Plugin WordPress: Mencegah Spam dengan Akismet

Plugin WordPress: Mencegah Spam dengan Akismet

Mulai artikel ini, saya akan mengulas beberapa plugin WordPress. Beberapa plugin akan tampak keren dan sangat berguna sekali untuk blog atau website kita. Permulaan…

Mulai artikel ini, saya akan mengulas beberapa plugin WordPress. Beberapa plugin akan tampak keren dan sangat berguna sekali untuk blog atau website kita. Permulaan ini akan saya review tentang plugin pencegahan spam WordPress yaitu Akismet. Kita tidak perlu susah mencari plugin ini, karena disetiap installer WordPress telah menyediakannya. Berikut adalah informasi-informasi mengenai akismet plugin:

Akismet Official Website

Akismet Official Websit

Fitur utama:

  1. Daftar komentar beserta statusnya.
    Kita dapat melihat semua komentar yang dimasukkan dalam kategori spammed dan unspammed.
  2. Pengecekan link eksternal dalam isi komentar.
  3. Jika akismet server tidak dapat diakses pada saat itu, plugin akan secara otomatis me-retry nya ketika koneksi berhasil dilakukan.
  4. Moderator dapat melihat jumlah komentar yang di approve dari tiap user.

Salah satu kontributor plugin ini adalah Matt Mullenweg yaitu “si empunya” WordPress. Begitu kita aktifkan plugin ini, kita tidak perlu lagi dipusingkan dengan masalah spam pada bagian komentar yang masuk. Akismet akan memfilter dan mencek semua komentar yang masuk pada blog sehingga kita bisa fokus pada hal penting lainnya.
Dalam penggunaannya, kita masih harus mengisikan API key pada bagian setting Akismet.

Setting Akismet

Setting Akismet

Untuk mendapatkan API Key itu, kita harus membuat sebuah akun pada http://akismet.com. Disini sebenarnya akismet menyediakan beberapa price list untuk pemakaiannya, tapi kita masih dapat mendapatkan service Akismet itu secara free.

Price List Akismet

Price List Akismet

Untuk mendapatkannya secara free, pilih yang ketiga yaitu untuk personal atau non business blog. Kemudian isi beberapa field yang ada seperti form dibawah ini.

Registration Akismet

Registration Akismet

Setelah mengisi beberapa field ini, API key yang kita butuhkan akan dikirim ke email. Ambil API key itu dan masukkan pada setting field yang telah disediakan oleh plugin ini. Sampai disini Akismet sudah aktif dan akan memblok komentar dari spammer, mudah bukan?

Jika kita lihat dibagian widget, plugin ini juga menyediakan satu widget untuk memunculkan jumlah spam yang berhasil di filter oleh plugin ini.

Akismet Widget

Akismet Widget

Penutup

Akismet adalah salah satu plugin yang fungsinya sangat penting. Beberapa fitur Akismet sudah saya sebutkan diatas. Yang harus kita lakukan adalah mengaktifkannya dan kemudian blog kita akan terbebas dari spammer. Nantikan plugin WordPress selanjutnya hanya di BisaKomputer.com.
Kontributor: matt, ryan, andy, mdawaffe, tellyworth, josephscott, lessbloat, automattic
Lisensi: GPLv2 or later
Version Terakhir: 2.5.6
Support WordPress Version: 3.0-3.4

Download Akismet disini

Tag: , , , ,

5 Comments

Leave Comment
  1. Kalo hanya pake Akismet, faktanya komentar spam masih banyak yang masuk Mas. Gemana ada solusi tambahan?

  2. kalo untuk pengguna third party commenting system seperti Disqus, dkk. apakah plugin ini masih penting untuk digunakan???

  3. kalau punya web 3 misalkan. apakah API key bisa dibuat dari satu email saja? Thanks. Satu email untuk 3 API Key ..

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.