Rekomendasi Website Untuk Mencari Paper dan Jurnal Penelitian

Rekomendasi Website Untuk Mencari Paper dan Jurnal Penelitian

Bagi mahasiswa yang sedang mengerjakan tugasnya ataupun menyusun tugas akhir (Skripsi) kebutuhan akan literatur dan referensi baik buku ataupun penelitian sebelumnya sangatlah tinggi. Literatur…

Bagi mahasiswa yang sedang mengerjakan tugasnya ataupun menyusun tugas akhir (Skripsi) kebutuhan akan literatur dan referensi baik buku ataupun penelitian sebelumnya sangatlah tinggi. Literatur tersebut bisa dicari di perpustakaan, namun perpustakaan konvensional (bentuk cetak) tak selalu lengkap bahkan terkadang kurang update terhadap jurnal dan paper terbaru. Terlebih bila kita ingin mencari jurnal dan paper dari luar negeri akan susah bila mencarinya diperpustakaan.

Dalam era digital seperti sekarang, mencari litelatur dari seluruh penjuru dunia dan dalam berbagai bahasa bukanlah hal sulit. Kini ada beberapa website yang menjadi media untuk upload, read, download paper dan jurnal ilmiah dalam berbagai bahasa (lebih banyak dalam bahasa Inggris). Ada yang bisa diunduh, ada yang hanya bisa dibaca, ada yang bisa diunduh tapi tidak bisa dicopy paste. Berikut beberapa rekomendasi website untuk mencari paper dan jurnal penelitian secara gratis dan mudah.

Scribd

Scribd

Scribd adalah website yang menyediakan tempat bagi pengunggah dan pengunduh paper dan jurnal penelitian secara gratis. Sistem dari Scribd adalah jika kita ingin mengunduh, maka kita harus mengunggah (Seperti barter). Selain paper dan jurnal penelitian, ada yang mengunggah artikel, skripsi dan lain sebagainya. Buatlah akun di Scribd untuk bisa mengunduh dan mengunggah dokumen yang ada disana.

Oppapers

Oppapers

Oppapers adalah website free essays and research paper . Buat akun, log in dan Anda bisa membaca 650.000 lebih essays and research paper secara gratis tapi tidak bisa diunduh. Essays and research paper yang diterbitkan di Oppapers berbahasa Inggris.

Google Scholar / Google Cendekia

Google Scholar

Google Scholar / Google Cendekia (Dalam bahasa Indonesia) adalah layanan search untuk jurnal, essay , paper dalam berbagai format baik .doc .pdf dan lainnya. Ada yang bisa diunduh dan ada yang tidak. Anda tidak perlu memiliki akun tertentu untuk mengunduh dan membaca jurnal, essay , paper yang ada di Google Scholar.

Academia.edu

Academia.edu

Academia.edu adalah salah satu website yang banyak direkomendasikan oleh para akademisi untuk mencari referensi jurnal dan paper. User Interface Academia.edu sederhana dan mudah digunakan. Buatlah akun dan masuk ke halaman home untuk mencari tema yang Anda cari.

Kesimpulan

Itu dia beberapa rekomendasi website untuk mencari, membaca dan mengunduh referensi jurnal penelitian, paper dan essays secara gratis dan legal. Kini mengerjakan tugas akhir dan tugas kuliah tidak lagi terlalu berat kan? :) . Tak menutup kemungkinan juga banyak website untuk mencari paper dan jurnal penelitian yang lebih bagus dan belum kami ketahui. Untuk itu kami membutuhkan partisipasi Anda untuk menginformasikan kepada kami dan pembaca lainnya melalui kolom komentar tentang website pencari paper dan jurnal penelitian tersebut. Semoga bermanfaat. :)

Tag: , , ,

7 Comments

Leave Comment
  1. moresky says:

    wah makasih banget infonya, sangat membantu sekali…
    butuh banyak referensi buat TA nih ^ ^

  2. denny boy siregar says:

    emangnya tak ada persedian jurnal indonesia yang gratis seperti jurnal yang di luar negeri

  3. Aditya says:

    Untuk jurnal berbahasa Indonesia, setahu saya ada disini:
    http://www.pustakakti.com/makalah.php dan ada yang bisa di download.

    Terima kasih :)

  4. Sinta Permata says:

    Sekedar Info, Kawan Kawan bisa rekuest jurnal international secara gratis di http://www.jurnalpedia.com

  5. iKurniawan says:

    Terima kasih. kebetulan lagi cari paper buat tugas. nggak ada yang bahasa indonesia ya
    :D

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.