Plugin Wajib Untuk Dongkrak SEO Blog WordPress

Plugin Wajib Untuk Dongkrak SEO Blog WordPress

SEO atau Search Engine Optimization tidak akan lepas dari dunia blogging, saat ini jutaan blog di dunia maya berlomba-lomba untuk mengejar tempat pertama di…

SEO atau Search Engine Optimization tidak akan lepas dari dunia blogging, saat ini jutaan blog di dunia maya berlomba-lomba untuk mengejar tempat pertama di hati Google dengan mengimplementasikan berbagai teknik SEO yang sesuai kaidah. Ada banyak sekali teknik SEO yang dapat dilakukan namun secara garis besar SEO dapat dibagi menjadi dua, yaitu SEO on page dan SEO off page. Di kesempatan kali ini Saya akan mengulas 2 plugin yang masuk dalam teknik kategori SEO on page yang wajib diinstal untuk mendongkrak ranking SEO Anda sekaligus cara instalasi dan pengaturan lebih lanjut.

Saya rasa tidak perlu lagi menjelaskan kembali apa itu WordPress dan apa itu plugin karena Saya yakin Anda sudah paham sekali dengan dua istilah di atas. Membangun blog yang bermutu memang sebuah tantangan yang sulit, ada banyak sekali faktor yang mempengaruhinya, dan SEO adalah salah satu faktor yang tidak kalah penting. Di antara para blogger sendiri terjadi perpecahan pendapat, sebagian blogger percaya bahwa dengan menguasai SEO maka blog akan ramai pengunjung yang kemudian dapat memberikan keuntungan finansial. Tetapi beberapa blogger lain memiliki pendapat yang berbeda, bagi mereka SEO hanya kebutuhan pelengkap, yang paling penting nan paling utama yang harus ditonjolkan dalam sebuah adalah isi atau konten, setelah itu tampilan blog. Sayangnya kebanyakan dari mereka cenderung terlena pada salah satu saja.

 

Lalu di manakah Saya harus berdiri memihak? Saya cenderung lebih suka berdiri di tengah-tengah kedua pendapat tersebut, bagi Saya SEO itu penting dan konten terlebih juga sangat penting. Untuk itu apabila Anda baru saja membangun sebuah blog, ada baiknya Anda membuka pikiran, pelajari SEO dan perbaiki konten Anda, menurut saya itu adalah kombinasi terbaik.

Untuk mendukung teknik SEO Anda, dibutuhkan tool dan kali ini Saya akan memberikan masukan berupa 2 buah plugin yang wajib Anda miliki untuk mendongkrak peringkat blog Anda di mesin pencari.

Plugin All in One SEO Pack

Plugin All in One SEO Pack berfungsi membantu Anda mengatur judul blog, deskripsi dan kata kunci dengan benar. Dengan adanya judul blog, deskripsi dan kata kunci yang benar, maka secara otomatis akan meningkatkan kualitas SEO blog Anda. Anda tidak perlu lagi terlibat dalam proses modifikasi coding yang beresiko merusak tampilan karena dengan plugin ini Anda dapat melakukannya seperti mengetik di MS Word, sisanya sistem yang akan memproses.

Instalasi dan Pengaturan

  • Buka dashboard blog Anda dan arahkan kursor ke menu Plugin > Add New, setelah halaman plugin terbuka klik menu Popular.
    Install Plugins

    Install Plugins

  • Scroll mouse dan temukan plugin All in One SEO Pack lalu klik Install,klik Yes jika sistem meminta konfirmasi.
    All in One SEO Pack

    All in One SEO Pack

  • Dibutuhkan waktu beberapa detik untuk menyelesaikan proses instalasi, setelah selesai dan Anda temukan halaman dengan tampilan seperti di bawah ini, Anda klik Activate Plugin.

