ScrapBook, Simpan Halaman Web Secara Sempurna di Firefox

ScrapBook, Simpan Halaman Web Secara Sempurna di Firefox

Ada kalanya kita tidak bisa mengakses internet ketika membutuhkannya, atau kita ingin membaca suatu artikel di internet tapi hanya memiliki waktu yang singkat. Tentunya…

Ada kalanya kita tidak bisa mengakses internet ketika membutuhkannya, atau kita ingin membaca suatu artikel di internet tapi hanya memiliki waktu yang singkat. Tentunya kita pasti perlu menyimpan halaman web tersebut. Pada Firefox, fitur penyimpanan halaman web sudah disediakan namun masih belum sempurna dalam menyimpan beberapa jenis dan bentuk layout suatu halaman web. Sehingga ketika hasil halaman yang kita simpan dibuka, tampilannya terkadang kacau atau tidak seperti ketika kita membukanya di internet. Lalu bagaimana agar halaman yang kita simpan sempurna dan seperti aslinya? ScrapBook solusinya.

Install Add-on Firefox ScrapBook

Pertama, Anda dapat men-install add-on Firefox ScrapBook di sini. Pada link tersebut Anda akan dibawa pada halaman resmi add-onFirefox ScrapBook.

Halaman Resmi Add-on

Halaman Resmi Add-on Firefox

Ketika muncul halaman seperti pada gambar di atas, klik Add to Firefox untuk mulai men-installScrapBook.

Tekan Tombol Install

Tunggu dan Tekan Tombol Install

Tunggu beberapa detik hingga tombol Install dapat ditekan lalu klik Install. Setelah proses installselesai, restart Firefox Anda untuk mulai menggunakan ScrapBook.

Menyimpan Halaman Web

Untuk mulai menyimpan suatu halaman web, buka dahulu halaman yang akan Anda simpan.

Halaman BisaKomputer.com

Halaman BisaKomputer.com

Klik kanan pada bagian kosong di halaman tersebut kemudian pilih Save Page> Root Folder, lalu pilih folderdi mana Anda akan menyimpan halaman tersebut.

Save page > Root Folder

Save Page > Root Folder

Untuk membuat folderpenyimpanan baru, pilih Select Folder maka akan keluar jendela baru seperti di bawah ini.

Select Folder

Select Folder

Klik New Folder untuk membuat folderpenyimpanan baru, maka akan tampil jendela seperti di bawah ini.

Membuat Folder Penyimpanan Baru

Membuat Folder Penyimpanan Baru

Masukkan nama folder baru dan icon yang diinginkan, jika sudah klik OK. Folder baru Anda akan tampil pada jendela penyimpanan foldertadi.

Folder Baru

Folder Baru

Membuka Halaman yang Telah Disimpan

Untuk membuka halaman yang telah disimpan tadi, cukup tekan Alt + K pada keyboard untuk menampilkan sidebar ScrapBook di sebelah kiri jendela Firefox Anda. Pada sidebar tersebut dapat terlihat semua daftar judul halaman yang telah Anda simpan dengan ScrapBook berdasarkan folder penyimpanan. Cukup klik judul halaman yang ada di daftar tersebut untuk membukanya dan ScrapBook akan menampilkannya pada tab yang sedang Anda buka saat itu juga secara sempurna, sama seperti ketika Anda mengaksesnya melalui internet.

Membuka Halaman Yang sudah Tersimpan

Membuka Halaman Yang sudah Tersimpan

Penutup

Sekian tutorial dari Saya tentang cara menyimpan halaman web pada Firefox dengan ScrapBook untuk hasil penyimpanan yang sempurna. Sebenarnya masih banyak lagi fitur dari ScrapBook, seperti penyimpanan multiple url untuk menyimpan beberapa halaman sekaligus dan nested url untuk menyimpan suatu halaman beserta beberapa halaman setelahnya sehingga serasa seperti berselancar di internet namun secara offline. Jika Anda tertarik, Anda dapat mengirim email ke xlite.member429@yahoo.com, maka akan Saya tuliskan tutorialnya untuk Anda. Sekian, semoga artikel ini cukup membantu.

Tag: , , , , , , ,

8 Comments

Leave Comment
  1. faqih says:

    kk untuk google chrome ada ga yaa?

  2. Mustofa says:

    wah butuh banget add-on ini mas, thx dah share :)

  3. didik says:

    wah menarik ini. nice article bro :)

  4. treecore says:

    Hmmm… mirip Readability & Pocket, spt artikel yg udah ane tulis http://bisakomputer.com/aplikasi-keren-untuk-simpan-dan-baca-konten-website/

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.