Regional Theme yang Tersembunyi di Windows 7

Regional Theme yang Tersembunyi di Windows 7

Berbicara tentang theme kita mungkin berpikir tentang tampilan sebuah user interface. Windows 7 dengan aero theme-nya memang menjadi ciri khas tersendiri dari sistem operasi…

Berbicara tentang theme kita mungkin berpikir tentang tampilan sebuah user interface. Windows 7 dengan aero theme-nya memang menjadi ciri khas tersendiri dari sistem operasi lainnya. Theme yang merupakan kumpulan konfigurasi warna, wallpaper, dan background sound bisa menghindari kita dari kejenuhan. Mungkin banyak yang belum tahu bahwa Windows 7 memiliki beberapa theme bawaan menarik, sebut saja dengan regional theme.

Apa itu Regional Theme?

Regional theme merupakan theme Windows 7 yang disediakan berdasarkan bahasa dan lokasi yang kita pilih pada saat instalasi Windows 7. Theme tersebut berisi theme dan wallpaper dari beberapa negara.

Install Windows 7

Install Windows 7

Saat pertama melakukan instalasi, yang pertama dilakukan adalah memilih language, time and currency format, dan input method. Pilihan-pilihan tersebut yang akan menentukan regional theme mana yang akan menjadi default theme Windows 7.

Cara Mendapatkan Regional Theme

Untuk bisa mengakses regional theme, kita memerlukan kata kunci untuk pencarian pada Windows. Ketikkan kata kunci di bawah ini pada kotak pencarian Start Menu.

C:\Windows\Globalization\MCT

Search Region Theme Windows 7

Search Region Theme Windows 7

Tekan enter dan Windows Explorer akan menampilkan beberapa folder yang berisi regional theme. Pada percobaan ini saya menemukan ada Australia, Canada, Great Britain, United States, dan South Africa.

Region Theme Folder

Region Theme Folder

Di dalam setiap folder terdapat beberapa folder lagi yang berisi theme, background wallpaper, dan RSS Feed.

Menggunakan Regional Theme

Setelah kita berhasil menemukan kumpulan regional theme, maka setidaknya ada dua hal yang bisa kita gunakan. Mengambil background wallpaper saja atau langsung memasang theme yang ada. Untuk mendapatkan backgroud wallpaper, bukalah folder yang bernama sesuai regional theme yang Anda pilih, misalkan Australia. Pilih salah satu wallpaper > Klik kanan > Set as desktop background.

Set as desktop background

Set as desktop background

Jika kita ingin langsung mengaktifkan regional theme, buka folder Theme lalu double klik pada file theme yang ada.

File Theme

File Theme

Maka saat itu juga theme Windows 7 kita akan berganti menjadi regional theme yang kita pilih. Ketika seluruh theme kita install ke dalam Windows, kita bisa dengan mudah mengganti theme yang lain melalui klik kanan desktop > personalization. Di sana kita akan disuguhkan kumpulan regional theme yang siap kita aktifkan kapan saja.

Theme Options

Theme Options

 

Penutup

Setiap regional theme memiliki mood yang berbeda bagi setiap pengguna karena pemilihan warna dan background wallpaper-nya. Selera Anda yang menentukan theme mana yang terbaik untuk Anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tag: , , , , , ,

3 Comments

Leave Comment
  1. fadhil abrar says:

    Makasih om .sy jdi dapat tema baru

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.