Tindakan Yang Harus Dilakukan Sebelum Menutup Akun Sosial Media

Tindakan Yang Harus Dilakukan Sebelum Menutup Akun Sosial Media

Pernahkah Anda merasa bahwa waktu Anda semakin banyak habis di depan komputer atau perangkat seluler? Apakah sosial media menjadi salah satu penyebabnya? Semakin banyaknya…

Pernahkah Anda merasa bahwa waktu Anda semakin banyak habis di depan komputer atau perangkat seluler? Apakah sosial media menjadi salah satu penyebabnya? Semakin banyaknya pilihan social media yang ada membuat kita harus pandai memilih maupun memilah mana kebutuhan atau sekedar keinginan yang terkadang hanya menyia – nyiakan waktu saja. Beberapa memang diciptakan oleh pengembang dengan pasar khusus, semisal saja sosial media untuk gamer, untuk pembaca buku maupun sebagian lainnya yang tidak mungkin disebutkan.

Mungkin ketika Anda belum bergabung akan sangat mudah untuk menjauhinya, tapi bagaimana bila sudah bergabung dan kita tidak membutuhkannya? Menghapus akun tersebut adalah salah satu pilihan bijak. Namun, tahukah Anda bahwa data Anda sebenarnya masih ada pada server? Apalagi jika Anda menggunakan software pihak ketiga? Hal ini akan sangat membahayakan privasi Anda pada dunia digital. Pada Artikel ini Penulis mencoba berbagi hal yang mungkin bisa Anda lakukan untuk melindungi privasi Anda ketika menghapus Akun pada salah satu layanan.

Check hubungan satu layanan dengan lainnya

Hal ini tentu saja sangat berhubungan dengan semakin mudahnya Anda melakukan pendaftaran suatu layanan dengan memanfaatkan layanan lain. Misalnya saja Anda mendaftar social media untuk game, menggunakan akun Twitter ataupun Facebook milik Anda. Maka secara otomatis, Anda akan bisa sign-in pada layanan tersebut tanpa harus mengetikan data diri Anda berulang – ulang. Ketika hubungan ini tak lagi Anda perdulikan, siapa tahu Anda justru akan menghapus lainnya.
Misalkan saja Anda melakukan penghapusan Akun facebook yang ternyata Anda gunakan sebagai pendaftaran juga pada website atau layanan lain, bukankah akun tersebut tidak dapat digunakan juga?

Network - People

Selain itu fungsi dari pengecekan ini juga meminimalisir kejahatan pada akun milik Anda. Hal ini kadang terjadi tanpa Anda sadari, seperti disaat menggunakan salah satu Aplikasi yang tanpa Anda baca dahulu syarat dan ketentuan nya, sehingga akan menampilkan banyak status maupun twit yang kurang baik bagi Anda. Hal ini akan sangat mengganggu bukan?

(kembali) Miliki data Anda

Salah satu tujuan menggunakan layanan adalah memanfaatkan layanan tersebut untuk kebutuhan Kita. Yang harus Anda sadari bahwa segala data baik berupa dokumen, musik, video ataupun gambar pada layanan tersebut terkadang akan hilang begitu saja, Jika Anda tidak melakukan backup terlebih dahulu. Mungkin suatu saat Anda pernah berpikir Anda tidak membutuhkan data tersebut? tapi apakah Anda yakin bahwa tersebut aman dengan segala biodata lengkap dari diri Anda? Bisa saja orang lain akan memanfaatkan segala informasi tersebut untuk aktifitas yang tidak ingin Anda lakukan.

BisaKomputer - facebook

Beberapa sosial media yang biasa digunakan kini memiliki fitur yang mampu melakukan backup keseluruhan data pada akun Anda. Misalkan saja Facebook. untuk melakukan backup pada Facebook  Anda dapat mengakses Setting > General. Pada bawah kolom Anda akan menemukan “Download a copy“, selanjutnya secara step by step Anda akan dibimbing oleh Facebook.

Subscribe?

Sebenarnya tidak semua layanan memberikan e-mail pemberitahuan yang dikirim secara mingguan atau bulanan. Namun jika Anda menggunakan salah satu layanan dengan subscribe -nya juga, Lebih baik untuk melakukan unsubscribe. Hal ini tentunya selain mengurangi e-mail di inbox Anda juga membuat Anda lebih nyaman tanpa harus ada pemberitahuan terus menerus dari penyedia layanan.

Kalaupun Anda memang khawatir dengan akun yang telah Anda hapus Anda bisa saja menjadikannya fake akun sebelumnya dengan mengubah nama, email, alamat dan segala kebutuhan yang Anda khawatirkan. Tujuan utama dari segala hal ini adalah mencegah penyalahgunaan akun untuk tujuan orang lain yang tidak diinginkan. Pikirkan kembali dengan baik sebelum Anda menghapus sebuah akun dalam salah satu layanan digital, Jika sudah mantap barulah lakukan. berbagilah pada kami lewat kolom komentar ketika Anda menemukan hal lainnya yang harus dilakukan sebelum menghapus akun.

Tag: , ,

Write Comment

Your email will not be published. The marked label is required.