Plugin WordPress: Optimasi Image Upload dengan Smush.it

Plugin WordPress: Optimasi Image Upload dengan Smush.it

Tutorial Information

ProgramPlugin Wordpress
Version1.6.0
DifficultyPemula
Estimated Time10 menit
DownloadClick this link

Plugin WordPress minggu ini akan mengulas sebuah plugin optimasi yang bernama Smush.it. Masih tema yang sama dengan plugin WordPress yang saya bahas minggu lalu…

Plugin WordPress minggu ini akan mengulas sebuah plugin optimasi yang bernama Smush.it. Masih tema yang sama dengan plugin WordPress yang saya bahas minggu lalu yaitu juga tentang optimasi website menggunakan W3 Total Cache. Smush.it ini hanya untuk optimasi sebuah image yang kita upload pada website.

Sama dengan YSlow tool, plugin ini dibangun oleh sebuah team Yahoo’s Exceptional Performance Team. Plugin ini akan mengoptimasi image upload yang kita lakukan pada WordPress. Maksud optimasi disini adalah mengurangi ukuran image tersebut.

Smushit banner

Smushit banner

Smush.it ini adalah sebuah layanan yang dimiliki Yahoo, yang tujuannya memang untuk optimasi image yang kita berikan. Dengan memakai layanan ini, website akan bisa di-load lebih cepat karena image akan berkurang ukuran filenya. Kita bisa menggunakan layanan Smush.it secara langsung pada link berikut ini http://www.smushit.com/ysmush.it/. Dari layanan Smush.it, beberapa tool extension/plugin/aplikasi dapat kita gunakan, contohnya plugin WordPress untuk Smush.it ini.

Smush.it termasuk dalam “losslesstool untuk mengoptimasi gambar yang diberikan padanya. Tool ini tidak mengurangi kualitas gambar agar menjadi lebih kecil, tapi dia akan menghapus beberapa byte metadata yang useless pada kompresi image. Beberapa kompresi gambar yang dapat dioptimasi oleh Smush.it diantaranya JPGs, PNGs, dan GIFs. Gambar yang dioptimasi dengan Smush.it ini, bisa berkurang 10 sampai 45%.

Smush.it

Smush.it

Result size smush.it

Result size smush.it

Setiap image post dan page yang kita upload pada WordPress, akan secara otomatis dioptimasi oleh smush it. Hal ini tentu saja jika kita sudah men-install tool plugin ini. Gambar yang belum dioptimasi dapat juga kita lakukan secara manual pada Media Library WordPress.

Manual smush.it

Manual smush.it

Penutup

Untuk mengoptimasi sebuah website, tentunya ada banyak cara yang dapat kita lakukan. Dan dari sedikit ulasan di atas tentang Smush.it, tentunya dengan menggunakan layanan Yahoo ini, gambar-gambar yang kita upload pada WordPress dapat secara otomatis teroptimasi. Untuk info-info lebih lanjut mengenai Smush.it, dapat kita baca di sini, sedangkan tool plugin yang bisa kita gunakan di sini

Tag: , , , ,

3 Comments

Leave Comment
  1. Dzakiya says:

    makasih infonya gan :D

  2. muztajib says:

    Mau tanya, kalau gambar di blog saya sudah ukuran kecil apa perlu lagi pake plugin ini?

  3. suhermansyah says:

    makasih banyak bang Mustofa infonya.

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.