Plugin WordPress: Optimasi Web dengan W3 Total Cache

Plugin WordPress: Optimasi Web dengan W3 Total Cache

Tutorial Information

ProgramW3 Total Cache Plugin
Version0.9.2.4
DifficultyStandar
Estimated Time10
DownloadClick this link

Pada artikel ini adalah ulasan ketiga saya tentang plugin WordPress. Pertama dan kedua kemarin, saya mengulas plugin terkenal buatan Matt Mullenweg sendiri yaitu Akismet…

Pada artikel ini adalah ulasan ketiga saya tentang plugin WordPress. Pertama dan kedua kemarin, saya mengulas plugin terkenal buatan Matt Mullenweg sendiri yaitu Akismet dan Jetpack. Setiap minggunya saya akan mengulas salah satu plugin WordPress. Yang saya ulas merupakan plugin-plugin populer yang harus Anda ketahui dan tentunya memiliki nilai guna bagi blog baik dari segi fitur, kinerja, optimasi dan lain sebagainya. Oke langsung saja pada ulasan kali ini, saya mengulas salah satu plugin optimasi WordPress yaitu W3 Total Cache(W3TC)

Apa itu W3 Total Cache?

W3 Total Cache

Plugin W3 Total Cache

Plugin ini merupakan tool untuk optimasi sebuah website. Dengan men-install plugin ini, Anda dapat meningkatkan performa server, melakukan cache terhadap beberapa aspek (seperti Browser cache, Query database, Object Serialization,dll), mengurangi jumlah komponen website, mengurangi bandwidth download, dan bahkan dengan plugin ini Anda dapat mengintegrasikan website dengan Content Delivery Network(CDN). Plugin ini benar-benar sangat kompleks baik dari segi fitur dan penggunaannya.

Download W3 Total Cache

Download W3 Total Cache

Sangat cocok dioperasikan oleh seorang admin website. W3TC pertama kali release pada tahun 2009 lalu. Sampai pada saat artikel ini ditulis, masih pada versi 0.9.2.4 Perbaikan maupun penambahan fitur masih dilakukan sampai sekarang.

Kenapa harus menggunakannya?

Optimization with W3TC

Optimization with W3TC

Berikut adalah beberapa keuntungan yang ditawarkan plugin ini:

  1. Dari keterangan yang ada, plugin ini menjanjikan setidaknya 10x peningkatan kinerja website dengan grade A pada YSlow. Peningkatan itu terjadi jika kita mengkonfigurasi semua fitur yang ada pada W3TC.
  2. Memperkecil load time halaman website. Integrasi dengan CDN maupun mengoptimalkan cache browser terhadap komponen website.
  3. Penghematan bandwidth sampai 80%. Dilakukan dengan mengkonfigurasi minify dan http compression komponen website.
  4. Meningkatkan waktu proses rendering halaman website. Mengatur beberapa proses yang bersifat blocking terhadap proses lain.
  5. Page Rank meningkat.
  6. Peningkatan kinerja web server.
  7. Mengoptimalkan kerja browser cache.

Apa saja yang dioptimasi?

Sampai pada versi 0.9.2.4, banyak yang dapat kita lakukan dengan W3TC. Berikut adalah beberapa fitur yang dapat kita optimasi dengan W3TC:

  1. Kompatibel dengan shared hosting dan dedicated server.
  2. Mengatur pengiriman antara file-file wordpress dengan Content Delivery Network (CDN) server (export/import file).
  3. Melakukan cache terhadap pages responsive terhadap mobile browser.
  4. Melakukan cache terhadap pages dan post pada memori/disk/CDN
  5. Melakukan cache terhadap file-file CSS dan Javascript pada memori/disk/CDN
  6. Melakukan cache terhadap feeds wordpress (categories, tags, comments, search result) pada memori/disk/CDN
  7. Melakukan cache terhadap objek data database pada memori/disk/CDN
  8. Melakukan cache terhadap objek serialize pada memori/disk/CDN
  9. Minifikasi objek post, pages dan feeds (categories, tags, comments)
  10. Minifikasi terhadap file-file CSS dan Javascript dengan automated updates.
  11. Mengatur cache-control pada browser, expire header dan entity tags (ETag)
  12. Mengelompokkan file-file Javascript terhadap template WordPress (homepage, pages, blog page).

Dari beberapa poin yang saya sebutkan diatas, sepertinya plugin ini memang memiliki semua yang kita butuhkan untuk urusan optimasi website WordPress. Ini merupakan tool yang sangat kompleks. Banyak sekali operasi-operasi yang memang seharusnya dilakukan oleh seorang admin.

Penutup

W3 Total Cache

W3 Total Cache

Sangat menggoda bukan apa yang diberikan oleh W3TC ini!!. Beberapa tanggapan atau testimoni yang saya baca, mengatakan plugin ini sangat layak untuk digunakan. Tapi layaknya sebuah senjata, jika kita tidak menggunakannya secara benar, maka bukan keuntungan yang kita dapatkan melainkan kerugian. Beberapa fitur akan tampak rumit dikonfigurasi, saran saya konfigurasi fitur-fitur yang kita benar-benar paham terhadapnya. Jangan memakai fitur yang kita sendiri tidak mengetahui tentangnya. Demikian ulasan singkat W3 Total Cache, semoga tulisan ini bermanfaat.

Tag: , , , , , ,

13 Comments

Leave Comment
  1. Liffindra Angga Zaaldian says:

    wah, asik nih. tapi sayang, kenapa harus untuk WP?? padahal lagi asik2nya belajar FuelPHP.. jadi envy -______- +

  2. Mustofa says:

    asik juga belajar wordpress!!

  3. Dede Pradana says:

    btw ini proses cache nya disisi client / server ?

  4. saya menggunakan w3tc ini untuk optimasi layanan CDN sama cloudfire nya aja.. saya lebih suka menggabungkannya dengan plugin lain untuk minify css dan jss nya. pengaturan w3tc cukup rumit dan berbeeda beda tergantung tipe layanan hosting dan metode caching nya. kadang setting yang sama tidak selalu menghasilkan optimasi yang sama di tempat lain.

  5. cahkos says:

    ikut nyimak aja dulu cz masih new bie

  6. Real Cheap Air Jordan Shine Shoes Hot Sale | Cheap Jordan Shine 2014 Online Hot Sale.Welcome to buy jordan 6 carmine shoes,here you can find it the best place for getting cheap carmine 6s for sale low price,order your white carmine 6s now.

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.