SQLite: Instalasi di Windows

SQLite: Instalasi di Windows

Tutorial Information

ProgramSQLite
Version3.8.3.1
DifficultyPemula
Estimated Time15 -25 menit

Jika Anda seorang Mobile Developer, mungkin akan membutuhkan aplikasi database yang kecil, simple dan mudah dioperasikan. SQLite bisa menjadi salah satu pilihan Anda. Dengan…

Jika Anda seorang Mobile Developer, mungkin akan membutuhkan aplikasi database yang kecil, simple dan mudah dioperasikan. SQLite bisa menjadi salah satu pilihan Anda. Dengan ukuran yang kurang dari 5Mb saja, SQLite sudah memiliki banyak fitur. Di antaranya ialah pengaksesan database dilakukan secara paralel, sehingga mempercepat pengaksesan data.
Tidak seperti Linux, SQLite tidak ditambahkan pada Windows untuk itu Anda harus melakukan instalasi sendiri. Cara melakukan instalasi secara manual Anda bisa membaca tutorial dibawah ini :

  1. Kunjungi halaman download SQLite dan download bagian “Precompiled from Windows section” terdapat 2 file utama yang harus Anda download yaitu :
    Capture

    • SQLite-shell-win32-x86, merupakan shell untuk mengakses dan memodifikasi database SQLite. Pada umumnya, shell ini compatible dengan beberapa versi sebelumnya. Ketika artikel ini diterbitkan, Penulis menggunakan SQLite versi 3.8.3.1
    • SQLite-dll-win32-x86 adalah file terkompresi yang memuat file .dll,library dari dari versi saat Anda mendownload. Kedua file ini memang untuk arsitektur 32-bit, namun bisa digunakan pada arsitektur 64-bit. Library ini pun bisa digunakan untuk Ruby on Rails.
  2. Buat sebuah Directory yang akan Anda jadikan tempat instalasi SQLite. Pada kali ini Penulis menempatkan directory di C:/sqlite. Setelah 2 file telah anda download, ekstrak pada directory yang sudah disiapkan.
    directory
  3. Lakukan pengubahan PATH pada Windows di komputer Anda. Untuk mengubah PATH, buka Properties pada MyComputer pilih “Advanced system settings“. Maka akan muncul Window “System Properties” klik pada tombol “Environment Variables..“. Ketika Anda selesai melakukan klik, maka akan muncul window. Perhatikan bagian System variables, Scroll pada bagian ini hingga menemukan kata “PATH” pada Variable. Lakukan klik 2x sehingga muncul tempat untuk menginput kata. Yang perlu anda tambahkan adalah tempat directory anda mengekstrak SQLite tadi, menjadi :
    akhir
  4. Klik OK, jika Anda merasa telah selesai. Buka command line dan lakukan pengecekan.
    check
  5. Jika belum berhasil memunculkan kata tersebut berarti Anda belum mengatur PATH dengan benar. Dan mulailah pengaturan PATH lagi. Pengaturan ini sebenarnya sama halnya dengan pengaturan PATH java.

Membuat Database

Untuk membuat database pada SQLite anda tidak memerlukan “Special Privilege” seperti menjadi root atau Administrator. Secara dasar, syntax untuk membuat database adalah

sqlite3 contact.db

Misalkan Penulis membuat database contact, kata “contact” bisa anda ubah sesuai kebutuhan Anda. Dan secara default, ketika membuat database anda akan menjadi pemilik pada database tersebut. Untuk melakukan pengecekan database, ketikan syntax

.database

Maka akan memiliki output :

database

 

Penutup

Dari semua kemudahan tersebut, pada dasarnya SQLite memang tidak dianjurkan pada database skala besar. Karena memang ada beberapa fitur yang ditiadakan seperti high concurrency, beberapa procedure serta skalabilitas untuk jangkauan yang besar. selamat mencoba !

Tag: , ,

5 Comments

Leave Comment
  1. kalau boleh saran di kasih penjelasan maksud isi dalam path.

    karena itukan ada beberapa path

  2. Hckr says:

    mantap gan, terima kasih infonya

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.