Remarkable, Powerfull Markdown Editor untuk Pengguna Linux

Remarkable, Powerfull Markdown Editor untuk Pengguna Linux

Apakah Anda sudah pernah mencoba menggunakan Markdown? Jika belum beberapa dasar untuk penggunaan Markdown sudah pernah kami tuliskan pada Artikel Markdown dasar. Bahkan WordPress…

Apakah Anda sudah pernah mencoba menggunakan Markdown? Jika belum beberapa dasar untuk penggunaan Markdown sudah pernah kami tuliskan pada Artikel Markdown dasar. Bahkan WordPress sebagai salah satu platform yang dipakai dalam pengembangan web pun sudah menyediakan fitur untuk penulisan dengan menggunakan Markdown.

Apa sih Remarkable?

Remarkable merupakan salah satu editor dari Markdown yang hanya bisa Anda temui pada sistem operasi Linux. Anda bisa melakukan download lewat website resmi RemarkableApps, dimana disediakan paket .deb, .rpm maupun untuk dalam format AUR(Arch linux). Menurut Penulis, Aplikasi ini merupakan salah satu Markdown editor cukup powerfull dari yang telah ada.

Fitur Remarkable

Kemudahan disertai preview

Ketika menggunakan aplikasi ini Anda akan diberikan live preview dari dokumen yang sedang Anda kerjakan saat ini. Hal ini otomatis akan memudahkan Anda untuk melakukan proses editing dan meminimalisir waktu yang Anda gunakan. Selain itu, Jika Anda menulis menggunakan markdown pun secara otomatis kesalahan akan ditampilkan pada bagian preview, sehingga Anda tidak harus menjadi expert untuk menggunakan Markdown

PreviewRemarkable

Export

Salah satu fitur yang jarang Ada pada editor Markdown free adalah eksport. Hal ini akan sangat berguna (bagi blogger utamanya) dalam menggunakan Markdown. Anda tidak perlu untuk menuliskan 2 kali Artikel yang Anda tulis dalam mode plain text dan dalam kode html. Aplikasi Remarkable dapat melakukan eksport pada 2 tipe file yaitu menjadi file .pdf dan .html, tentu saja hal ini bisa menjadi Alternatif bagi Anda yang belum terbiasa dengan word processor pada Linux.

Custom CSS

Anda agak jenuh dengan warna putih? Atau ingin menyesuaikan tampilan markdown sesuai dengan website milik Anda? Pada editor ini Anda bisa melakukannya dengan memanfaatkan fitur Custom CSS, Anda bisa menyesuaikan style pada editor sesuai dengan website Anda baik berupa tulisan ataupun background. Jika Anda kurang mahir CSS, style lain pun juga sudah disediakan sebagai preview tulisan Anda. Untuk mengaksesnya Anda dapat membuka menu Style pada menubar.

Syntax Highlight

Ada catatan dalam kode? Mungkin bug ditemukan dalam baris kode yang Anda ketik? Aplikasi ini pun juga support untuk menuliskan beberapa bahasa pemrograman, antara lain:

  • Java
  • Python
  • HTML
  • C++

Sehingga Anda tidak perlu repot memberikan tanda khusus pada dokumentasi yang Anda tuliskan. Tidak hanya penulisan kode, Penulisan fungsi matematika pun dapat Anda lakukan pada Aplikasi ini misalkan saja pangkat dan satuan kimiawi.

Nilai tambah lain ketika menggunakan aplikasi ini adalah adanya keyboard shortcut dan penghitungan karakter dari sebuah dokumen yang Anda tuliskan. kedua hal ini berpengaruh terhadap produktifitas dan kecepatan penulisan karakter.

Instalasi

Pada tutorial kali ini penulis menggunakan ubuntu, sehingga jika Anda menggunakan sistem operasi dengan basis bukan dari debian tentunya akan memiliki pengaturan berbeda semisal dari RedHat ataupun Arch. Lakukan download aplikasi remarkable pada link

  • Download .deb for free, untuk sistem operasi dengan basis debian misal ubuntu
  • Download .rpm for free, untuk sistem operasi dengan basis redhat misal fedora
  • Download from AUR, jika Anda pengguna sistem operasi linux Arch.

Secara lengkap tentang sistem operasi dan basisnya dapat Anda lihat pada Wikipedia. Langkah selanjutnya Bukalah terminal dan masuk pada direktori tempat Anda meletakkan file tersebut. Ketikan perintah

sudo dpkg -i remarkable_0.965_all.deb

Penulis memiliki file remarkable dengan nama remarkable_0.965_all.deb, Anda bisa menggantinya jika Anda memiliki file dengan nama berbeda.

instalasi

Catatan : Penulis mendapatkan error instalasi karena kurangnya dependency pada sistem operasi. Untuk mengatasinya Anda dapat melakukan instalasi dependency tersebut, maka aplikasi ini bisa digunakan pada sistem operasi Anda.

Cukup powerfull bukan? Memang sudah ada plugin khusus dari beberapa text editor misalkan saja sublime atau lainnya, Namun beberapa fitur khusus ini hanya bisa Anda dapatkan ketika menginstallnya. Apakah Anda menggunakan editor markdown lebih powerfull? silahkan berbagi pada sesama pembaca pada kolom komentar.

Tag: , , ,

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.