Penyebab dan Cara Mencegah Akun Facebook Anda Terblokir

Penyebab dan Cara Mencegah Akun Facebook Anda Terblokir

Secara dasar ketika Anda mendaftar Facebook seluruh data yang Anda isikan haruslah asli, baik berupa nama, tempat tanggal lahir ataupun lainnya. Tapi terkadang beberapa…

Secara dasar ketika Anda mendaftar Facebook seluruh data yang Anda isikan haruslah asli, baik berupa nama, tempat tanggal lahir ataupun lainnya. Tapi terkadang beberapa orang membuat akun palsu dengan berbagai alasan serta berbagai macam tujuan. Padahal ketika melakukan penamaan palsu, facebook bisa saja melakukan banned pada Anda. Beberapa cara Facebook mendeteksi ketidakaslian akun melalui beberapa cara, Antara lain :

  • Sistem crawl : Seperti kebanyakan layanan pencarian, Facebook sendiri pun memiliki alat untuk melakukan pengecekan profil terhadap tiap usernya dengan parameter tertentu. Ketika salah satu profil Anda dianggap sebaagai robot maka otomatis Akun Anda akan ditandai bahkan ditutup.
  • Laporan dari orang lain : Setiap orang dapat melaporkan orang lain melalui fasilitas yang telah disediakan oleh Facebook.
  • Facebook investigators: Bisa juga dikatakan orang ketiga yang berkerja untuk pihak Facebook dengan tujuan utama memantau segala langkah perkembangan akun Anda

Padahal jika Anda tahu, Akan ada beberapa bidang terkadang membutuhkan akun palsu tersebut. Misalnya saja untuk keperluan riset ataupun sekedar segmentasi pasar dari produknya. Lalu bagaimana agar akun Anda tidak diblokir? Beberapa tips kali ini mungkin akan membantu Anda menyelamatkan akun Anda agar terkena banned oleh Facebook. Yang perlu digaris bawahi adalah tips kali ini bukan berarti Anda bisa menyalahgunakan kepentingan dengan membuat akun palsu.

Bedakan Identitas

Pembeda identitas ini menjadi utama jika Anda telah menjadi salah satu orang yang cukup berpengaruh di jagat maya. Jika Anda memiliki nama lain misalnya saja, Anda bisa menghubungkan akun fake Anda dengan akun asli Anda. Fungsinya tidak lain untuk meningkatkan keuntungan milik Anda, Misalnya saja untuk promosi, iklan. Selain itu pencegahan adanya pendugaan terhadap akun palsu Anda akan berkurang, karena terhadap hubungan Antara satu akun dan akun lainnya.

privacy-pencil

Atur Privacy

Secara dasar Facebook telah menyediakan fitur untuk melakukan pengaturan privacy. Baik post maupun foto dapat Anda batasi penontonnya, sehingga jika Anda memiliki fans ataupun orang lain yang berusaha melakukan stalk terhadap akun yang Anda miliki maka Anda bisa melakukan pencegahan. kalaupun Anda sebelumnya belum melakukannya, Anda bisa melakukannya lewat menu Settings yang tertera pada pojok kanan laman Facebook di layar komputer Anda.

Pilih Nama yang Baik

Mungkin di Indonesia, penggunaan nama seperti Mawar sudah terlalu familiar sebagai nama palsu ataupun sebagai nama Alias. Selain itu tidak menutup kemungkinan, adanya angka atau simbol dalam nama juga tidak mungkin untuk menggunakan Akun Anda, Misalkan saja “Mawar69”. Usahakan penggunaan nama Anda adalah nama spesifik yang mengekspresikann personaliti yang Anda miliki, tentunya bukan penggunaan nama yang Alay.

Overact

Jangan Over

Ya tentu saja, segala hal yang over memang tidak baik untuk dilakukan. Sama halnya ketika menggunakan akun sosial media. Beberapa orang akan melakukan report pada pengembangnya secara langsung jika Anda melakukan tindakan tidak baik yang mencolok misalkan saja melakukan bully terhadap seseorang pada akun milik Anda. Bukankah kasus ini sangat sering terjadi jika Anda melihatnya di internet?

Selain itu terkadang penggunaaan fake akun untuk pornography pun hendaknya juga Anda kurangi. Ya, Terkadang memang kita butuh mengenalkan kepada orang lain tentang akun baru milik kita. Tapi bukankah hal tersebut akan menjadi boomerang bagi kita sendiri dengan menggunakan akun yang kurang baik untuk sekedar media promosi?

 

Gambar diambil dari :

Kansas Nebraska Art di Wikipedia

opensource.com di flickr

Tag: , , , , , , ,

7 Comments

Leave Comment
  1. adit says:

    makasih ilmunya gan. sangat bermanfaat bagi saya yang pemula.

  2. Alf Arsalan says:

    Saya heran kok fb samaran saya diblock mulu.

    Tapi ada beberapa teman yg punya akun samaran alias akun palsu buat membully tapi ga pernah di blok sama zuckerberg padahal dalam bullynya itu melecehkan sekali

  3. Mun takoh says:

    thank gan informasinya, sangat membantu

  4. mantap om informasinya, saya sering kena blokir fb karena sering kali promosi blog saya, ada tidak cara aman, misalnya berapa grup yang boleh kita kirimin sesuatu dalam satu jam

  5. ampon says:

    sekarang sudah capek kita sama facebook, mereka sudah menerapkan aturan yang super ketat

  6. mujahidin says:

    akun saya dinon aktifkan hanya karena laporan orang sepihak!
    itu solusinya bagaimana admin?

  7. inu says:

    aki sering banget di report pihak fb 5 kalim tapi hanya 1 yg bertahan yang pertama kalinak buat . itu knp ya pdhl namA dan alamat berbeda .. apa mmbuat akun 1 hp bs berpengaruhh kak?? jwb ya

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.