    Aktivasi Plugin

    Activate Plugin

  • Setelah plugin aktif, Anda harus melakukan pengaturan terlebih dahulu agar plugin dapat bekerja sesuai dengan fungsinya, di bagian atas blog Anda akan terlihat notifikasi berwarna merah yang menandakan bahwa plugin All in One Seo Pack belum sepenuhnya bekerja, klik the admin page untuk masuk ke pengaturan lebih lanjut.
    The Admin Page

    The Admin Page

  • Untuk pengaturan plugin, perhatikan rinciannya di langkah ini agar tidak salah, pertama di bagian plugin status pilih Enable. Pada kotak Home Title silahkan isi dengan kata kunci dan tambahkan nama situs dengan di selingi tanda (|) atau tanda (-), contoh: Baju Bayi Murah | bajubayi99.com. Kemudian pada kotak Home Description isi dengan penjelasan singkat blog Anda, berikan penjelasan yang menggugah orang untuk mengunjungi situs Anda, sisipkan 2 atau 3 kata kunci di dalamnya. Pada kotak Home Keywords silahkan isi dengan 10 sampai dengan 20 kata kunci blog Anda, pisahkan keyword dengan tanda koma. Pengaturan lainnya biarkan begitu adanya.

    Pengaturan Plugin

    Pengaturan Plugin

  • Pengaturan selanjutnya centang Use no index for tag archives dan Autogenerated Description, abaikan pengaturan lainnya lalu klik tombol Update Options.
    Updates Options

    Update Options

Sampai di sini plugin All in One SEO Pack telah berhasil diaktifkan dan siap bekerja.

Plugin Google XML Sitemaps

Plugin Google XML Sitemaps mempunyai fungsi untuk menciptakan peta situs dengan benar dan cepat. Peta situs bermanfaat untuk proses index dan crawl oleh robot mesin pencari, dengan begitu blog Anda akan lebih mudah dikenali oleh mesin pencari.

Instalasi dan Pengaturan

  • Buka dashboard blog anda dan klik Add New pada menu plugin seperti pada langkah pertama proses instalasi plugin All in One SEO Pack. Kemudian di bagian Popular cari plugin Google XML Sitemaps dan klik Install Now, lalu klik Yes apabila sistem meminta konfirmasi.
    Install

    Install

  • Aktifkan plugin dengan meng-klik link Activate Plugin.

    Activate Plugin

    Activate Plugin

  • Setelah plugin diaktifkan, sekarang saatnya untuk melakukan pengaturan lebih lanjut. Arahkan kursor ke menu Setting di dashboard Anda, pada saat muncul drop down menu klik menu XML-Sitemap.
    Xml Sitemap

    XML Sitemap

  • Di halaman plugin XML-Sitemap  sistem akan memberitahu Anda bahwa plugin belum bekerja dengan kalimat The Sitemap wasn’t built yet. Klik link Click Here dan biarkan plugin bekerja.
    Klik Link

    Klik Link

  • Apabila proses pembuatan peta situs berhasil maka di halaman tersebut akan menampilkan tampilan seperti di dalam gambar ini.
    plugin
  • Untuk memastikan, klik link Sitemap pada halaman tersebut dan pastikan halaman browser yang terbuka menampilkan tampilan seperti gambar berikut ini.
    plugin plugin
    Apabila tampilan sudah sama persis, artinya proses instalasi dan pengaturan plugin Google XML Sitemaps telah sempurna.

Penutup

Itulah 2 plugin yang wajib di aktifkan ke dalam blog Anda agar kualitas SEO-nya semakin baik. Meskipun, sebenarnya masih banyak teknik-teknik SEO dan plugin lain yang perlu dipelajari, tetapi 2 plugin ini dapat menjadi hidangan pembuka yang manis dan cukup memberikan dampak positif kepada blog Anda dari segi SEO sebelum mencoba teknik yang lebih tinggi.

Tujuan membangun blog tentu berbeda antara blogger satu dengan blogger lainnya, ada yang bertujuan hanya sekedar hobi dan eksistensi tetapi ada pula yang bertujuan membangun bisnis dan mencari uang. Tetapi apapun tujuan Anda, pastikan Anda tetap menikmati setiap pelajaran dan hasil yang didapatkan, apapun itu, semoga bermanfaat.

Tag: , , , , , ,

10 Comments

Leave Comment
  1. Jaka says:

    Saya telah memakai kedua plugin diatas and sure, thats really works! :)

  2. Mustofa says:

    lengkap sekali penjelasannya mas :). saya pernah menggunakan plugin ini dan memang sangat membantu sekali untuk meningkatkan index page.

  3. Terimakasih banyak atas pencerahannya.

  4. Makasih tipsnya gan, tapi kalau all in one seo pack diganti dengan yoast gimana gan? soalnya banyak yg bilang kalau yoast itu lebih baik..

  5. jadikan.com says:

    Sebelumna saya deactive, skrg mau saya aktifkan lagi

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.