan mengubah ukurannya.
    Mengubah size

    Mengubah Ukuran Gambar

  2. Setelah itu tekan stop playing / recording.
    Play Recording

    Play Recording

  3. Selesai langkah tersebut kita tinggal menekan F2 (atau shortcut lain yang telah ditentukan sebelumnya) untuk mengaplikasikan action mengubah ukuran file gambar yang lainnya.

Function action tersebut bisa kita gunakan dalam banyak hal, mungkin untuk memberi suatu efek warna pada suatu foto, memberi warna, dan lain-lain tergantung dengan kebutuhan asalkan fungsi yang akan digunakan tetap sama. Kalau ada yang hendak ditanyakan Anda dapat memberikan komentar atau langsung ke email saya debyantony@yahoo.co.id.

Tag: , , ,

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.