Percantik Desain Frame Java Netbeans dengan Jtatto

Percantik Desain Frame Java Netbeans dengan Jtatto

Setiap kita membuat aplikasi, Frame hampir selalu kita gunakan. Pada Java, Frame berada didalam Library javax.swing. Swing adalah library yang digunakan untuk menciptakan Grafik…

Setiap kita membuat aplikasi, Frame hampir selalu kita gunakan. Pada Java, Frame berada didalam Library javax.swing. Swing adalah library yang digunakan untuk menciptakan Grafik User Interface (GUI) pada Java.Karena User selalu bekerja pada tampilan Frame, tidak jarang User dapat jenuh dengan tampilan warna Frame yang itu – itu saja dan butuh tampilan yang lebih menarik dari biasanya. Untuk mempercantik tampilan Frame, kita dapat menggunakan Jtattoo.  Jtattoo adalah library yang digunakan untuk merubah design Frame khususnya pada tampilan warna. Terdiri dari beberapa warna atau disebut juga dengan Look and Feels yang telah disediakan. Dengan Jtattoo pengembang dapat meningkatkan aplikasi dengan antar muka yang lebih baik.

Sebelum memulai tutorial ini, pembaca dapat mengunduh Jtattoo di Website JTatto. Terdapat beberapa pilihan file yang dapat Anda download pada laman tersebut, baik berupa file, demo, ataupun berupa source code dari plugin tersebut. Setelah Library Jtattoo.jar diunduh kita dapat membuat project baru dengan klik16 File > New Project. Tampilan membuat project dapat Anda lihat pada gambar, Penulis menggunakan IDE Netbeans pada tutorial kali ini

BisaKomputer - JTatto
Untuk membuktikan bahwa langkah pertama tidak gagal, buka Class Tutorial_Jtatto.java kita dapat menambahkan code out.print pada main untuk mencoba menjalankan project yang telah kita buat. Ketika Anda melakukan Running Project, maka akan tampil tulisan Hello World. Silahkan mulai dari awal ketika langkah ini belum berhasil.
BisaKomputer - JTatto - HelloSetelah project berhasil dijalankan kita bisa memulai membuat Frame baru, kali ini Penulis memberi nama Form Menu_Utama.java. Untuk membuat frame baru pada Netbeans, Klik kanan pada package tutorial_jtatto > JFrame Form. Seperti halnya saat pertama kali Anda membuat project, terdapat beberapa text field yang harus Anda isikan seperti nama frame, project, serta package pada Netbeans.
BisaKomputer - JTatto - newFrameSebagai contoh Penulis menambahkan menubar dengan melakukan drag n drop ke area Frame yang tadi sudah dibuat. Kita dapat klik Preview Design untuk melihat tampilan Form Menu_Utama. Berikut tampilan standar dari Frame pada Java, setelah ini kita akan membuatnya lebih menarik lagi menggunakan Jtattoo.

BisaKomputer - JTatto - PreviewUntuk menambahkan Library Jtattoo kita dapat klik kanan pada Libraries > Add JAR/Folder > Window baru akan dimunculkan, Anda tinggal berpindah pada direktori tempat Library Jtattoo.jar yang sebelumnya sudah diunduh. Setelah Library berhasil ditambahkan pilih Source pada Menu_Utama.java. Lakukan beberapa penambahan pada baris kode yang sudah ada.

public static void main (String args []){
    try {
        UIManager.setLookAndFeel("com.jtattoo.plaf.alumunium.AlumuniumLookAndFeel");
        SwingUtilities.updateComponentTreeUI(new Menu_utama());
    } catch (Exception e){

    }
    new Menu_utama().setVisible(true);
}

 

Jika langkah tersebut, maka kita akan mencoba menjalankan, klik kanan pada Menu_Utama.java pilih Run File. Maka tampilan warna Framenya akan berubah seperti berikut.

BisaKomputer - JTattoo - MetalUntuk menggunakan tapilan yang berbeda pembaca cukup merubah program pada bagian

UIManager.setLookAndFeel("com.jtattoo.plaf.aluminium.AluminiumLookAndFeel");

Dokumentasi tentang Beberapa tampilan unik dapat yang lainnya Anda coba, dapat dilihat pada link JTattoo. Misalkan saja penulis mencoba mengubah kode tersebut dan mengubahnya menjadi tampilan yang lain

15Sampai disini pembaca sudah dapat merubah tampilan Frame pada Java menjadi lebih menarik. Sangat mudah bukan? Penulis menyarankan Anda menggunakan IDE Netbeans ketika menggunakan plugins ini. Selain pengaturan yang lebih mudah, Kemudahan saat menggunakan JFrame pun juga akan Anda peroleh daripada menggunakan IDE lainnya. Sedikit kebingungan Anda dapati? Tanyakan saja pada Penulis lewat kolom komentar. Semoga tutorial ini bermanfaat Terima kasih.

Tag: , , , ,

17 Comments

Leave Comment
  1. Mas SOB says:

    blm mahir desain yg begituan gan

  2. boleh juga nih tentang desain frame java untuk membuat tatto..
    jadi pngn nyoba juga..hehe
    makasih bnyk :D

  3. wah boleh juga ni gan , ngomong ngomong dengan desain setidaknya bisa progam photoshoop untuk meningkatkan kualitas nya gan

  4. Aseeek ada tutor Desain Frame Java Netbeans dengan Jtatto…coba belajar ya Om….

  5. wah makasih banget gan info nya :D

  6. Katalog Ibu says:

    wah keren gan , ditunggu progam mysqlnya ya gan :D

  7. kok gagal ya gan?
    importnya apa saja?
    thanks infonya

    • Agung Sulistyanto Agung Sulistyanto says:

      Ada pesan erornya mas ?
      Sebetulnya tidak perlu di deklarasi lagi importnya, karena importnya langsung pada string ini UIManager.setLookAndFeel(“com.jtattoo.plaf.alumunium.AlumuniumLookAndFeel”); tetapi untuk memastikan coba di ketikan
      import com.jtattoo.plaf.alumunium.AlumuniumLookAndFeel;
      jika terjadi error mungkin ada kesalahan pada saat menambahkan JARnya atau mungkin versinya berbeda sehingga lokasi packagenya berbeda..
      terima kasih.. semoga membantu.. :-)

  8. Candra says:

    kernn mas,mksh ats ilmu nya

  9. Membantu buat TA saya.

    Tapi List theme nya ada di mana mas buat ganti GUI nya?
    Saya lihat code theme yang pertama dan kedua gak ada bedanya.

  10. rhyma hamid says:

    hhe. pingin ngerubah tampilan program TA pake tampilan kaya gitu. udah dicoba, belum berhasil. :)

  11. Mabruroh says:

    gan kalo misal nya membuat login menuju menu utama itu bagaimana yah ?

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.